HomeTips & TrickGreen & HealthyIni Dia 8 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Kamu

Ini Dia 8 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Kamu

Jika ditanya apa kebiasaan paling sederhana yang memiliki manfaat sangat banyak untuk kesehatan, apa jawaban kamu? Apakah jogging? Atau justru hal lebih sederhana seperti jalan kaki? Jogging memang jadi jawaban banyak orang, tapi manfaat jalan kaki ternyata tak bisa dikesampingkan lho!

jika mengacu pada salah satu artikel di situs p2ptm.kemkes.go.id, setidaknya ada 16 manfaat jalan kaki yang bisa diperoleh saat kamu melakukannya dengan rutin. Bukan hanya jalan kaki singkat, namun dalam konteks jalan kaki dalam jarak yang cukup jauh sebagai sebuah rutinitas.

Beberapa di antara manfaat jalan kaki yang disebutkan di sana adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Menarik! Intermittent Fasting Adalah Diet yang Boleh Makan Apa Saja

1. Mencegah Penyakit Jantung

Secara logis, aktivitas berjalan memungkinkan tubuh kamu untuk bergerak secara alami. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Selain itu manfaat jalan kaki yang lain adalah memperlancar sirkulasi darah, sehingga kamu bisa merasa tetap segar dan bugar sepanjang hari.

2. Membantu Menenangkan Pikiran

manfaat jalan kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Suntuk saat bekerja atau mengalami kejenuhan? Kamu juga bisa memanfaatkan jalan kaki sebagai terapi sederhana mengatasinya. Dengan berjalan kaki 15 hingga 30 menit setiap hari, kamu bisa menenangkan pikiran yang sedang kalut atau kacau.

Selain memperlancar peredaran darah seperti yang disampaikan di poin pertama tadi, kamu juga bisa melihat suasana lain di luar kantor atau tempat kerja. Hal ini membantu menjernihkan pikiran, dan membantu meningkatkan kerja otak agar tetap produktif.

3. Meningkatkan Volume Paru-Paru

Berjalan kaki secara otomatis akan membuat paru-paru bekerja optimal. Dalam waktu beberapa belas menit saja, kamu akan merasakan kerja paru-paru naik. Hal ini secara positif dapat meningkatkan volume paru-paru dan melatih paru-paru agar memiliki kekuatan lebih baik.

Penyakit atau gangguan paru-paru ringan bisa diringankan dengan jalan kaki rutin setiap hari. Tentu, dengan kondisi udara yang juga ideal dan tidak padat polutan.

4. Membakar Kalori yang Ada di Tubuh

manfaat jalan kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Aktivitas fisik apapun yang dilakukan secara rutin dapat membantu tubuh membakar kalori yang ada di dalamnya. Dengan membiasakan berjalan 15 hingga 30 menit setiap hari, kalori yang ada di dalam tubuh akan dibakar dan membantu menurunkan berat badan.

Berat badan yang stabil di angka tertentu menjadi dambaan banyak orang. Siapa sangka manfaat jalan kaki salah satunya adalah hal ini. Dengan upaya sederhana namun rutin, kamu bisa menjaga berat badan tetap ideal.

5. Melatih Kekuatan Persendian dan Tulang

Pergerakan sendi yang aktif bisa membantu menjaganya tetap sehat. Selain itu dengan rutin berjalan kaki, kamu juga bisa memperkuat tulang di bagian bawah tubuh. Disebutkan oleh Arthritis Foundation, berjalan setiap hari secara moderat sedikitnya 30 menit bisa mengurangi rasa sakit pada sendi dan juga kaku atau peradangan.

Memang sepertinya gerakan jalan kaki sangat sederhana dan mudah. Namun manfaat yang diperoleh ketika dilakukan secara rutin benar-benar nyata.

6. Memperbaiki Sistem Pencernaan

manfaat jalan kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tahukah kamu saat berjalan kaki, tubuh juga bergerak secara otomatis? Gerakan tubuh saat berjalan ini ternyata memicu peristaltik usus, yang pada akhirnya membantu sistem pencernaan lebih baik dari waktu ke waktu.

Seperti yang diketahui banyak orang, salah satu penyebab masalah pencernaan yang utama adalah sisa pencernaan yang terlambat dibuang. Dengan berjalan kaki, kamu bisa membuat BAB menjadi lebih rutin sehingga tubuh terasa lebih sehat.

7. Manfaat Jalan Kaki Selanjutnya, Menghilangkan Sakit Punggung

Yap, kamu tidak salah baca. Dengan jalan kaki secara rutin, kamu bisa meringankan sakit punggung yang dialami. Tentu dengan catatan kamu berjalan dengan postur yang ideal pula.

Postur ideal saat berjalan bisa membantu perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang. Dalam jangka panjang hal ini juga membantu memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas, sehingga tulang belakang senantiasa sehat dan bisa berfungsi optimal.

8. Membantu Pencegahan Osteoporosis

manfaat jalan kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Selain otot badan akan terlatih secara rutin, kamu juga bisa membantu pencegahan osteoporosis yang mungkin terjadi di kemudian hari. Metabolisme kalsium akan meningkat dengan gerak tubuh yang intens. Terlebih ketika kamu berjalan-jalan di bawah matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

Perlu diingat, efek ini berlaku untuk jangka panjang. Kamu yang masih muda sangat disarankan untuk memulai kebiasaan sehat ini sekarang juga, sehingga menjadi investasi untuk masa tua terkait manfaat jalan kaki ini.

Dukung Aktivitasmu dengan Sandal dari Eiger Adventure

Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki dengan optimal, kamu juga perlu menggunakan alas kaki yang berkualitas. Tak lagi perlu khawatir, sederet produk Eiger Adventure ini bisa jadi opsi menarik untuk digunakan. Berikut daftar singkat, sedikit ulasan, dan harganya!

Tomahawk Roll Strap P 2 Sandals, dengan footbed berbahan EVA dan anatomi lengkungan di bagian tengah membuat kegiatan jalan kaki kamu makin nyaman. Sandal ini dijual dengan harga Rp269.000.

Tigre Sandals 1.0, dengan jenis sandal slip on serbaguna, kamu bisa mengandalkannya untuk menemani berjalan kaki. Ringan dan ringkas, sandal ini bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp269.000.

Charmeleon Slip On Sandal, sandal ini didesain untuk penggunaan harian sehingga nyaman digunakan untuk waktu yang lama. Daya tahan yang baik dijanjikan, pada harga Rp109.000.

Morea Pinch Sandals, simpel, praktis, ringan, namun nyaman, adalah gambaran umum sandal ini. Dijual dengan harga  Rp149.000, kamu bisa mengandalkannya untuk kegiatan setiap hari.

Cofete WS 1.0 Sandals, motif yang menarik jadi andalan sandal ini, dan cocok digunakan untuk aktivitas harian atau travelling. Dengan harga Rp129.000 kamu sudah bisa membawa sandal cantik ini.

Baca Juga : Paling Mudah, Ini 7 Latihan Otot Kaki Di Rumah 

Rekomendasi sandal Eiger di atas bisa jadi inspirasi menarik untuk Anda. Tentunya, Anda bisa mendapatkan semua produk di atas, lengkap dengan berbagai produk lain, langsung di situs Eiger Adventure official dengan harga menarik dan fitur yang kaya. Semoga artikel ini berguna dan bisa menginspirasi, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments