HomeTips & TrickMountaineeringJangan Asal Beli, Pahami Tips Memilih Sepatu Hiking yang Berkualitas

Jangan Asal Beli, Pahami Tips Memilih Sepatu Hiking yang Berkualitas

Hobi berkegiatan di alam terbuka, pasti tahu dong perlengkapan apa yang wajib disiapkan? Ya, salah satunya adalah sepatu. Sepatu adalah salah satu perlengkapan yang wajib kita pakai ketika mendaki gunung, hiking, maupun trekking. Sepatu akan memberikan perlindungan untuk kaki kita selama beraktivitas di luar ruangan atau alam terbuka. Lantas, adakah tips memilih sepatu hiking? Tentu saja ada! 

Sama halnya dengan organ tubuh penting lainnya, kaki kita memerlukan perlindungan dan perlakuan khusus, sesuai, dan mumpuni. Bahkan tidak hanya sekadar pemilihan sepatu, pemilihan kaos kaki, serta teknik ikat tali sepatu pun harus tepat dan sesuai, supaya keamanan dan kenyamanan kian maksimal.

Kita tentu tidak ingin ketika mendaki gunung, hiking atau trekking, kaki kita malah mengalami cedera, terkilir, lecet, dan lain dikarenakan memakai sepatu yang tidak tepat. Maka dari itu, kita perlu benar-benar memilih sepatu hiking yang tepat dan terbaik. Di bawah ini telah disiapkan sejumlah tips memilih sepatu hiking yang bisa menjadi referensi. Keep scrolling!

Tips Memilih Sepatu Hiking, Kenali Ciri-ciri Sepatu yang Berkualitas

tips memilih sepatu hiking

Kali ini kita akan membahas tentang tips memilih sepatu hiking yang tepat dan sesuai, ketika hendak mendaki gunung. Tujuannya adalah agar kaki tetap aman dan tidak cedera. Kira-kira apa saja tips memilih sepatu hiking? Mari simak ciri-ciri sepatu hiking yang berkualitas berikut ini:

1. Memiliki ukuran yang tepat untuk menjamin kenyamanan

Ciri-ciri sepatu hiking berkualitas yang pertama adalah bisa dilihat dari ukurannya. Jika selama ini kita menggunakan alas kaki atau sepatu dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan kaki. Ternyata untuk sepatu hiking ada sedikit pengecualian. Untuk mendapatkan sepatu hiking yang berkualitas, kita sebaiknya memilih ukuran yang sedikit lebih besar dari kaki, dan pastikan ada sedikit ruang di ujung kaki. Mengapa demikian? Tujuannya adalah agar kaki lebih terasa nyaman dan tidak terasa sakit pada saat melakukan pendakian nantinya.

Sebaliknya, jika kita menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas dengan kaki, maka ujung jari kaki bisa sangat tersiksa karena akan terasa tertekan dan mengalami himpitan di ujung sepatu. Sehingga akan berakibat cedera seperti kuku kaki yang lepas. Sementara itu, kita bisa dengan menggunakan kaos kaki ganda agar kaki terus terlindungi dari gesekan, serta terlindung dari udara gunung saat berada di malam hari.

2. Memiliki leher sepatu yang nyaman

Ciri-ciri sepatu hiking berkualitas selanjutnya adalah leher sepatu. Kita perlu memastikan bahwa leher sepatu tersebut terbuat dari bahan yang lembut, yang mampu menutupi serta melindungi bagian atas tumit. Pasalnya, bagian ini adalah bagian yang paling sering mengalami gesekan selama pendakian dilakukan.

Ingat, salah satu ciri sepatu hiking berkualitas adalah memiliki leher sepatu yang nyaman. Jika kita tetap memaksakan membeli sepatu hiking dengan lidah sepatu yang keras, maka secara perlahan kita akan merasakan sakit di bagian atas tumit yang lama kelamaan akan menjadi cedera kulit.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Dry Bag, dan Bagaimana Cara Memilihnya?

3. Jenis sepatu harus sesuai dengan medan pendakian

Terdapat beberapa jenis leher sepatu hiking yang bisa dipilih. Ciri-ciri sepatu hiking yang berkualitas adalah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan pendakian itu sendiri. Untuk melakukan pendakian dengan medan pegunungan atau bukit yang medannya cukup ringan, kita bisa memilih sepatu dengan leher pendek saja.

Sebaliknya, jika kita melakukan pendakian dengan medan yang cukup sulit dan terjal, maka sepatu dengan leher tinggi bisa dipilih untuk kegiatan pendakian. Tentu saja, perlindungan yang diberikan oleh leher sepatu yang tinggi lebih maksimal untuk melindungi kaki serta bagian atas mata kaki.

4. Memiliki sol yang aman

Sepatu hiking yang berkualitas memiliki sol yang berbeda daripada dengan sepatu yang biasa kita gunakan sehari-hari. Sol sepatu hiking, biasanya didesain khusus untuk melakukan pendakian gunung yang mayoritas licin, serta dengan medan yang berbatu. Untuk itu, saat kita memilih sepatu hiking, pastikan kita mendapatkan sol sepatu yang memiliki ceruk tajam serta punggung sol yang tinggi.

Tidak hanya itu, pilih juga sepatu dengan sol tumit yang cukup besar serta kuat, dan berbahan karet maupun sintetis serupa. Tujuannya adalah agar pendakian kita lebih aman, dan agar tetap membuat kaki merasa nyaman serta kuat selama melakukan pendakian.

5. Sepatu hiking berkualitas dibanderol dengan harga yang sesuai

Meskipun harga merupakan patokan yang sering digunakan oleh seseorang untuk membeli suatu barang. Namun usahakan ketika kita membeli sepatu hiking, kita tidak secara serta-merta hanya terpaku pada harga yang murah saja. Sebab, bisa jadi harga yang murah memiliki kualitas yang kurang. Sehingga akan lebih baik jika kita membeli dengan harga yang sedikit mahal namun terjamin kualitasnya. 

Baca juga: Berkenalan dengan Macam-Macam Kompas, Lihat Di Sini!

Rekomendasi Sepatu Hiking dari Eiger

tips memilih sepatu hiking

Setelah mengetahui tips memilih sepatu hiking, saatnya mencari tahu rekomendasi terbaiknya. Berikut ini ada beberapa pilihan sepatu hiking dari Eiger yang paling direkomendasikan. Simak satu per satu, dan tentukan mana yang paling ingin Eigerian miliki!

1. TREKSTA DOVRE GTX SHOES – Rp1.349.000,-

Dengan outsole Hypergrip yang dilengkapi dengan teknologi IceLock, sepatu boot hiking dengan teknologi GORE-Tex yang tahan air ini akan memberikan pijakan yang pasti di permukaan mana pun. Sepatu ini memiliki desain NestFIT yang unik, sehingga memberikan dukungan dan kenyamanan tahan lama, sesuai yang kita harapkan. Teknologi NestFIT yang menopang kedua kaki, memperhitungkan setiap kontur agar mengikuti aliran alami dan bentuk kaki. Bagian atas, insole, midsole dan outsole, semuanya menyatu dengan sangat baik.

2. EIGER TARANTULA 2.0 SHOES – Rp1.249.000,-

Tarantula 2,0 merupakan mid-cut hybrid shoes yang dirancang khusus untuk kegiatan hiking dan approach. Material utama sepatu ini adalah nubuck leather yang menawarkan ketahanan. Sepatu ini menggunakan outsole Vibram Predator 625K dan insole Ortholite untuk bantalan yang lebih baik. Sepatu ini juga dirancang dengan booties construction dengan waterproof membrane untuk mencegah langsung masuknya air, sehingga memungkinkan permukaan kulit kaki terhindar dari basah.

3. EIGER PYTHON HC BOOTS SHOES – Rp1.299.000,-

Python adalah high-cut shoes yang hadir untuk memberikan keamanan serta kenyamanan untuk kegiatan penjelajahan di iklim tropis. Sepatu berdesain tangguh ini terbuat dari material nubuck leather yang dikombinasikan dengan Cordura yang memiliki daya tahan kuat. Untuk kenyamanan ekstra, sepatu ini telah dilengkapi dengan Ortholite insole, serta Vibram Winkler outsole dengan komponen rubber yang memberikan traksi terbaik dan daya cengkram kuat di berbagai medan.

4. EIGER STINGRAY SHOES – Rp959.000,-

Stingray adalah sepatu low cut yang dirancang untuk kegiatan hiking dan trekking ringan. Booties construction pada sepatu ini berfungsi untuk mencegah langsung masuknya air dari bagian atas sepatu. Sementara itu, heel support dapat menyangga tumit kita pada saat melakukan pendakian guna menunjang kaki agar tetap stabil. Sepatu ini juga didukung outsole Vibram untuk cengkraman yang lebih baik di berbagai medan, serta insole Ortholite yang mempercepat pengeringan serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan. Terdapat pula detail reflektif pada backcounter, yang membantu sepatu lebih mudah terlihat dalam keadaan minim cahaya.

5. CAYMAN LITE – Rp819.000,-

Cayman Lite adalah sepatu mid-cut boots yang dirancang untuk kegiatan light hiking maupun pemakaian harian. Sistem konstruksi gusset pada sepatu berfungsi untuk mencegah langsung masuknya elemen seperti kerikil ataupun air dari bagian atas sepatu. Bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan breathable, dan ringan untuk menjaga kaki

6. EIGER GYRFALCON WOMAN SHOES – Rp729.000,-

Gyrfalcon adalah sepatu ringan yang terbuat dari material knitting dan flexeleton, yang memberikan fleksibilitas yang baik untuk membuat kita tetap nyaman. Didukung dengan bagian insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Sepatu ini juga didukung midsole berbahan phylon sebagai bantalan dan outsole berbahan rubber yang dapat memberikan cengkraman yang lebih baik.

7. EIGER TIGER CLAW SHOES – Rp699.000,-

Eiger Tiger Claw Shoes adalah low cut shoes yang didesain untuk kegiatan outdoor dalam berbagai medan seperti bebatuan, lumpur, maupun rumput. Heel shield system dapat mengurangi resiko terkilir pada kaki kita.

Semua produk di atas, atau jika Eigerian butuh perlengkapan mountaineering lainnya, silakan langsung belanja online di website Eiger Adventure Official. Ada banyak produk menarik yang mungkin akan membuat Egerian sulit memilih hanya satu produk saja. Dari pada penasaran, langsung saja cek koleksinya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments