HomeTips & TrickLifestyle8 Cara Mengasah Otak Anak agar Cerdas dan Pintar, Simak di Sini!

8 Cara Mengasah Otak Anak agar Cerdas dan Pintar, Simak di Sini!

Merangsang tumbuh kembang anak sejak dini menjadi hal krusial demi masa depannya. Berbagai kegiatan dan cara mengasah otak anak agar cerdas bisa dilakukan dengan seru, sehingga anak bisa beraktivitas dengan senang namun tetap mendapatkan stimulus untuk perkembangan otak dan tubuhnya.

Tapi jika dilihat kembali, sebenarnya apa saja yang bisa jadi cara mengasah otak anak? Apakah senam otak? Aktivitas fisik? Atau kegiatan lainnya?

Nah kamu bisa melihat beberapa cara yang bisa dilakukan pada artikel singkat kali ini. Selengkapnya bisa dilihat pada poin berikut.

Baca Juga : 5 Tips Menabung Efektif, Meski Gaji Pas-pasan

1. Jelas, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Hariannya

Cara mengasah otak anak agar cerdas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tumbuh kembang anak-anak, apalagi di fase awal, memerlukan asupan nutrisi yang cukup banyak. Tentu saja, tanpa asupan nutrisi yang cukup, stimulus yang diberikan tidak dapat diserap optimal oleh anak, sehingga perkembangan otak dan kecerdasannya bisa terhambat.

Salah satu cara mengasah otak anak agar cerdas adalah dengan memberikan ‘modal’ berupa nutrisi otak yang cukup. Kamu bisa mendapatkannya dari telur, sayuran hijau, ikan laut, oatmeal, biji-bijian, yogurt dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk porsinya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan agar komposisi makanan hariannya seimbang dan sesuai kebutuhan anak.

2. Cara Mengasah Otak Anak agar Cerdas dengan Mendengarkan Musik Bersama

Meski terdengar seperti kegiatan sederhana yang remeh, namun efek mendengarkan musik untuk kecerdasan anak-anak benar-benar masif. Mulai dari kosa kata baru, irama, nada, serta efek rileks yang dimunculkannya, semua bisa menunjang kecerdasan anak sejak dini.

Banyak pihak merekomendasikan musik klasik, atau musik anak-anak untuk diperdengarkan. Selama musik tersebut memiliki bahasa yang baik dan irama yang ceria, kamu bisa memperdengarkannya kepada anak.

Akan lebih baik jika cara ini juga dibarengi dengan latihan menyanyi, bergerak mengikuti irama, hingga bahkan menari.

3. Mengasah Kreativitas dengan Melukis atau Berkesenian

Cara mengasah otak anak agar cerdas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Membebaskan anak berkreasi juga bisa menjadi salah satu cara mengasah otak anak agar cerdas. Melukis, bernyanyi, mencoret-coret, atau bermain alat musik serta memainkan mainannya dengan imajinasi memberikan stimulus luar biasa pada perkembangan otak dan kecerdasan.

Tugas kamu saat anak berkreasi atau berkesenian adalah mengawasi dan mendampingi. Biarkan anak benar-benar melepaskan semua imajinasi yang ada di pikirannya, dan bila perlu pancing sesekali dengan kata-kata, tindakan, atau perlakuan pada apa yang sedang dilakukannya.

Abstrak memang, namun justru kebebasan melepaskan imajinasinya ini bisa membuat anak menjadi cerdas dan kreatif.

4. Bacakan Buku Cerita Bergambar

Untuk melatih imajinasinya, kamu juga bisa membacakan buku cerita bergambar. Buku cerita anak-anak memiliki kata-kata yang cenderung mudah dicerna oleh otak anak, sehingga mudah diserap. Gambar yang ada di dalamnya juga akan membantu anak mengembangkan imajinasi, dan menambah perbendaharaan warna, bentuk, dan sosok di dalam ingatannya.

Akan lebih baik jika kamu bisa turut memperagakan cerita yang ada di dalam buku tersebut. Jadi anak bisa menikmati cerita sambil melihat bagaimana gestur tokoh dalam cerita yang kamu bacakan. Meski sedikit membutuhkan usaha, namun manfaatnya luar biasa pada kecerdasan dan imajinasi anak.

5. Aktivitas Fisik dan Luar Ruang

Cara mengasah otak anak agar cerdas

Kecerdasan anak berasal dari kemampuannya berlogika dan imajinasi yang dimilikinya. Tugas kamu sebagai orang tua atau pendamping, adalah menyediakan tempat belajar untuk kedua hal tersebut dan membimbing anak agar dapat belajar dengan baik. Kamu bisa melihat manfaat berkemah untuk anak di artikel terkait.

Salah satu cara yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan kegiatan fisik dan kegiatan luar ruang. Kedua kegiatan ini, meski efeknya akan masif pada tumbuh kembang fisiknya, juga akan merangsang kemampuan berpikir anak.

Dengan mengenal berbagai gerakan, kemudian bertemu dengan berbagai kondisi yang ada di luar ruangan, membantu anak bisa berpikir logis, mengalami langsung apa yang terjadi di dunia sekitarnya, serta belajar secara praktis, tidak hanya teori saja.

Untuk urusan ini tentu kamu bisa mengandalkan pakaian anak dari Eiger Adventure Kids, yang didesain khusus untuk kenyamanan beraktivitas luar ruang serta mendukungnya belajar.

6. Bermain dengan Angka dan Logika

Berkenalan dan bermain dengan angka adalah cara selanjutnya untuk melatih kecerdasan otak anak. Kamu bisa mengenalkan operasi matematika sederhana untuk memberikan dasar logika pada anak. Cara ini bisa dimulai sejak dini sehingga anak bisa mencerna operasi matematis lebih cepat di kemudian hari.

Selain itu permainan logika lain seperti puzzle atau bahkan rubick juga bisa membantu mengasah kecerdasan anak. Awalnya mungkin ia tak akan memahami permainan apa yang ada di hadapannya. Namun seiring berjalannya waktu dan pendampingan yang kamu berikan, perlahan anak akan belajar dan mampu menyelesaikan permainan yang ada di hadapannya.

7. Jika Diperlukan, Tambahkan Multivitamin

Cara mengasah otak anak agar cerdas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya untuk anak-anak sendiri, sangat direkomendasikan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan bahan alami. Mengapa? Sebab nutrisi dari bahan alami lebih mudah dicerna dan diserap tubuh sehingga efeknya lebih cepat.

Namun demikian pada beberapa kasus yang direkomendasikan dokter, tambahan multivitamin dan nutrisi dari suplemen bisa digunakan. Ingat, selama dengan rekomendasi dari dokter kepercayaan Anda setelah pemeriksaan detail.

8. Jangan Lupa Pastikan Anak Memiliki Waktu Istirahat Cukup

Semua stimulus yang diberikan pada poin sebelumnya akan disempurnakan dengan tidur berkualitas dan cukup. Tubuh memerlukan waktu untuk melakukan regenerasi dan istirahat setelah aktivitas yang dilakukan seharian. Maka dari itu, pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang diperlukannya.

Buat kamar menjadi tempat istirahat ideal, dengan suasana nyaman, aroma yang disukai anak, serta peralatan yang mendukung tidur berkualitas. Dengan begini, upaya kamu untuk mengasah otak anak agar cerdas bisa benar-benar optimal.

Baca Juga : Memahami Sustainable Fashion dan 5 Cara Menerapkannya 

Itu tadi sederet cara mengasah otak anak agar cerdas dan optimal tumbuh kembangnya. Tentu saja untuk aktivitas luar ruang, kamu bisa menggunakan dukungan dari apparel Eiger Adventure yang bisa ditemukan langsung di website Eiger Adventure Official. Semoga bermanfaat, dan selamat beraktivitas!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments