HomeTips & TrickMountaineeringManfaat Latihan Panjat Tebing, Sehat dan Seru Loh!

Manfaat Latihan Panjat Tebing, Sehat dan Seru Loh!

Berbagai aktivitas luar ruang kini banyak diminati masyarakat untuk mengisi waktu luangnya. Tak hanya seru untuk dilakukan, segudang manfaat juga bisa didapatkan dengan kegiatan luar ruang. Misalnya saja panjat tebing, olahraga yang tergolong ekstrim ini selain dapat memicu adrenalin kamu ketika mencobanya, juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat lho!

Seiring dengan manfaatnya yang beragam, terdapat pula resiko yang cukup besar mengingat aktivitas ini masuk dalam kategori olahraga ekstrim. Namun bersama orang yang sudah berpengalaman, aktivitas panjat tebing bisa diminimalisir resikonya. Apalagi didukung dengan peralatan yang berkualitas dan memiliki standar pengujian tinggi, aktivitas kamu bisa semakin minim resiko selama dilakukan dengan benar.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat panjat tebing secara praktis?

Latihan yang Baik untuk Seluruh Tubuh

panjat tebing terkini
Sumber : freepik.com

Panjat tebing secara praktis menuntut seluruh bagian tubuh dan otot kamu untuk terus dilatih. Setiap gerakan dan manuver yang dilakukan melibatkan gerakan serta koordinasi tubuh. Otot bagian tangan dan kaki digunakan untuk bergerak secara aktif, berpindah dari satu titik ke titik lain. Otot perut dan punggung akan berfungsi menjaga keseimbangan kamu ketika tengah memanjat.

sehingga membuat olahraga ini sangat baik untuk dijadikan latihan fisik secara menyeluruh. Tentu saja, jika dibandingkan dengan latihan beban di gym, hal ini jadi alternatif yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Melatih Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh, Manfaat Panjat Tebing Rutin

panjat tebing terdekat
Sumber : freepik.com

Tak hanya menuntut kekuatan bagian tangan, kaki, punggung, dan perut, panjat tebing juga membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Pengamatan jalur dan pemilihan pijakan atau pegangan, gerakan dalam panjat tebing menuntut keseimbangan dan fleksibilitas  yang membuat  tubuh terus merenggang hingga mencapai titik maksimal yang dimiliki oleh tubuh.

Secara terus menerus latihan ini akan membuat jangkauan kamu akan semakin jauh dan  meningkat, keseimbangan serta fleksibilitas tubuh juga turut membaik. Jika dilakukan secara rutin perubahan signifikan akan sangat terasa.

Sistem Kerja Jantung dan Paru-Paru

panjat tebing jauh
Sumber : freepik.com

Karena olahraga ini melibatkan gerakan seluruh tubuh, menahan beban tubuh, serta berusaha bergerak  dari satu titik ke titik lain, maka peran sistem kerja jantung dan paru paru juga akan sangat besar. Kamu akan mengatur nafas di setiap gerakan dilakukan sehingga akan melatih kerja jantung dan paru paru dari gerakan pertama yang kamu ambil,hingga mencapai puncak tebing.

Kekuatan jantung dan paru-paru akan terus meningkat seiring latihan yang terus dilakukan. Selain itu panjat tebing membutuhkan tenaga dan stamina tinggi, jadi butuh kalori yang tinggi agar bentuk dan kondisi tubuh akan terjaga.

Di sisi lain secara mental juga melatih kamu jadi kuat ,pantang menyerah dan juga bisa jadi sarana refreshing yang baik, karena perasaan puas yang didapatkan setelah menaklukkan tebing yang dipanjat.

Manfaat Panjat Tebing : Meningkatkan Koordinasi Gerak Tubuh

panjat tebing terbang
Sumber : freepik.com

Latihan panjat tebing secara rutin bisa membantu tubuhmu memiliki koordinasi gerak tangan dan kaki  yang jauh lebih baik. Dipadukan dengan keuntungan lainnya dalam aktivitas ini, akan jadi satu paket olahraga ekstrim yang lengkap bukan?

Melatih keseimbangan, kekuatan fisik bagian tubuh, menjaga kesehatan jantung dan paru paru, hingga meningkatkan koordinasi gerak secara umum. Manfaat olahraga yang satu ini sangat pantas untuk dicoba dan dilakukan secara rutin. Sekali lagi, di bawah pengawasan profesional atau orang yang sudah ahli di bidang panjat tebing.

Setiap tebing memiliki karakter yang berbeda-beda, dan membutuhkan teknik yang berbeda pula dalam menyelesaikanya. Kemampuan pengamatan jalur yang baik akan jadi poin utama dalam keberhasilan kamu memanjat  tebing.

Sebagai salah satu cabang olahraga ekstrim, panjat tebing bisa dilakukan di dua lokasi berbeda. Pertama dengan tebing buatan atau tembok yang diberi pegangan dan pijakan kedua di tebing alam yang ada di berbagai lokasi. Keduanya memiliki tantangan masing-masing, sehingga sama-sama seru untuk dicoba.

Dalam melakukan olahraga panjat tebing, perlengkapan yang mumpuni juga diperlukan. Tak hanya agar aktivitas bisa dilakukan dengan nyaman, namun faktor utamanya untuk meningkatkan keselamatan kamu dan orang lain yang menekuni olahraga ini.

Tentu saja, jawaban paling tepat bisa kamu temukan di Eiger Adventure, yang menyediakan berbagai peralatan aktivitas luar ruang seperti olahraga ini. Dengan mengunjungi situsnya kamu bisa menemukan banyak sekali peralatan berguna dan berkualitas, yang akan memaksimalkan panjat tebing yang kamu lakukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru