HomeTips & TrickMountaineeringIni Dia 5 Jenis Tas Gunung untuk Pendakian Kamu

Ini Dia 5 Jenis Tas Gunung untuk Pendakian Kamu

Membawa perlengkapan dan persediaan jenis tas gunung yang memadai jadi syarat yang wajib dipenuhi dalam kegiatan pendakian gunung. Alasan kuat yang menjadi latar belakangnya adalah bahwa kebutuhan selama pendakian wajib bisa dipenuhi sendiri, sehingga perjalanan tak terhambat dan merepotkan pendaki lain. Untuk itu kamu wajib membawa tas gunung yang sesuai dengan rencana pendakianmu.

Tas gunung yang sesuai? Bukankah semua tas gunung sama saja jenisnya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu melihat dahulu beberapa jenis tas gunung yang kami sajikan berikut ini. Sebagai bayangan saja, bahwa tas yang digunakan akan tergantung pada keperluan pendakian dan kemampuan dari pendakinya sendiri. Idealnya, semakin lama durasi pendakian akan semakin banyak bawaannya, dan semakin besar tasnya bukan?

Baca Juga : Rekomendasi Sendal Gunung Terbaik

Jenis Tas Gunung

Backpack, Tas Gunung Ringkas dan Praktis

backpack
Sumber : Eiger Adventure, Eiger Course Cabin Pack Backpack

Atau biasa disebut tas ransel, merupakan jenis tas yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan pendakian. Kapasitas yang kecil mendukung pendakian cepat dan dalam durasi singkat, sehingga badan kamu tidak akan membawa beban terlalu berat. Tentu saja, jika dilihat dari ukurannya, tas ini hanya ‘mengijinkan’ barang bawaan yang sedikit dan  ringkas.

Tas jenis ini memang jarang ditemui di gunung-gunung dan pendaki pemula, sebab biasanya pendaki pemula justru membawa barang yang cukup banyak. Backpack biasanya digunakan oleh pendaki yang sudah berpengalaman dan memahami benar kapasitas pendakian yang dimilikinya, kecepatan, daya tahan, durasi pendakian, dan sebagainya.

Cocok untuk pendakian dengan durasi pendek dan cepat, backpack didesain untuk membawa barang yang sedikit.

Daypack, Awam Di Kalangan Pendaki Berpengalaman

backpack gunung
Sumber : Eiger Adventure, Eiger Basecamp 2A Backpack

Jenis tas gunung kedua lebih awam ditemukan, adalah daypack. Tas ini memiliki kapasitas yang lebih besar, biasanya di antara 15 sampai 25 liter pada kebanyakan jenisnya. Tas jenis ini juga banyak digunakan oleh pendaki yang sudah cukup berpengalaman, dan bisa mendaki secara efektif. Barang bawaan yang tidak terlalu banyak, beban yang ringan, memungkinkan gerakan gesit pendakian.

Tas ini biasanya ditemui di gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi, dan memunkinkan pendakian ‘tek-tok’, atau pendakian yang langsung turun setelah mencapai puncak. Tentu durasi pendakiannya tak terlalu panjang, rata-rata di bawah satu hari saja. Meski demikian, dengan pengaturan yang tepat daypack juga bisa digunakan secara efektif untuk membawa semua yang diperlukan lho!

Semi Carrier, Kapasitas Besar dan Tetap Ringkas

backpack gunung
Sumber : Eiger Adventure, Eiger Path 35 Backpack

Selanjutnya ada jenis tas gunung semi carrier yang memungkinkan kamu membawa cukup banyak barang, namun tetap terasa ringkas dan tidak terlalu berat. Dengan kapasitas rata-rata 30 liter cukup banyak barang bisa dimasukkan dan mendukung pendakian dalam jangka waktu yang cukup lama. Antara 1 sampai 2 hari, bahkan jika cukup efisien kamu bisa menggunakannya untuk pendakian 3 hari.

Didukung dengan desain main compartment dengan roll top opening, membuat tas jenis ini sangat bersahabat untuk mengorganisir barang yang akan dibawa. Tentu saja, kamu bisa dengan lebih mudah mengatur barang bawaan dengan ruang yang lebih luas dan bagian atas yang lebih lebar diameternya.

Rucksack, untuk Keperluan Pendakian Lebih Lama

tas gunung
Sumber : Eiger Adventure, Eiger Rhinos 45L 1A Rucksack

Nah untuk kapasitas tas gunung yang lebih besar, kamu bisa memilih jenis rucksack. Jenis ini bisa digunakan untuk pendakian lebih lama, karena bisa memberikan kapasitas lebih besar dari semi carrier. Rata-rata, tas dengan jenis ini memiliki kapasitas 45 liter, sehingga bisa memuat cukup banyak barang untuk pendakian ideal 2 atau 3 hari.

Karena kapasitasnya yang lebih besar, tas jenis ini juga memiliki bantalan bahu dan punggung yang lebih tebal sehingga dapat mengurangi tekanan atau beban pada bagian ini. Tak jarang bahkan bagian punggung dilengkapi dengan batangan besi atau logam, untuk membuat punggung tetap lurus dan beban terdistribusi secara merata.

Full Carrier, Pendakian Durasi Panjang

tas gunung
Sumber : Eiger Adventure, Eiger Excelsior 75 + 15L 1F Backpack

Terakhir adalah jenis tas gunung dengan kapasitas yang paling besar, yakni full carrier. Tas ini biasa digunakan oleh pendaki-pendaki berpengalaman yang ingin melakukan pendakian yang cukup lama. Jika diatur secara rapi, full carrier bisa membawa perbekalan dan perlengkapan untuk keperluan 3 hingga 6 hari pendakian.

Dapat dibayangkan bukan kapasitas yang dimiliki tas jenis ini? Jika kamu berkunjung ke toko online, situs resmi, atau gerai offline, ketika kamu melihat tas dengan ukuran yang sangat besar, dapat dipastikan tas tersebut masuk ke kategori full carrier. Setidaknya, tas dengan kategori ini memiliki volume sebesar 65 liter.

Mengetahui berbagai jenis tas gunung yang bisa digunakan untuk pendakian bisa jadi informasi penting untuk kamu, agar tidak salah ketika akan memilih, membeli, atau menggunakan tas gunung untuk pendakianmu. Jadi, dari jenis tas di atas, mana yang menurutmu paling sesuai untuk rencana pendakianmu? Dapat kami pastikan, semua jenis tas tersebut bisa ditemukan di situs resmi Eiger Adventure. Dengan kualitas yang terjamin serta  varian yang beragam, kamu bisa menemukan tas paling cocok untuk digunakan di setiap rencana pendakian!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments