HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Manfaat Traveling, Ternyata Bisa Membentuk Karakter!

5 Manfaat Traveling, Ternyata Bisa Membentuk Karakter!

Manfaat traveling gak cuma berfungsi sebagai kegiatan pelepas penat semata. Sadar atau tidak, kegiatan ini juga bisa mempengaruhi karakter atau kepribadian seseorang.

Gak cuma itu aja, banyak orang juga memanfaatkan momen traveling ini untuk mencari jati diri mereka. Dengan menemui hal baru dan budaya baru, tentunya akan membuat pemikiran kita semakin luas.

Walaupun kondisi sekarang belum memungkinkan kita buat traveling keluar, gak ada salahnya kita cari tahu dulu kayak apa sih karakteristik yang dimiliki oleh seorang traveler? Apa kamu termasuk salah satunya?

Manfaat Traveling

Berjiwa Petualang yang Menyukai Tantangan

Traveling akan mengasah jiwa petualanganmu, sehingga kamu akan terus tertantang untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya. Semakin banyak kamu melakukan traveling, maka semakin besar jiwa petualangan yang kamu miliki.

Saat ini ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi para traveler, bahkan di Indonesia sendiri banyak tempat menarik dan menantang yang bahkan beberapa diantaranya belum terjamah.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan, apa saja ya?

Cepat Beradaptasi dengan Orang dan Lingkungan Baru

Dengan traveling kamu telah membuat dirimu keluar dari zona nyaman. Hal ini akan membuat Eigerian jadi lebih optimis, berani, dan percaya diri, sehingga kamu jadi lebih mudah beradaptasi dengan orang-orang dan tempat baru.

Selain itu, kamu juga mampu menyesuaikan diri dengan cepat di berbagai situasi dan kondisi, yang sebelumnya jarang kamu hadapi.

Hal ini menjadi keuntungan lain sebagai seorang traveler, meski pada umumnya kegiatan adaptasi membutuhkan waktu yang berbeda untuk tiap orang.

Mau Belajar Hal-hal Baru

Source: Pexels

Manfaat traveling selanjutnya yakni bisa belajar hal baru. Ketika kamu mengunjungi suatu tempat, kamu bakal dapat informasi sekaligus pengalaman baru secara langsung maupun tidak langsung, baik dari sisi budaya, tradisi, nilai, norma, alam, dan lingkungan tempat sekitar.

Hal ini tentu akan memancing rasa penasaran dan keingintahuanmu lebih besar lagi mengenai tempat yang kamu kunjungi.

Gak cuma itu, pengalaman tersebut juga bikin kamu jadi pribadi yang bisa menerima dan menghargai perbedaan. Pasalnya, setiap wilayah memiliki kebiasaan dan budaya yang berbeda. Terlebih di Indonesia, yang memiliki banyak wilayah dengan beragam suku.

Baca juga: Manfaat Latihan panjat tebing sehat dan seru lho!

Traveling Jadi Lebih Mandiri dan Sabar

Eigerian akan menjadi orang yang lebih mandiri dan kreatif karena kamu akan dipacu untuk berpikir tentang hal-hal yang harus dilakukan mulai dari keberangkatan, selama di tempat tujuan, hingga pulang ke kota asalmu.

Kamu juga akan belajar memahami diri sendiri dan cara mengatur emosi dalam menghadapi suatu keadaan yang mungkin bisa saja terjadi di luar rencanamu.

Baca juga: Hobi gowes? ini dia tips naik sepeda di tanjakan

Lebih Banyak Bersyukur dalam Menikmati Hidup

Kamu akan merasa bahwa hal-hal yang kamu lihat dan rasakan selama di perjalanan telah membuka matamu mengenai keadaan dunia sebenarnya.

Segala kesulitan dan permasalahan yang kamu hadapi juga bakal memberimu banyak pembelajaran berharga. Dengan begitu, Eigerian akan lebih banyak bersyukur pada semua hal, sekecil apa pun itu, sehingga kebiasaan mengeluh pun perlahan akan hilang.

Itulah beberapa manfaat traveling yang bisa membantu kamu dalam pembentukan sebuah karakter. Tidak hanya soal have fun, namun jika bisa memanfaatkan kegiatan dengan benar, seorang traveler bisa menemukan karakternya sendiri dengan cara menyenangkan.

Jika terlalu sibuk jika dilakukan saat weekday, menjadi traveler juga bisa dimulai pada saat weekend. Tidak perlu jauh-jauh, Eigerian bisa memulai menjelajahi tempat menarik yang ada di wilayah sekitar (dalam kota misalnya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru