HomeTips & TrickGreen & HealthyMengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Isu lingkungan belakangan makin banyak menjadi concern masyarakat, terlebih pada pelestariannya. Gaya hidup sehat mulai banyak dilirik dan diterapkan. Salah satu bentuk nyatanya adalah bike to work, yang sebenarnya sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu.

Seperti kebiasaan sehat yang lainnya, bike to work merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya untuk kesehatan kamu sendiri ketika melakukan kebiasaan ini, namun juga untuk lingkungan secara umum.

Tidak selalu mudah mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun, yang sudah membuat nyaman, dan sudah terpola. Namun mungkin dengan melihat beberapa manfaat serta tips nyaman bike to work di bawah ini, kamu bisa mulai mencobanya. Check this out!

Bike to work

Manfaat Bike To Work Jika Rutin Dilakukan

bike to work

Mengingat kegiatan dimulai ketika pagi hari saat kamu akan mulai berangkat ke kantor, khususnya kamu yang sudah masuk ke fase work from office kembali, banyak manfaat yang bisa didapatkan.

1. Latihan Pernafasan dan Kesehatan Tubuh

Jelas ketika kamu bersepeda di pagi hari untuk berangkat kerja, maka kamu akan secara aktif bergerak. Gerakan mengayuh sepeda ini cukup intens, dan jadi latihan yang baik untuk kebugaran dan pernafasan.

Dikombinasikan dengan udara pagi yang masih segar, maka kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan secara optimal. Keringat yang mengucur deras, udara pagi yang segar untuk paru-paru, dan sirkulasi darah yang lebih baik, sangat menggoda bukan?

2. Mood Bekerja yang Lebih Baik

Tentu kamu sering merasakan kantuk yang hebat di pagi hari, bahkan setelah kamu mandi dan sarapan. Hal ini juga dipicu karena alirand arah yang kurang lancar, sehingga tubuh belum beroperasi secara optimal.

Gerakan intens yang dilakukan ketika bersepeda bisa membuat aliran darah lancar dan menempatkan tubuh di titik kerja optimal. Ini berefek pada mood kerja yang lebih baik, dan produktivitas yang meningkat.

3. Jelas, Mengurangi Polusi

Ketika kamu melakukan kebiasaan bike to work, artinya kamu secara aktif juga sudah membantu mengurangi polusi akibat kendaraan bermotor. Jika sebelumnya kamu menggunakan motor atau mobil, maka peralihan ini akan mengurangi sejumlah gas polusi yang keluar.

Memang mungkin ketika dilakukan satu atau dua orang saja efeknya tak seberapa. Namun bayangkan jika hal ini dilakukan banyak orang, kondisi kota akan jauh lebih bersih dan udaranya segar. Tentu kamu belum lupa bagaimana kondisi kota besar seperti Jakarta saat beberapa bulan lalu pembatasan mobilitas diterapkan secara ketat bukan?

Bukan tak mungkin ketika bike to work dilakukan bersama-sama, kebersihan udara bisa jadi satu hal yang permanen.

4. Rutin Beraktivitas Fisik Baik untuk Daya Tahan

Di tengah kondisi yang serba tidak menentu seperti sekarang, daya tahan tubuh yang baik adalah aset yang sangat berharga. Maka, olahraga bersepeda menuju tempat kerja bisa jadi salah satu pendukung pembentukan daya tahan tubuh yang baik.

Ketika dilakukan dengan rutin, dan didukung dengan asupan nutrisi cukup, maka tubuh dapat membangun daya tahan dengan baik. Tentu saja, kamu juga tak boleh menyepelekan protokol kesehatan, agar semua upaya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh bisa benar-benar berhasil.

Baca Juga : Ayo, Terapkan Prinsip Go Green Pakai 7 Tips Ini!

Untuk Mendukung dan Memotivasi, Ini Tipsnya

bike to work

Nah agar agenda bike to work semakin greget, kamu bisa melihat beberapa tipsnya berikut ini. selain biar seru, kamu juga wajib tetap memperhatikan keselamatan ya!

1. Selalu Cek Kondisi Sepeda

Langkah atau tips pertama agar bike to work makin greget adalah selalu memeriksa kondisi sepeda. Pastikan semua bagian, seperti roda, rem, rantai, dan setiap bagiannya, berada dalam kondisi baik.

Ingat, ketika Anda bersepeda kamu akan berada di jalan raya. Meskipun telah tersedia banyak jalur khusus sepeda, tapi kamu tetap harus memastikan agar sepeda berada dalam kondisi sangat prima agar meminimalisir resiko yang terjadi.

2. Gunakan pakaian Bersepeda

Tak hanya agar keren, namun juga agar pakaian kerja yang kamu miliki tidak kusut. Di jalan raya, tetap banyak polusi dan gerakan yang kamu lakukan akan cukup intens. Maka dari itu, simpan pakaian kerjamu di tas, dan gunakan pakaian bersepeda.

Jangan lupa safety gear ya! Agar proteksi diri semakin maksimal.

3. Kamu Adalah Orang yang Peduli Lingkungan!

Dengan mempraktekkan bike to work, kamu secara nyata sudah berkontribusi terhadap usaha pelestarian lingkungan. Mengurangi polusi yang muncul akibat penggunaan kendaraan pribadi secara rutin akan jadi kontribusi besar untuk menjaga lingkungan tetap bertahan dan membaik.

Baca Juga : 7 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara 

Kebiasaan bike to work bisa mulai kamu lakukan untuk menyambut sistem work from office yang sebentar lagi akan menjadi hal umum lainnya. Tanpa mengesampingkan protokol kesehatan yang berlaku, kamu bisa mencoba dan merasakan efeknya secara langsung.

Tentu saja untuk mendukung kegiatan bike to work, kamu bisa mengandalkan perlengkapan bersepeda yang disediakan Eiger Adventure. Memiliki banyak opsi dan pilihan perlengkapan yang berkualitas, Eiger Adventure akan jadi partner terbaik dalam urusan bersepeda dan kebiasaan hidup sehat!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments