HomeTips & TrickRencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

Rencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

Sebagian orang mungkin lebih suka solo traveling, tapi banyak juga yang menyukai traveling bareng teman karena lebih seru dan berkesan. Mereka yang benar-benar teman sejati tentunya akan membuat kita merasa nyaman karena tidak perlu malu untuk menjadi diri sendiri. Supaya traveling bersama teman berjalan lancar dan seru, ada beberapa hal yang harus diketahui dan disiapkan. Berikut ini tipsnya.

Traveling

1. Susun Rencana Perjalanan dengan Matang

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum pergi traveling adalah membuat rencana perjalanan, lengkap dengan perkiraan budget-nya. Karena pergi secara rombongan, sebaiknya percayakan rencana kegiatan dan budgeting pada salah satu orang saja. Jangan sia-siakan keahlian teman yang jago menyusun itinerary. Biasanya orang seperti ini punya perhitungan yang matang dan berpola hidup hemat. Apalagi saat hitung-menghitung biaya liburan bersama teman-teman, orang seperti ini akan mencari harga dan rencana yang pas dengan selera satu sama lain.

2. Pilih Leader yang Tepat

Meskipun acaranya seru-seruan, tapi memilih leader atau ketua kelompok tetap penting untuk dilakukan. Pergi bersama rombongan tidak bisa sebebas saat liburan sendiri. Ada kepentingan bersama yang harus dipikirkan, dan juga perlu menghargai kebutuhan  setiap anggota. Oleh karena itu, peran ketua kelompok penting sekali, mulai dari membuat grup obrolan WhatsApp misalnya. Tanpa ketua kelompok, biasanya diskusi akan berjalan tanpa arah. Fungsi ketua ini juga banyak sekali, di antaranya adalah mengkoordinir acara, mengawal setiap diskusi, hingga mengambil keputusan saat setiap anggota memiliki pendapat yang berbeda-beda.

3. Membuat kesepakatan bersama

traveling

Agar setiap anggota kelompok merasa ikut andil dalam kegiatan liburan, buatlah kesepakatan soal pembagian tugas dan waktu. Selain menunjuk satu orang sebagai ketua, satu orang bendahara dan satu orang yang khusus mengurus tiket masuk wisata juga perlu ditunjuk. Kemudian, jangan puas cuma jadi anggota kelompok yang terima beres semua susunan acara. Pasalnya, kalau semua anggota berpartisipasi, kerja tim akan menjadi lebih kompak dan liburan akan berjalan semakin seru. Selain tugas, tentukan juga kesepakatan waktu selama liburan bersama. Selipkan waktu bebas di mana setiap anggota boleh pergi sendirian, karena tidak semua keseruan ingin dilakukan bersama kelompok.

4. Ambil Keputusan Lewat Musyawarah

Karena kegiatan selama traveling bersama teman akan melibatkan kepentingan banyak orang, maka usahakan untuk selalu mengambil keputusan lewat musyawarah. Dengarkan pendapat setiap anggota dan pertimbangkan baik-buruknya. Musyawarah harus menghasilkan satu jalan tengah yang menyamankan semua anggota, agar liburan berjalan lebih nyaman dan seru.

Baca juga: Rekomendasi 7 Lokasi Glamping Di Indonesia

5. Berburu Promo Jauh-jauh Hari

Supaya biaya liburan lebih hemat, kita juga perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai promo. Biasanya untuk rombongan berlaku diskon yang lebih besar, khususnya tiket penerbangan dan karcis masuk ke berbagai tempat wisata. Jadi, rajinlah memantau promo, karena potongannya bisa dialihkan ke anggaran belanja oleh-oleh atau anggaran lainnya. 

Untuk tiket penerbangan, sebaiknya memang dipesan jauh-jauh hari. Selain lebih murah harganya, kita juga bisa memilih kursi sesuai yang diinginkan sehingga tentunya kesempatan untuk duduk bareng dengan teman lebih besar.

6. Abadikan Setiap Momen Kebersamaan

traveling

Menjadi vlogger mendadak, kenapa tidak? Daripada asyik sendiri main media sosial masing-masing, ada baiknya kita mengabadikan momen dalam sebuah video yang bisa ditonton sewaktu kangen liburan. Tentu saja ini akan menjadi oleh-oleh tak ternilai yang bisa kita simpan sebagai kenang-kenangan. Pastikan ada salah satu orang yang membawa kamera atau bisa juga menggunakan kamera handphone untuk mengabadikan momen suka maupun duka yang terjadi selama traveling bersama teman.

Baca juga: Menumbuhkan Rasa Cinta Alam Melalui Taman Nasional di Indonesia

7. Masukkan Acara Hiburan

Jangan lupa untuk menyiapkan acara hiburan kelompok dalam rencana liburan. Rancang sebuah malam keakraban, api unggun, barbeque party, atau lainnya di hari terakhir. Momen berkumpul bersama di penghujung waktu liburan ini akan sangat menyenangkan dan akan menjadi momen untuk lebih mengakrabkan diri satu sama lain. Buatlah kenangan manis sebelum liburan berakhir, agar momen bersama bisa meninggalkan kesan mendalam untuk setiap anggota. Pasalnya, kita belum tentu bisa mengulanginya lagi dalam waktu dekat, apalagi kalau masing-masing sibuk dengan rutinitas hariannya yang padat.

Agar traveling bersama teman lebih kompak dan dapat saling mengawasi satu sama lain, kenapa tidak janjian pakai perlengkapan atau aksesoris yang sama saja? Misalnya topi, t-shirt, jaket, pouch, sepatu, dan lain sebagainya. Eigerian bisa pakai EIGER AXTELL CAP, yaitu sebuah topi model camper yang terbuat dari bahan kanvas marsoto dan dikombinasikan dengan bahan corduroy, sangat cocok untuk melengkapi tampilan kasual saat traveling bersama teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru