HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Posisi Tidur yang Baik untuk Mengistirahatkan Tubuh

5 Posisi Tidur yang Baik untuk Mengistirahatkan Tubuh

Pernahkah terpikir oleh kamu kenapa ketika bangun di pagi hari badan terasa kurang segar? Bahkan tak jarang, seorang bangun dengan rasa pegal di bagian badan tertentu. Tahukah kamu bahwa posisi tidur yang baik bisa mengurangi keluhan ini, dan membuat pagimu menjadi lebih menyenangkan?

Yap, posisi tidur memegang peranan besar dalam mendukung proses istirahat yang terjadi di malam hari. Setelah lelah beraktivitas, tubuh perlu waktu istirahat yang optimal agar dapat kembali bersemangat dan menyambut hari dengan segar.

Maka dari itu, untuk mendukung pola hidup sehat yang ingin kamu capai, ada beberapa rekomendasi posisi tidur yang baik yang bisa kamu coba. Well, setidaknya diusahakan saat kamu tidur di malam hari. Sebab siapa yang tau tubuh bergerak seperti apa saat tidur, iya ‘kan?

Posisi Soldier, Baik untuk Tulang Belakang

posisi tidur yang baik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Posisi tidur ini disebut demikian karena serupa dengan posisi tidur tentara saat berada di barak, medan tempur, atau pelatihan. Posisinya lurus, dengan kedua tangan di samping kanan dan kiri, dan tubuh terlentang.

Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi, dan pertahankan posisi ini sebisa mungkin. Posisi ini bisa membantu mengistirahatkan tubuh dengan optimal. Yang merasakan efek paling besar dari posisi tidur ini adalah tulang belakang dan tulang leher.

Namun sedikit disclaimer, posisi ini kurang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki tubuh cenderung gemuk sebab justru dapat memicu terjadinya sleep apnea.

Posisi Janin, Meringkuk dengan Tangan dan Kaki Ditekuk Ke Dalam

Posisi tidur yang baik selanjutnya adalah posisi janin. Disebut demikian sebab posisi ini serupa dengan posisi janin pada saat di dalam kandungan. Sederhana saja, kamu tinggal tidur menghadap samping, kemudian meringkuk dengan tangan memeluk lutut.

Sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar, serta tidur yang kamu dapatkan akan jauh lebih nyenyak. Di sisi lain, tidur dengan posisi janin bisa membantu mengurangi dengkuran yang muncul saat kamu terlelap.

Baca Juga : Pahami Cara Tepat Belanja yang Eco Friendly

Posisi Terlentang, Distribusi Berat Ke Seluruh Tubuh

Ketika setiap posisi tidur lain bisa mendistribusikan berat tubuh ke beberapa bagian saja, posisi tidur terlentang bisa membantu kamu mendapatkan tidur nyaman dengan distribusi berat yang efektif. Hal ini juga membuat tubuh bisa mendapatkan posisi istirahat secara alami.

Tidur seperti ini dapat mengurangi gejala GERD dan naiknya asam lambung. Jadi kamu tak perlu khawatir terbangun di malam hari karena merasa nyeri akibat keduanya. Ketika kamu tidur dengan posisi terlentang, bagian wajah juga tak akan mendapat tekanan dari sisi manapun.

Sedikit hal yang wajib dipahami, posisi ini kurang direkomendasikan untuk orang yang sering mendengkur atau memiliki sleep apnea.

Mencoba Posisi Tidur yang Baik, Tengkurap

Meski termasuk dalam salah satu posisi tidur yang baik, namun tidak banyak orang yang memutuskan untuk tidur dalam posisi tengkurap dengan berbagai alasan. Padahal posisi ini bisa membantu mengurangi dengkuran dan sleep apnea.

Namun demikian posisi ini memang terasa kurang nyaman dan kurang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki perut agak besar karena akan memberikan tekanan. Selain itu, orang dengan keluhan nyeri leher juga tak dianjurkan mengambil posisi tidur ini karena dalam jangka waktu lama leher akan diputar setidaknya 90 derajat.

Tentu akan ada sisi positif dan negatif dari posisi tidur tengkurap. Idealnya, tubuh juga akan mengenali hal ini dan mengubah posisi saat sudah terasa tak nyaman. Asal tidak berlebihan, semua tak masalah.

Tidur Miring Ke Samping Kanan dan Kiri

Tak sedikit perdebatan yang muncul untuk mendiskusikan ragam manfaat dan konsekuensi dari tidur menyamping ke kanan dan ke kiri. Padahal nyatanya, keduanya memiliki manfaat masing-masing yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Posisi miring ke kanan bisa jadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah asam lambung dan keluhan GERD. Hal ini karena posisi ini bisa membuat lingkaran otot menahan asam lambung, sehingga meminimalisir terjadinya gangguan di bagian ini.

Di sisi lain, tidur dengan posisi miring ke kiri juga membawa manfaat lain. Manfaatnya adalah bisa membantu meredakan masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena posisi persimpangan lambung dan kerongkongan berada di atas cairan asam lambung.

Jadi, keduanya sama-sama bermanfaat bukan?

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Sebenarnya posisi tidur yang baik ini akan sangat tergantung dengan kondisi kesehatan yang kamu miliki. Akan sangat baik jika kamu bertanya pada dokter atau meminta rekomendasi ahli kesehatan, dengan menyesuaikan kondisi yang kamu miliki.

Jadi artikel ini sifatnya hanya sebagai pengetahuan umum, dan ingin berbagi terkait dengan manfaat posisi tidur yang baik yang bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Pola hidup sehat yang kamu terapkan akan banyak terbantu dengan posisi tidur yang baik. Setelah aktivitas seharian yang padat, menjaga keseimbangan makanan dan pola tidur yang baik akan jadi waktu istirahat untuk tubuh. Kamu bisa menemukan banyak perangkat dan peralatan untuk mendukung gaya hidup sehat di Eiger Adventure. Lengkap dan berkualitas, kamu pasti menemukan yang terbaik di sini!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments