HomeTips & TrickGreen & HealthyGet Back, 8+ Cara Menjaga Berat Badan Ideal Setelah Puasa

Get Back, 8+ Cara Menjaga Berat Badan Ideal Setelah Puasa

Merayakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat pasti lekat dengan berbagai makanan enak khas Lebaran yang dihidangkan. Agar tidak kalap, Eigerian wajib tahu dan menerapkan cara menjaga berat badan ideal setelah bulan puasa usai. 

Sebagian orang menjadikan momen Lebaran sebagai aji mumpung dengan mengonsumsi makanan sebanyak mungkin yang diinginkan, apalagi banyak tersaji makanan manis, berlemak, dan bersantan yang menggoda. 

Namun perilaku makan banyak dan tak terkontrol ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, seperti berat badan naik secara drastis, serta gula darah dan kolesterol tubuh yang meningkat. 

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Setelah Bulan Puasa

Perhatikan ada beberapa tips menjaga berat badan ideal yang perlu Eigerian terapkan setelah bulan puasa, terutama dimulai saat momentum Lebaran.

1. Coba Lanjutkan Rutinitas Puasa dengan Intermittent Fasting

Setelah puasa, sebagian orang memiliki selera makan yang cenderung lebih terkontrol. Dengan nafsu makan yang terkendali, maka saat momen Lebaran yang tersaji banyak makanan lezat, diri kita akan lebih bisa mengatur apa yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Waspadalah, jangan tergoda makan berkalori tinggi secara berlebihan karena bisa memicu gula darah naik dan peningkatan berat badan. Eigerian bisa manfaatkan waktu setelah Ramadan dengan melanjutkan puasa sunnah Syawal selama 6 hari atau puasa sunnah lainnya. 

Eigerian juga bisa memulai rutinitas menyehatkan dengan puasa intermiten. Misalnya dengan aturan 12:8, artinya boleh makan mulai dari jam 12 siang dan tidak makan apapun (kecuali air putih) setelah jam 8 malam. Pengaturan waktu ini membantumu memiliki pola makan sehat dan mencegah ngemil di malam hari.

2. Mulai Sarapan dengan Menu Bergizi

Penelitian menunjukkan bahwa dengan berpegang pada pola makan sehat yang konsisten bisa mengurangi makan berlebihan. Pola makan sehat setiap harinya dimulai dari sarapan dengan menu sehat dan bergizi.

Mulai harimu dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat yang membuat perut kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Ingat ya, jangan skip sarapan karena bisa mendorong makan lebih banyak saat jam makan siang.

3. Hindari Asupan Gula Berlebihan

Setelah puasa, batasi konsumsi makanan manis dan minuman manis yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk menu makanan sehat, pilihlah sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, buah-buahan, dan sayur mayur. Contoh makan rendah glikemik seperti roti gandum, beras merah, dan kacang-kacangan. 

4. Ingatlah untuk Minum Air Putih

Satu hal yang tidak boleh luput dari rutinitas sehat menjaga berat badan ideal setelah puasa adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. 

Kebiasaan tidak minum seharian saat bulan puasa mulai dialihkan dengan jadwal minum yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu, air putih punya peran penting untuk menstabilkan berat badan dan menjaga nafsu makan tetap terkendali.

5. Jalan Kaki Setelah Makan Berlebihan

Aktivitas Eigerian selama Lebaran mungkin akan lebih banyak bersantai di rumah. Maka mulailah membiasakan diri untuk berjalan kaki setelah dirasa makan berlebihan. Jalan kaki bermanfaat untuk membantu menjernihkan pikiran, pengosongan perut jadi lebih cepat, dan membakar kalori ekstra yang masuk ke tubuh selama Lebaran.

Selain bagus untuk menjaga berat badan ideal setelah puasa, jalan kaki juga bagus untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan negatif pemicu makan berlebihan. 

6. Tetaplah Berolahraga secara Rutin

Setelah bulan puasa, mulailah kembali lakukan aktivitas olahraga seperti biasanya, setidaknya 75 hingga 150 menit per minggu yang bisa dibagi dalam beberapa sesi. 

Eigerian tidak harus melakukan olahraga yang berat, pilih jenis olahraga yang disukai namun tetap lakukan secara konsisten ya agar mencapai body goals! Kamu bisa memilih olahraga seperti berenang, jogging, bersepeda, yoga, atau aerobik. 

Olahraga tetap penting ya, meskipun kamu sudah mencapai berat badan yang diimpikan. Dengan rutin berolahraga, akan membantu membakar lemak, mencegah risiko penyakit, dan menjaga berat badan tetap ideal. 

7. Jangan Mager, Aktiflah Setiap Hari

Selain berolahraga secara teratur 3 kali seminggu, sangat penting untuk tetap aktif setiap hari sebagai cara menjaga berat badan tetap ideal.  Dengan tetap aktif setiap harinya, ini akan membantu meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit dan nyeri, dan juga berdampak positif terhadap mental. 

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan agar tetap aktif setiap hari, seperti berjalan-jalan di pagi hari, bersepeda, masak, dan lainnya.

8. Selalu Usahakan Tidur Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur ternyata bisa mempengaruhi nafsu makan yang melonjak, lho. Hormon ghrelin dan leptin yang berperan dalam pengaturan rasa lapar dan kenyang, keduanya dipengaruhi oleh pola tidur. 

Setelah Lebaran, kini waktunya untuk kembali tidur cukup dan berkualitas yang membantu meredam nafsu makan berlebihan serta proses penyerapan makanan dan nutrisi berjalan lebih baik.

Baca juga: Segudang Manfaat Sayuran Hijau dan Tips Mengkonsumsinya

#MariKembali Rayakan Kebersamaan dengan Produk EIGER Adventure

Itulah beberapa tips efektif menjaga berat badan ideal setelah bulan puasa. Buang rasa malas dan get back dengan konsisten terapkan gaya hidup sehat yang berdampak baik terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. 

Satu hal lagi, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi selalu perhatikan kondisi tubuhmu dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika diperlukan. 

Jika perlu belanja segala keperluan untuk Lebaran atau berbagai item yang menunjang gaya hidup sehatmu seperti pakaian, sandal, sepatu atau tas, langsung saja cek koleksi lengkapnya di website resmi Eiger. Selain dari website, kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa cek persediaan dan belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Kini, kita bisa belanja online dengan praktis, jaminan produk original, banyak metode pembayaran, dan dapatkan keuntungan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. 

Yuk segera borong kebutuhan Lebaranmu sebelum kehabisan! #MariKembali Rayakan Kebersamaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru