HomeTips & TrickMountaineeringUrutan Tertinggi 6 Gunung di Bali, Jadi Destinasi Pendakian!

Urutan Tertinggi 6 Gunung di Bali, Jadi Destinasi Pendakian!

Kaya akan pesona alam, budaya, dan sejarahnya yang memukau, Pulau Dewata Bali juga menjadi tempat beberapa gunung favorit pendaki berada. Buat Eigerian yang suka mengeksplor ketinggian di berbagai wilayah Indonesia, gunung di Bali jadi rekomendasi terbaik untuk aktivitas hiking lho.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas daftar gunung di bali diurutkan dari yang tertinggi beserta keunikan pesona masing-masing gunung. Penasaran apa saja rekomendasi gunung d di Bali yang selalu jadi pilihan para pendaki? Ayo, lihat daftar lengkapnya berikut ini.

Daftar Urutan Gunung Pendakian Tertinggi di Bali

1. Gunung Agung (3.142 mdpl)

Pertama, gunung yang dianggap paling suci di Pulau Bali ini memiliki ketinggian mencapai 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bagi kamu yang sudah berpengalaman mendaki dan menyukai ketinggian, sekali seumur hidup, setidaknya Gunung Agung bisa menjadi bucket list destinasi gunung pendakian favorit yang dikunjungi. 

Gunung tertinggi di Bali ini juga salah satu gunung berapi aktif. Puncak Gunung Agung yang disebut Pura Besakih, merupakan tempat pemujaan yang sakral bagi umat Hindu Bali. 

Menurut catatan aktivitas vulkanisnya, meskipun pernah meletus pada tahun 1963, Gunung Agung kini sedang tidur, namun perlu tetap memantau aktivitas vulkaniknya saat akan mendaki.

Ada tiga jalur pendakian Gunung Agung yang meliputi jalur selatan (mulai dari Selat, Kabupaten Karangasem), jalur tenggara (Budakeling melalui Nangka), dan jalur barat daya (dari Pura Besakih).

Gambar Gunung Agung. Sumber: Dokumentasi Kompas.com

2. Gunung Batukaru (2.276 mdpl)

Berikutnya, gunung tertinggi kedua di Bali bernama Gunung Batukaru (dibaca: Batukau) ini memiliki ketinggian sekitar 2.276 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Dimana lokasi Gunung Batukaru? Gunung ini terletak di Kabupaten Tabanan yang merupakan puncak tertinggi kawasan vulkanik Bedugul yang sudah tidak aktif lagi. Selama hiking, pendaki dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset Gunung Batukaru yang super indah. 

Beberapa tempat di kawasan Gunung Batukaru, termasuk hutan lebat dan tanah pertanian warga yang diyakini memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi masyarakat Bali. 

Butuh waktu sekitar 4 jam trekking untuk mencapai puncaknya. Puncak Gunung Batukaru dianggap sebagai tempat yang sakral dan dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dalam kepercayaan Hindu Bali dan menjadi lokasi Pura Luhur Batukaru.

3. Gunung Abang (2.151 mdpl)

Fakta menarik, gunung tertinggi ketiga di Bali ini merupakan titik tertinggi di tepi kaldera Batur yang berada di ketinggian 2.151 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dulunya gunung ini adalah bagian dari Gunung Batur yang asli, namun pasca letusan dahsyat pada zaman prasejarah, yang tersisa hanya kaldera besar dan kerucut kecil. 

Gunung Abang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan menjadi tujuan favorit para pendaki dan pecinta alam. Terdapat berbagai jalur pendakian Gunung Abang yang bisa dipilih pendaki sesuai dengan tingkat kesulitan dan pengalaman pendaki. 

Trekking di lereng-lerengnya yang hijau adalah pengalaman yang sangat memuaskan, sehingga para pendaki bisa leluasa berinteraksi dengan alam sekitar.

Gambar Gunung Abang. Sumber: Shutterstock

4. Gunung Catur (2.096 mdpl)

Eigerian bisa agendakan mendaki ke Gunung Catur saat singgah di Pulau Bali, tepatnya di kawasan Bedugul. Gunung ini letaknya di sebelah timur Danau Bratan dan puncaknya berada di ketinggian 2.096 mdpl. Meski tertutupi hutan lebat, Gunung Catur memiliki jalur pendakian yang relatif mudah dan aman bagi pemula. 

Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak jika trekking start dari Gua Jepang. Dari puncaknya, Eigerian dapat melihat panorama alam yang membentang luas dan indah. Gunung ini adalah pilihan tepat bagi pendaki pemula yang ingin menikmati keindahan alam Bali. 

5. Gunung Sanghyang (2.087 mdpl)

Terakhir, gunung di Bali untuk didaki yang bisa Eigerian jelajahi adalah Gunung Sanghyang di kawasan vulkanik Bedugul. Gunung ini tidak terlalu tinggi sehingga sangat ramah untuk pendaki pemula. 

Meskipun Gunung Sanghyang tidak setinggi gunung-gunung lainnya di Pulau Bali, Gunung Sanghyang menawarkan pesona alam yang menarik. Selain view-nya yang memanjakan mata, pendaki dapat menikmati hutan tropis dan udara segar di sekitarnya.

6. Gunung Batur (1.717 mdpl)

Gambar Sunrise Gunung Batur. Sumber: Pixabay

Next, destinasi pendakian populer di Pulau Bali adalah Gunung Batur yang dikenal memiliki beberapa kawah dan kawasannya mencakup keseluruhan kaldera. Batur letaknya di dalam kaldera besar yang merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi prasejarah yang dahsyat dan pernah mencapai ketinggian lebih dari 4.000 mdpl.

Hingga saat ini Gunung Batur masih aktif dan dalam dua abad terakhir sudah erupsi lebih dari 20 kali, termasuk terakhir pada tahun 1963 (tahun yang sama dengan letusan Gunung Agung). 

Cukup dengan trekking selama dua jam, pendaki bisa langsung mencapai puncak Batur sembari menyaksikan indahnya matahari terbit, menghirup udara segar, dan mendengarkan suara alam. Dengan latar belakang Gunung Abang dan Danau Batur, benar-benar paduan sempurna menikmati sunrise di Batur. 

Baca juga: 10 Cara Memilih Carrier untuk Mendaki Gunung untuk Mendaki Gunung Agar Tidak Salah Pilih

Yuk Mendaki Gunung-Gunung di Bali dan Indonesia Bersama EIGER!

Nah, itulah daftar rekomendasi pendakian gunung di Bali yang bisa Eigerian jelajahi bersama kawan-kawan. Dari rekomendasi tempat pendakian di atas, gunung manakah yang paling Eigerian datangi?

Tentunya jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan saat akan hiking ya! Supaya perjalanan mendakimu tetap aman dan nyaman. 

Bagi Eigerian yang sedang mencari perlengkapan mountaineering, kamu bisa bisa dapatkan dengan berbelanja di EIGER. Barang-barang seperti tas, ransel, topi, kacamata, kaos, celana, serta aksesoris lainnya bisa kamu dapatkan di situs resmi EIGER Adventure Official. 

Selain mengunjungi website resmi Eiger, Eigerian juga bisa langsung datang ke EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Atau supaya lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa belanja lewat aplikasi dari smartphone. 

Install sekarang mobile apps EIGER Adventure yang bisa didownload di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Di aplikasi mobile milik EIGER ini, Eigerian bisa melihat katalog produk dan belanja produk incaranmu!

Produk mountaineering tersedia lebih lengkap, jaminan produk original, ada banyak promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Tak perlu pikir panjang, cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru