HomeTips & TrickMountaineeringMenjaga Kebersihan Tubuh Saat Mendaki Gunung dengan Cara Berikut

Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Mendaki Gunung dengan Cara Berikut

Siapa bilang pendaki gunung itu jorok dan bau? Semua itu balik lagi ke individunya masing-masing, lho Eigerian. Yuk cek cara menjaga kebersihan tubuh lewat artikel berikut ini!

Meski mendaki gunung kita tidak bisa mandi dengan bebas karena keterbatasan sarana dan sumber air, tetapi kita tetap bisa menjaga badan agar tetap bersih dengan cara di bawah ini. Buat kamu para pendaki, wajib baca supaya tetap bersih dan wangi.

Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Mendaki Gunung

1. Biasakan memotong kuku sebelum mendaki

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak lupa untuk memotong kuku sebelum mendaki gunung. Seringkali hal seperti ini terlupakan oleh banyak orang, padahal memotong kuku merupakan kebiasaan kecil yang berdampak besar terhadap kebersihan dan kesehatan diri.

Memotong kuku sebelum mendaki gunung sangatlah penting karena biasanya area tangan kerap kali mengalami kotor ketika mendaki, apalagi jika sampai ada tanah atau pun kotoran yang menempel pada bawah kuku. Oleh sebab itu, pastikan bahwa sebelumnya kamu sudah memotong kuku sebelum melakukan aktivitas pendakian.

2. Bawa alat kebersihan pribadi

Meski sulit menemukan sumber air selama pendakian, setidaknya kamu telah mempersiapkan alat-alat kebersihan pribadi. Beberapa produk kebersihan juga sudah dilengkapi dengan bahan antiseptik yang dapat melindungi tubuh dari kuman dan bakteri.

3. Manfaatkan sumber air yang ditemukan untuk mandi

Jika menemukan sumber air seperti sungai yang mengalir, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mandi. Walaupun hanya menggunakan air, mandi dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk pada kulit.

Penting untuk diingat bahwa saat mandi di sumber air, hindari penggunaan sabun untuk menjaga kelestarian alam.

4. Jangan lupa bawa pakaian ganti secukupnya

Gantilah pakaian kotor dengan yang bersih untuk menjaga kebersihan tubuh. Sebelum mengganti pakaian, bersihkan tubuh terlebih dahulu dengan lap. Pastikan untuk membawa pakaian lebih yang mudah kering dan ringan agar tidak memakan tempat di carrier kamu.

Selain itu, rutinlah mengganti pakaian dalam supaya organ intim tetap bersih. Ketika tubuh bersih, pasti jadi nyaman dan pastinya lebih sehat, kan?

5. Buang air kecil dan besar dengan tepat

Urusan buang air kecil dan besar ini memang tidak boleh sembarangan, Eigerian. Pastikan untuk melakukan kegiatan ini di tempat yang aman dan nyaman. Pilih lokasi yang jauh dari tenda dan bukan di jalan setapak untuk jalur pendakian.

Buat lubang yang cukup dalam dengan menggali tanah dan jangan lupa untuk menutup kembali lubang tersebut. Ingat, jangan meninggalkan jejak apa pun, ya!

6. Gunakan penutup kepala, buff, atau bandana untuk menjaga kebersihan tubuh

Selama pendakian, pasti kamu sering terpapar sinar matahari, serta terkena debu dan tanah. Untuk memberikan perlindungan ekstra ke kulit kamu, jangan lupa untuk menggunakan penutup kepala, buff, dan kacamata, ya Eigerian.

7. Selalu mencuci tangan sebelum makan dan minum

Seringkali pendaki lupa untuk mencuci tangannya saat makan dan minum sehingga akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk, lho. Oleh karena itu, apabila menemukan sumber air, jangan lupa cuci tangan agar tetap bersih ya, Eigerian.

Mandi di Gunung itu Ribet? Ayo, Ikuti Tipsnya!

Dengan segala keterbatasan dan didukung dengan cuaca gunung yang dingin, banyak pendaki memilih untuk tidak mandi meski kondisi tubuh berkeringat dan kotor.

Nah, ada baiknya kamu tetap membersihkan tubuh yang kotor dengan cara dilap dengan kain bersih atau mandi jika bertemu dengan sumber air. Lalu, bagaimana caranya?

1. Cari sungai terdekat untuk mandi. Hindari gunakan sabun atau sampo agar kelestarian sungai tetap terjaga.

2. Jika kamu tidak bertemu dengan sungai, maka kamu bisa mendirikan kamar mandi darurat menggunakan flysheet atau EIGER Multi Hut Tent.

3. Pilihlah waktu mandi yang nyaman, seperti siang hari dan cuaca yang tidak terlalu dingin.

4. Keringkan badan dengan handuk microfiber yang memiliki daya serap yang tinggi.

5. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mengelap badan dengan kain basah. Hindari mengelap badan menggunakan tisu basah karena akan menimbun sampah.

Baca Juga: Gunung Bukan Tempat Sampah, Yuk Jaga Kebersihanya!

Mendaki gunung tentunya juga perlu memperhatikan kebersihan diri secara maksimal. Jangan sampai justru mengabaikan kebersihan diri pada saat mendaki, sehingga bisa mengakibatkan masalah kesehatan lainnya. Jangan sampai malas dalam membersihkan diri ketika mendaki gunung!

Yuk cek berbagai kebutuhan mountaineering lainya lewat website resmi eigeradventure.com dan store EIGER terdekat favoritmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru