HomeTips & TrickMountaineeringGunung Bukan Tempat Sampah, Yuk Jaga Kebersihanya!

Gunung Bukan Tempat Sampah, Yuk Jaga Kebersihanya!

Eigerian, kapan terakhir kamu mendaki? Gunung apa yang jadi favoritmu? apapun jawabannya yang terpenting adalah menjaga kebersihan gunung. Selama pendakian hingga akhirnya kamu turun gunung harus selalu jaga kebersihan dan lingkungan ya karena gunung bukan tempat sampah. 

Yuk cari tahu cara jadi pendaki yang bijak dengan menjaga lingkungan sekitar. 

Gunung Bukan Tempat Sampah, Jangan Kotori! 

Tinggalkan kebiasaan buruk membuang sampah di gunung. Membuang sampah di gunung sangat berdampak buruk pada lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari membuang sampah di gunung:

1. Merusak Keindahan Alam

Sampah yang dibuang di gunung dapat mengganggu keindahan alam dan merusak pemandangan yang indah. Hal ini juga dapat mengurangi daya tarik wisata gunung.

2. Mengancam Keberadaan Flora dan Fauna

Sampah yang tidak terurai dapat mengancam keberadaan flora dan fauna di sekitar gunung. Banyak hewan yang bisa tertarik ke sampah dan bisa terluka atau mati setelah memakan atau terjebak di dalamnya.

3. Mencemari Air dan Tanah

Sampah yang terbuang di gunung bisa mencemari air dan tanah di sekitarnya. Ini bisa membuat air di sumber air atau sungai menjadi tidak layak dikonsumsi oleh manusia dan hewan.

4. Menimbulkan Bahaya Kebakaran

Sampah yang dibuang di gunung bisa menjadi bahan bakar untuk kebakaran yang sangat sulit dikendalikan. Hal ini dapat mengancam keselamatan pendaki dan merusak ekosistem di sekitar gunung.

5. Merusak Kesehatan Manusia

Sampah yang terbuang di gunung bisa menghasilkan bau tidak sedap dan menarik hewan seperti tikus dan serangga. Hal ini bisa menjadi tempat perkembangbiakan penyakit dan bisa mengancam kesehatan manusia.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan gunung dan tidak membuang sampah di sana. Ada berbagai cara mudah agar kita terhindar dari mengotori gunung. Ingat ya Eigerian, gunung bukan tempat sampah. Jaga keindahan alam dan lingkunganya agar kita bisa terus menikmatinya sampai anak, cucu nanti.

Tips Jaga Kebersihan Gunung Saat Mendaki! 

Gunung merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat berharga dan seharusnya kita menjaganya dengan baik. Gunung bukanlah tempat sampah, melainkan tempat yang harus kita jaga kebersihannya.

Sebagai pendaki, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan gunung dan tidak meninggalkan sampah di sana.

 Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pendaki yang bertanggung jawab:

1. Bawa Kantong Plastik Khusus

Bawa kantong plastik atau tas khusus untuk membawa sampah. Jangan membuang sampah sembarangan, taruhlah sampah pada tas atau kantong plastik yang telah disiapkan.

Bawa kembali plastik berisi sampah saat turun gunung. Jangan lupa buang pada tempat sampah yang tersedia. Kamu bisa membagi membawa sampah dengan rekanmu Eigerian. 

2. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jangan membuang sampah di area perkemahan atau di sekitar air terjun. Buatlah lubang kecil dan buanglah sampah ke dalamnya. Setelah itu kamu bisa tutup dengan tanah dan batu agar tidak menarik binatang liar. 

Sampah yang terbuang sembarangan juga bisa mengancam keselamatan dan kesehatan manusia. Beberapa kasus tertentu terjadi, di mana pendaki terluka atau jatuh karena tersandung atau tergelincir pada sampah yang tidak diproses dengan benar.

3. Jangan Tinggalkan Makanan

Bersihkan sisa-sisa makanan dan bekas minuman setelah makan. Jangan meninggalkan sisa makanan atau bekas minuman yang dapat menarik hewan liar dan merusak lingkungan sekitar.

Sampah makanan atau minuman  yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan kontaminasi air dan tanah. Hal ini juga bisa merusak habitat satwa liar dan fauna di sekitar jalur pendakian, serta mengurangi keindahan alam di sekitar. 

4. Jangan Rusak Alam Sekitar

Dilarang memetik bunga atau merusak tanaman di sekitar jalur pendakian. Memetik bunga atau merusak tanaman bisa berdampak buruk pada ekosistem dan keberlangsungan hidup flora dan fauna di area tersebut.

Beberapa tanaman mungkin menjadi spesies langka atau terancam punah, sehingga perusakan atau pemetikan tanaman tersebut bisa menyebabkan kerugian yang signifikan. 

5. Bawa Air yang Cukup 

Bawa air secukupnya. Jangan membuang sampah pada sumber air atau mengambil air langsung dari sumber air. Membawa air yang cukup saat melakukan pendakian di gunung sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah dehidrasi. 

Saat melakukan pendakian, tubuh kita akan kehilangan cairan melalui keringat dan nafas, sehingga kita harus terus mengkonsumsi air untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut.

6. Gunakan Fasilitas Toilet

Jangan buang air kecil atau besar sembarangan ya Eigerian. Saat melakukan pendakian di gunung, kita harus selalu menggunakan fasilitas toilet yang tersedia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. 

Memiliki toilet yang memadai dapat membantu mencegah kerusakan lingkungan dan membantu menjaga kebersihan jalur pendakian dan lingkungan sekitarnya.Jika tidak ada fasilitas toilet yang tersedia, buatlah lubang di tanah yang jauh dari sumber air atau perkemahan.

7. Jaga Kebersihan Bersama

Ajak teman atau rekan pendaki untuk menjaga kebersihan bersama-sama. Ingatkan mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan di gunung dan bantu untuk memungut sampah yang terlihat di sekitar jalur pendakian.

Dengan melakukan hal ini, kita dapat membantu menjaga alam di sekitar gunung tetap bersih dan sehat bagi kita semua.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menjaga kebersihan di gunung dan memberikan contoh yang baik pada pendaki lainnya untuk mengikuti hal yang sama.

Gunung bukan tempat sampah. Jadi, mari jaga kebersihan gunung dan menjadi pendaki yang bertanggung jawab. Dengan cara ini, kita dapat memastikan keindahan alam akan tetap terjaga dan generasi berikutnya dapat menikmatinya seperti yang kita lakukan saat ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Risiko Cedera Kaki Saat Pendakian Gunung

Mendaki Bersama EIGER! 

Dapatkan berbagai kebutuhan mendaki hanya di EIGER Adventure. Kamu bisa mendapatkan apparel sampai peralatan mendaki lainnya. Dapatkan peralatan yang sesuai kebutuhanmu dengan kualitas terbaik. Mulai dari apparel, tas, dan sepatu hanya di www.eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store! Dapatkan promo menarik dan keuntungan lainya. Tiap belanja di website resmi kamu juga bisa dapat kebebasan metode pembayaran loh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru