HomeTips & TrickLifestyle7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Simak Baik-Baik!

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Simak Baik-Baik!

Perubahan cuaca yang terjadi saat musim hujan membuat tubuh harus beradaptasi, sehingga hal ini bisa memengaruhi kondisi imunitas atau sistem kekebalan. Saat sistem kekebalan tubuh melemah, maka risiko serangan virus penyebab penyakit menjadi lebih besar. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan saat musim hujan supaya kita tidak mudah jatuh sakit?

Kesehatan tubuh saat musim hujan memang perlu diperhatikan bagi setiap orang, karena tubuh akan rawan terserang penyakit. Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim hujan tiba seperti demam, flu, batuk, pilek, sesak nafas, hingga demam berdarah. Tapi, bukan berarti tetap sehat selama musim hujan adalah hal yang mustahil. Simak sederet tips menjaga kesehatan saat musim hujan di bawah ini, yuk!

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

menjaga kesehatan saat musim hujan
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan saat musim hujan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Satu hal yang perlu dipahami adalah, kurangnya aktivitas fisik dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, supaya daya tahan tubuh tetap optimal, Eigerian perlu melakukan aktivitas fisik setidaknya aktivitas fisik ringan yang kamu sukai, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan lainnya selama 15–30 menit. Aktivitas fisik ini tidak hanya membuat tubuh tetap bugar, tapi juga bisa mengaktifkan sel darah putih yang berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap bakteri serta virus penyebab sakit.

2. Jaga Pola Makan

Supaya daya tahan tubuh tetap optimal, Eigerian juga perlu menjaga pola makan karena daya tahan tubuh dapat menurun jika tubuh kekurangan nutrisi. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, Eigerian perlu makan secara teratur setidaknya tiga kali sehari tanpa melewatkan aktivitas sarapan dan memperhatikan makanan yang dimakan. Eigerian juga bisa menambahkan makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, tahu, tempe di dalam menu harian. Probiotik ini adalah bakteri baik yang dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk mencegah sakit saat musim hujan, Eigerian perlu memperbanyak konsumsi cairan, setidaknya 2 liter per hari. Eigerian bisa mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau mengonsumsi teh hangat. Selain rasanya yang lezat, menghirup uap teh dan minum teh hangat juga dinilai dapat meningkatkan kinerja folikel silia rambut dalam menghilangkan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, Eigerian juga bisa menambahkan lemon dan madu ke dalam teh agar rasanya lebih nikmat.

4. Selalu Jaga Kebersihan Diri Sendiri

Kuman dan bakteri akan berkembang biak dengan leluasa saat musim hujan, karena tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Pada umumnya, kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui media tangan. Maka dari itu, pastikan diri sendiri selalu higienis dengan membiasakan mencuci tangan setiap kali baru tiba di rumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, menyentuh toilet, sebelum dan sesudah makan. Supaya kuman dan bakteri di tangan menghilang, sebaiknya cuci tangan dengan menggunakan sabun yang mengandung desinfektan, ya.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Jangan lupa untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Misalnya mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, hingga menutup penampungan air, dan memotong rumput yang terlalu rindang. Hal ini penting, mengingat lingkungan lembap, teduh, dan kotor akan menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

6. Segera Mandi Setelah Kehujanan

Tubuh manusia akan mudah terserang penyakit kalau mengalami perubahan suhu yang drastis. Maka dari itu, jika tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya Eigerian segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh hujan. Temperatur tubuh akan bertahap ke suhu normal.

7. Memakai Baju yang Hangat dan Tebal

Hindari mengenakan baju yang tipis dan transparan di musim hujan, ya! Tapi sebaiknya gunakan sweater atau cardigan yang tebal supaya kehangatan tubuh terjaga. Jangan lupa juga untuk membawa payung dan jas hujan dalam tas untuk berjaga-jaga saat bepergian.

Baca juga: Mengenal Walking Meditation, Meditasi Sambil Berjalan

Jangan Lupa Tidur Cukup dan Kelola Stress!

menjaga kesehatan saat musim hujan
Sumber: Eiger Adventure

Studi yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menyebutkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam lebih rentan tertular penyakit, dibandingkan dengan orang yang tidur selama delapan jam sehari. Jadi, supaya tidak mudah tertular penyakit dari orang-orang di sekitar, maka Eigerian perlu tidur cukup setidaknya 7–8 jam per hari.

Kemudian, agar tidak mudah tertular sakit, Eigerian juga perlu mengelola stres yang sedang dialami. Hal ini karena stres tidak hanya memengaruhi kondisi psikologis seseorang saja, melainkan juga kondisi fisiologis, seperti membuat seseorang gelisah, jantung berdebar, dan mudah lelah. Eigerian bisa mengelola stres dengan melakukan hal-hal menyenangkan seperti belanja, menonton film, jalan-jalan, yoga, dan aktivitas lain yang disukai.

Bagi Eigerian yang butuh belanja, di bawah ini ada beberapa rekomendasi outfit yang nyaman dipakai saat musim hujan:

1. EIGER VELOUR TRACK JACKET

menjaga kesehatan saat musim hujan

Velour Track Jacket bisa menjadi pilihan sempurna untuk menemanimu saat musim hujan. Terbuat dari bahan yang halus, track jacket yang nyaman dan hangat ini menemanimu baik saat bergerak aktif maupun bersantai. Materialnya adalah 73% Polyester dan 37% Cotton. Selain bahan yang nyaman dan hangat, jaket ini dilengkapi dengan fitur full zip di bagian depanm 2 saku tangan, kerah stand-up model rib, serta bagian ujung lengan dan ujung bawah jaket model rib.

2. EIGER ZION SWEATSHIRT

menjaga kesehatan saat musim hujan

Eigerian akan tetap merasa hangat dalam tampilan kasual memakai sweater Zion. Sweater yang terbuat dari bahan katun ini dirancang dengan logo bordir EIGER di bagian depan, serta dilengkapi dengan detail rib pada ujung lengan dan badan. 

3. EIGER X AMECA SWEATSHIRT

menjaga kesehatan saat musim hujan

Sweatshirt Ameca juga hadir untuk melengkapi tampilanmu saat cuaca dingin. Dirancang dengan sablon grafis logo EIGER di bagian depan, sweater ini memiliki detail rib pada ujung lengan dan ujung badan. Materialnya adalah Baby Terry, dengan fitur kerah corong, lengan panjang, dijamin ini bisa jadi outfit terbaik saat musim hujan.

4. EIGER VERGE SWEATPANTS

menjaga kesehatan saat musim hujan

Verge Sweatpants siap mendukungmu saat beraktivitas di musim hujan dengan bahannya yang nyaman. Dengan fitur gusset pada selangkangan, celana ini juga menawarkan hal yang benar-benar Eigerian butuhkan saat beraktivitas, yaitu keleluasaan bergerak. Materialnya adalah 55% Cotton dan 45% Polyester.

Baca juga: 11 Pilihan Pakaian Musim Hujan untuk Menangkal Dingin

5. EIGER ETHNIC PATTERN BEANIES WS

menjaga kesehatan saat musim hujan

Beanie Ethnic Pattern WS terbuat dari bahan akrilik rajut yang menjaga kepalamu tetap hangat dalam kondisi cuaca dingin. Dirancang dengan corak etnik, beanie ini akan melengkapi penampilanmu saat berpetualang.

Selain pilihan pakaian yang cocok untuk musim hujan di atas, Eigerian juga dapat menemukan berbagai koleksi produk original dari EIGER lainnya melalui website resmi Eiger Adventure. Dengan berbelanja melalui situs resminya, Eigerian akan mendapatkan jaminan kualitas produk original dengan harga terbaik, gratis ongkir seluruh Indonesia, dan promo-promo menarik lainnya. Cek produknya sekarang dan temukan yang paling sesuai dengan gayamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru