HomeProduct ReviewProduct HighlightMengenal Flora dan Fauna Indonesia di 15 Taman Nasional

Mengenal Flora dan Fauna Indonesia di 15 Taman Nasional

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati pada 5 November menjadi momen yang tepat untuk mempelajari flora dan fauna Indonesia. 

Peringatan HCPSN bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pelestarian, kepedulian, rasa cinta, serta kebanggan terhadap flora dan fauna Indonesia.

Nah, salah satu tempat dengan ekosistem asli bagi kehidupan flora dan fauna adalah Taman Nasional.

Sebagai kawasan pelestarian alam, Taman Nasional dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan ilmu pengetahuan, penelitian, pendidikan, budidaya, pariwisata, hingga rekreasi.

Di Indonesia, ada 54 Taman Nasional yang tersebar di Pulau Maluku dan Papua, Sulawesi, Jawa, Sumatra, Bali dan Nusa Tenggara, serta Kalimantan. 

Sebagai bentuk dukungan terhadap Taman Nasional di Indonesia, kamu dapat membeli produk kolaborasi EIGER 1989 X Taman Nasional Collection. Ada kaus dan tumbler dengan grafis yang menggambarkan keunikan setiap Taman Nasional. 

Pada setiap pembelian koleksi limited edition ini, kamu akan mendapatkan kemasan pouch serut yang bisa digunakan kembali. 

Mempelajari Flora dan Fauna Indonesia yang Ada di Taman Nasional

Kolaborasi ini menghasilkan 54 koleksi berupa kaus dan botol minum yang didesain mewakili setiap Taman Nasional. 

Untuk kausnya sendiri terbuat dari bahan katun dengan kerah corong, sablon grafis water-based, serta patch serial Taman Nasional. 

Sementara tumbler dalam koleksi ini terbuat dari bahan stainless steel dan polypropylene yang bebas dari BPA. Botol minum ini bisa menjaga minuman di dalamnya tetap panas hingga enam jam atau air dingin sampai 12 jam. 

Berikut beberapa produk kolaborasi EIGER dengan Taman Nasional yang bisa kamu koleksi: 

1. Taman Nasional Sembilang

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Sembilang (TNS) terletak di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Ada beberapa flora yang bisa ditemukan di TNS, seperti nipah, cemara laut, jelutung, pandan, menggeris, dan gelam tikus. 

Untuk fauna, terdapat harimau Sumatra, gajah Sumatra, kucing mas, rusa sambar, lumba-lumba tanpa sirip punggung, dan burung biru laut ekor hitam. 

Salah satu kegiatan favorit di TNS ialah menyusuri hutan bakau sekaligus memandangi flora dan fauna dari dekat hutan. 

Dalam koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, digambarkan keindahan hutan bakau, area rawa, sungai, dan burung-burung yang bermigrasi ke Taman Nasional Sembilang. 

2. Taman Nasional Kepulauan Seribu

DKI Jakarta juga punya kawasan pelestarian alam, lho. Namanya Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) yang dikenal dengan ekosistem bawah laut yang beragam. 

TNKpS juga menjadi habitat alami penyu sisik yang digambarkan dengan apik pada koleksi kaus dan tumbler koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional. 

Di taman nasional ini tumbuh berbagai flora seperti kelapa, mengkudu, sukun, kecundang, cemara laut, hingga aneka ganggang.

Beberapa kegiatan favorit di TNKpS yaitu snorkeling di Pulau Jukung, memancing di Pulau Belanda atau mengunjungi tempat bersejarah di Pulau Onrust.

3. Taman Nasional Berbak

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi Taman Nasional Berbak

Taman Nasional Berbak (TNB) di Jambi merupakan kawasan pelestarian alam yang cukup unik. Area ini terbentuk dari gabungan hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar.

Meski didominasi tumbuhan palem, di TNB juga terdapat berbagai flora seperti pohon nibung, rotan, bakung, meranti, dan nipah.

Ada beberapa spesies fauna seperti badak Sumatra, harimau Sumatra, beruang madu, macan dahan, binturong muntu,  dan musang leher kuning.

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, digambarkan keindahan alam TNB dengan kombinasi rawa gambut dan hutan rawa air tawar. 

Tertarik mengunjungi Taman Nasional Berbak? Kamu bisa menggunakan kaus dan membawa tumbler dari koleksi ini agar perjalananmu jadi semakin seru. 

4. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi TN Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) di Jawa Barat dikenal memiliki beberapa puncak gunung yang membentang di sepanjang kawasan.

Ada Gunung Halimun Utara, Gunung Halimun Selatan, Gunung Salak Puncak 1, Gunung Salak Puncak 2, Gunung Sanggabuana, dan Gunung Botol.

Di TNGHS, kamu bisa menemukan flora unik seperti pohon rasamala, pakis sarang burung, riung anak, ki putri, dan bunga bangkai. 

Fauna di Taman Nasional ini antara lain macan tutul Jawa, owa Jawa, gelatik Jawa, elang Jawa, dan celepuk Jawa. 

Pada kaus dan tumbler koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional menampilkan keindahan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna, termasuk elang Jawa. 

5. Taman Nasional Bukit Duabelas

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi TN Bukit Duabelas

Apakah Eigerian ada yang sudah pernah mengunjungi Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD)? Taman Nasional di Pulau Sumatra ini terkenal dengan pohon sialang yang jadi rumah lebah madu hutan.

Spesies satwa langka juga banyak ditemukan di TNBD. Beberapa di antaranya yaitu beruang madu, macan dahan, kucing hutan, kijang, kelinci Sumatra, rusa sambar, elang ular bido, dan  kambing hutan. 

Selain flora dan fauna Indonesia, TNBD juga dikenal dengan keberadaan Orang Rimba. Mereka hidup di kawasan taman nasional ini dan masih menerapkan pola berpindah atau nomaden. 

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, ditampilkan keindahan hutan hujan tropis dataran rendah dan pohon sialang yang merupakan habitat alami Orang Rimba. 

6. Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Flora dan fauna Indonesia di TN Bukit Tigapuluh

Terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Riau, ada Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dengan segala keunikannya. 

Kawasan ini kaya akan fauna seperti rotan, meranti, kembas, dan nibung, sejenis palem liar yang tingginya mencapai 20-30 meter. Juga ada palem darah naga dan bunga raflesia. 

Untuk satwa liar, ada harimau Sumatra, macan dahan, gajah Sumatra, tapir Asia, lutung, orangutan Sumatra, badak Sumatra, beruang madu, dan rangkong.

Keindahan pemandangan air terjun Denalo dan keanekaragaman flora dan fauna Indonesia tertuang dalam desain produk kolaborasi EIGER 1989 X Taman Nasional. 

7. Taman Nasional Gunung Ciremai

Eigerian yang sering mendaki gunung tentu sudah tak asing dengan nama Gunung Ciremai ya? Gunung tertinggi di Jawa Barat ini terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). 

Selain mendaki gunung, Eigerian juga dapat mengamati berbagai tumbuhan yang ada di kawasan ini. Mulai dari mara, mareme, huru, ki sapu, saninten, bingbin, pandan gunung, hingga jamuju. 

Kamu juga bisa menemukan fauna langka seperti macan kumbang dan elang Jawa. Ada pula ular sanca, lutung budeng, kukang Jawa, celepuk Jawa, ciung mungkal Jawa, kijang, dan kera ekor panjang. 

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional ini memiliki ilustrasi grafis berupa kemegahan Gunung Ciremai, jernihnya Curug Putri, dan satwa ikonik macan tutul Jawa. 

8. Taman Nasional Way Kambas

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi TN Way Kambas

Mendengar nama Taman Nasional Way Kambas (TNWK) tentunya tak bisa lepas dari keberadaan gajah. Memang kawasan ini merupakan tempat konservasi gajah Sumatra yang merupakan hewan asli Pulau Sumatra.

Kawasan ini juga menjadi habitat alami bagi berbagai flora dan fauna Indonesia. Di TNWK, kamu bisa melihat flora seperti beringin hutan, meranti,  sempur, puspa, damar, aren, dan waru. 

Untuk fauna, terdapat beberapa spesies endemik dan langka seperti lutung merah, owa, beruk, siamang, badak Sumatra, harimau Sumatra, dan gajah Sumatra. 

Pesona alam TNWK, gajah Sumatra, bunga edelweis, dan pemandangan Gunung Merbabu ditampilkan dalam desain produk kolaborasi EIGER 1989 X Taman Nasional. 

9. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Tertarik melihat hewan endemik gajah Sumatra, badak Sumatra, dan harimau Sumatra? Eigerian dapat mengunjungi habitat aslinya di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 

Selain satwa yang terancam punah tersebut, ada pula beruang madu, lutung, kambing hutan, beruk, rangkong, ular sanca, dan penyu sisik. 

Sementara untuk flora, terdapat damar, meranti, cemara laut, nipah, jamur merah, kantong semar, mengkudu, anggrek raksasa, dan bunga bangkai raksasa. 

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, ditampilkan ilustrasi yang identik dengan TNBBS. Di antaranya keindahan hutan hujan tropis, beruang madu, dan keunikan bunga bangkai. 

10. Taman Nasional Lorentz 

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi TN Lorentz

Taman Nasional Lorentz (TNL) di Papua merupakan Taman Nasional terluas di Asia Tenggara. Di sana, flora yang tumbuh cukup beragam, mulai dari nipah, pandan, sarang semut, bakau, hingga pohon sagu. 

Sementara untuk fauna terdapat babi duri moncong pendek, kanguru pohon, kasuari, walabi cokelat, burung madu, burung udang, ular sanca bulan, kura-kura moncong babi, puyuh salju, dan cendrawasih ekor panjang. 

Kagum dengan keindahan alam TNL? Kamu bisa mendapatkan produk kolaborasi EIGER 1989 X Taman Nasional yang menampilkan grafis pemandangan TNL lengkap dengan satwa khasnya, yaitu kanguru pohon. 

11. Taman Nasional Ujung Kulon 

Apakah Eigerian tahu bahwa satwa endemik badak bercula satu atau badak Jawa kini statusnya terancam punah? Nah, satu-satunya habitat asli hewan ini ialah Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Provinsi Banten. 

Di kawasan ini juga bisa ditemukan owa Jawa, surili, anjing hutan, kucing hutan, luwak, banteng, bajing tanah, trenggiling, burung engggang, cekakak, dan ayam hutan. 

Selain fauna, ada beberapa jenis flora meliputi katang-katang, kanyere laut, jukut kiara, pandan duri, waru laut, ketapang, pohon bintaro, nyamplung, pohpohan, dan cantigi laut.  

Perpaduan keindahan alam dengan keanekaragaman hayati TNUK telah dituangkan dalam desain yang menarik pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional. 

12. Taman Nasional Bunaken

Koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional  edisi TN Bunaken

Taman Nasional Bunaken (TNB) di Sulawesi selama ini dikenal dengan pesona bawah lautnya yang menakjubkan. 

Pengunjung bisa melihat berbagai jenis karang, alga, rumput laut, bakau, dan flora daratan seperti kelapa, sagu, woka, palem, mangga, pisang, dan silar. 

Fauna khas kawasan ini yaitu penyu hijau, penyu belimbing, ikan duyung, kima raksasa, burung camar, ular hijau, monyet hitam Sulawesi,  babi Sulawesi, tarsius, dan berbagai jenis moluska. 

Selain mengamati flora dan fauna, kamu juga bisa mencoba menyelam di Pulau Bunaken atau mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Manado Tua, Pulau Nain, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen. 

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, kamu dapat melihat gambaran pemandangan bawah laut Bunaken dengan beragam terumbu karang dan biota lautnya. 

13. Taman Nasional Komodo

Kawasan Taman Nasional Komodo berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Seperti namanya, taman nasional ini merupakan habitat satwa endemik komodo.

Selain komodo, masih ada banyak satwa liar lain seperti ular kobra, elang tutul, burung gosong, ayam hutan, ular pohon hijau, monyet ekor panjang, dan kakatua jambul kuning. 

Untuk tumbuhan, dapat ditemukan rotan, kepuh, asam, bambu, bidara, lontar, dan berbagai jenis bakau. 

Di Taman Nasional Komodo, Eigerian juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang tersebar di area Pulau Rinca, Pantai Pink, Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Kalong, Gili Lawa. 

Produk kolaborasi EIGER 1989 X Taman Nasional  juga menampilkan keindahan panorama TNK dan tentunya ilustrasi komodo yang ikonik. Kamu juga bisa lho menggunakan kaus dari koleksi ini saat mengunjungi Taman Nasional Komodo. 

14. Taman Nasional Kerinci Seblat

Flora dan fauna Indonesia di TN Kerinci Seblat

Eigerian tentu sudah tidak asing dengan nama bunga bangkai, kan? Nah, salah satu tempat untuk melihatnya secara langsung adalah di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

Di sana, terdapat dua jenis bungkai bangkai yaitu Rafflesia arnoldii dan Amorphophalus titanum (bunga bangka raksasa). Selain itu, terdapat tanaman edelweis, kantong semar, dan 300 jenis anggrek yang tumbuh di TNKS. 

Adapun satwa endemik yang hidup di TNKS yaitu harimau Sumatra, kelinci Sumatra, gajah Sumatra, dan badak Sumatra.

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional, ditampilkan pemandangan puncak Gunung Kerinci yang jadi habitat harimau Sumatra dan sang primadona yaitu bunga bangkai. 

15. Taman Nasional Gunung Rinjani 

Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan wisata alam, di Lombok juga ada Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dengan kawasan seluas 40 ribu hektare.

Di sana, Eigerian bisa ditemukan banyak tumbuhan, mulai dari beringin, randu hutan, pala hutan, garu, jambu-jambuan, paku-pakuan, kayu jukut, sentul, dan edelweis. 

Ada juga berbagai jenis fauna yang hidup di TNGR, mulai dari babi hutan, landak, lutung, rusa, burung madu, monyet ekor panjang, dan spesies endemiknya yaitu musang Rinjani. 

Pada koleksi EIGER 1989 X Taman Nasional menampilkan ilustrasi berupa Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak yang ikonik dan satwa khasnya yaitu rusa Timor. 

Koleksi Terbatas EIGER 1989 X Taman Nasional 

Menjelang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional bisa kembali mengingatkan kita untuk lebih peduli dan mencintai flora dan fauna yang jadi kebanggaan Indonesia. 

Ayo tunjukkan rasa pedulimu terhadap kelestarian lingkungan dan segera miliki koleksi terbatas dari EIGER 1989 X Taman Nasional!

Kamu dapat memiliki kaus dan tumbler dari total 54 Taman Nasional yang ada di Indonesia, lho.

Koleksi selengkapnya bisa didapatkan di EIGER Adventure Store terdekat di kotamu, EIGER Official marketplace, dan tentunya di website resmi eigeradventure.com. Segera dapatkan produknya dan jangan sampai kehabisan ya!  

Yuk koleksi kaus dan tumbler kolaborasi ini untuk mengenal lebih jauh mengenai flora dan fauna Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru