HomeTips & TrickMountaineering2 Opsi Jalur Pendakian Gunung Semeru, Ini Penjelasannya!

2 Opsi Jalur Pendakian Gunung Semeru, Ini Penjelasannya!

Agenda mendaki gunung sudah bisa dilakukan, meski memang cuaca sering tidak terlalu mendukung. Gunung Semeru jadi salah satu tujuan untuk didaki, sebab menjanjikan banyak keindahan dan jalur yang mantap. Pendakian Gunung Semeru tentu harus disertai dengan pemahaman jalur pendakian yang ada agar kamu bisa lebih menikmati perjalanan.

Gunung Semeru sendiri menjadi gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa, yang juga cukup populer berkat menjadi latar film berjudul 5cm yang dirilis beberapa tahun yang lalu. Meski sempat sepi karena pandemi, namun kini peminat yang ada dalam kegiatan pendakian terus meningkat.

Baca Juga: 2 Opsi Jalur Pendakian Gunung Semeru, Ini Penjelasannya!

Mengenal 2 Jalur Utama Pendakian Gunung Semeru

Pendakian Gunung Semeru
Sumber: GNFI 

Hingga saat ini jalur pendakian Gunung Semeru dibagi menjadi dua kelompok besar. Pertama adalah via Watu Rejeng, dan yang kedua adalah via Ranu Pane. Keduanya menyajikan tantangan dan keindahannya masing-masing, dan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman.

1. Sekilas tentang Jalur Watu Rejeng

Jalur pendakian via Watu Rejeng sendiri direkomendasikan untuk Eigerian yang pertama kali mendaki Gunung Semeru. Jalurnya memiliki karakter relatif landai, sehingga tenaga yang digunakan tidak akan terlalu banyak.

Meski demikian jalur ini juga memiliki tantangan pada jaraknya yang lebih panjang, sehingga waktu tempuh atau pendakian yang diperlukan juga akan lebih lama. Selain itu di jalur ini Eigerian juga tidak akan menemukan banyak penunjuk arah.

Tapi tak perlu cemas, kamu tetap bisa melihat papan penanda jarak di setiap 100 meter jalur yang kamu lalui. Meski direkomendasikan untuk pemula, akan sangat lebih baik jika kamu juga mengajak seseorang yang berpengalaman dan paham benar jalur Watu Rejeng agar tidak tersesat.

2. Tentang Jalur Ranu Pane

Pendakian via Ranu Pane menjadi jalur yang lebih populer dan merupakan jalur pendakian utama. Aksesnya mudah, karena Eigerian bisa langsung menggunakan transportasi umum dan turun di Terminal Arjosari.

Lanjutkan perjalanan sampai di pertigaan Pasar Tumpang, dan kemudian gunakan mobil atau ojek yang bisa membawamu ke Desa Ranu Pane untuk menuju ke basecamp. Dari jalur ini, Eigerian akan melewati sedikitnya 4 pos.

Secara ideal waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke puncak adalah 14 jam. Selain waktu tempuh yang cukup lama, medan atau jalur yang harus dilalui juga tidak bisa dikatakan mudah. Eigerian disarankan membawa logistik yang cukup, utamanya air minum, untuk tetap menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik.

Tentu masing-masing jalur yang ada dalam pendakian Gunung Semeru memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Mempelajari masing-masing jalur ini penting, supaya kamu bisa memilih jalur sesuai dengan kemampuan, dan sampai di puncak serta turun kembali ke basecamp dengan selamat.

8 Tips Penting dalam Pendakian di Gunung Semeru

Pendakian Gunung Semeru
Sumber: Eiger Adventure

Karena jalur yang cukup panjang dan menantang, maka sederet persiapan sebaiknya dilakukan agar pendakian berjalan dengan lancar. Secara mendasar, beberapa tips ini semoga membantu Eigerian dalam pendakian yang akan dilakukan.

  • Pertama, persiapkan semua barang yang akan dibawa dan perlengkapan yang diperlukan. Mulai dari sleeping bag, jas hujan, perlengkapan makan, pakaian yang cukup hangat, logistik yang memadai, serta senter atau sumber penerangan dan pemantik untuk membuat api.
  • Kedua, rencanakan dengan baik waktu pendakian. Kamu bisa memeriksa situs resmi dari BMKG untuk melihat ramalan cuaca. Ketika sedang di musim hujan, hal ini penting agar kamu bisa menghindari prediksi badai atau hujan terlalu besar saat mendaki Gunung Semeru.
  • Ketiga, lakukan latihan fisik sebagai persiapan pendakian. Lakukan latihan beban dan kardio untuk meningkatkan kemampuan fisik. Stamina dan kekuatan sama perlunya. Perhatikan latihan untuk menguatkan otot kaki, otot inti, dan otot punggung agar kamu tidak mudah cedera.
  • Keempat, kelola waktu pendakian. Penting untuk mengelola waktu yang kamu punya supaya bisa istirahat dan melanjutkan perjalanan dengan ritme yang pas. Jangan ragu untuk merencanakan istirahat di titik strategis seperti Ranu Kumbolo, dan jadwalkan perjalanan supaya badan bisa beradaptasi dengan jalur lebih baik.
  • Kelima, ajak pendaki berpengalaman yang pernah melalui jalur pendakian Gunung Semeru yang kamu pilih. Hal ini akan menjadi sangat penting jika kamu benar-benar belum pernah mendaki gunung yang indah ini supaya mengurangi risiko tersesat pada jalur yang dilalui.
  • Keenam, jika perlu gunakan jasa porter. Porter menyediakan jasa untuk membawa barang yang ada, dan sangat bermanfaat untuk pendakian dengan kelompok yang cukup besar.
  • Ketujuh, selalu jaga kebersihan selama pendakian. Pastikan kemasan apapun yang kamu bawa selama pendakian kembali dibawa turun, sebab jika tidak lingkungan bisa jadi kotor dan kamu bisa menerima denda yang ditetapkan pengelola.
  • Kedelapan, pahami kemampuan, jangan paksakan diri untuk mencapai puncak ketika sudah benar-benar tidak kuat. Ingat, memaksakan diri dalam pendakian tidak pernah berdampak baik, untuk diri sendiri, atau kelompok yang turut dalam pendakian.

Rencanakan Pendakian dengan Matang Bersama Eiger Adventure!

Eiger Adventure sejak lama telah menjadi salah satu brand yang fokus pada produk pendukung kegiatan pendakian dan luar ruang. Beberapa produk di bawah ini bisa Eigerian gunakan untuk menunjang pendakian Gunung Semeru yang akan dilakukan, dan tentu saja masih banyak produk lain di situs resminya.

1. Trailhikers CNVRT Pant

Pendakian Gunung Semeru
Sumber: Eiger Adventure

Dengan teknologi water-repellent yang disematkan Eigerian dijamin akan mendapat dukungan penuh di bagian bawah tubuh. Nyaman dan keren, produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp639,000.

2. Mamba MId

Pendakian Gunung Semeru
Sumber: Eiger Adventure

Untuk pijakan yang kuat dan solid, Mamba Mid akan jadi solusi tepat. Kombinasi material nubuck dan cordura pada sepatu ini memberikan daya tahan yang baik selama mendakian serta pijakan mantap di setiap langkah. Harganya adalah Rp1,329,000.

3. Dickson Beanies

Pendakian Gunung Semeru
Sumber: Eiger Adventure

Untuk menghangatkan bagian kepala, produk ini bisa menjadi solusi. Dengan bahan fleece, cocok digunakan untuk pendakian di area dingin untuk melindungi kepala dari terpaan suhu rendah. Harganya adalah Rp79,000 saja.

Baca Juga: 6 Hal Penting ketika Tersesat di Gunung 

Itu tadi sekilas tentang pendakian Gunung Semeru, mengenai jalur dan tips yang bisa digunakan. Tentu, semua pendakian ini bisa didukung penuh dengan peralatan dari Eiger Adventure yang siap menemani setiap petualanganmu. Selalu pastikan membeli produknya di situs resmi Eiger Adventure, karena kamu bisa menikmati ongkir gratis, harga terbaik, jaminan produk ori, serta kemudahan dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan. Persiapkan dengan baik, dan selamat mendaki Gunung Semeru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru