HomeTips & TrickMountaineeringSiap Jelajah Hutan Belantara? Cermati 3+ Rekomendasinya!

Siap Jelajah Hutan Belantara? Cermati 3+ Rekomendasinya!

Mencintai alam bisa diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan jelajah hutan belantara. Kegiatan berpetualang ini terbukti memiliki banyak manfaat, baik secara fisik atau secara psikis.

Meski terdengar seru dan menantang, Eigerian wajib sekali untuk melakukan persiapan yang matang untuk urusan ini. Bukan hanya karena yang akan didatangi adalah alam liar yang mungkin belum kamu kenali, tapi juga berbagai risiko yang ada selama perjalanan harus disadari benar agar dampak buruknya bisa ditekan.

Baca Juga: Inilah 7 Fungsi Pisau Outdoor untuk Kegiatan di Alam Bebas

Memangnya Apa Saja Sih Manfaatnya?

Jelajah hutan belantara
Sumber: freepik.com

Jelajah hutan belantara mengharuskan Eigerian berjalan mengikuti jalur, atau mungkin bahkan membuka jalur baru dengan pemandu yang berpengalaman. Jangan salah, aktivitas yang sepertinya ringan ini bisa membuat kamu berkeringat sangat deras.

Jelas manfaat utama adalah pada kesehatan fisik, karena kamu akan bergerak secara aktif dalam jangka waktu yang lama. Di waktu yang sama, kamu juga bisa mendapatkan asupan oksigen dan udara segar yang dihasilkan oleh pepohonan.

Beberapa manfaat lain bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Kecintaan pada Alam

Ketika kamu secara rutin melakukan jelajah hutan belantara, maka perlahan kecintaanmu pada alam akan semakin besar. Kamu semakin bisa mengapresiasi keberadaan ruang terbuka hijau alami seperti ini, dan keinginanmu untuk terus melestarikannya akan tumbuh.

Kesadaran akan pentingnya alam menjadi hal mendasar yang muncul pada para penjelajah hutan, dan orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan bersentuhan langsung dengan alam.

2. Mengurangi Rasa Cemas

Vibe yang disediakan hutan belantara sangat sempurna untuk mengurangi kecemasan yang Eigerian rasakan. Kombinasi suara angin melewati daun, gemericik air, kicauan burung, suara hewan-hewan lain, seperti sesi terapi dan musik penenang untuk pikiran yang gelisah.

Kamu juga akan punya banyak waktu untuk menjauh dari hiruk pikuk perkotaan dan kegiatan yang serba punya batas waktu. Sejenak, waktu berkualitas bersama diri sendiri ini akan mengembalikan kesegaran dalam kepala. Bisa jadi sesi healing juga lho!

3. Melatih Jiwa Petualang

Sejatinya manusia adalah makhluk yang terus berpindah dan haus akan petualangan. Naluri alami ini bisa Eigerian asah ketika melakukan jelajah hutan belantara. Terus berpindah dari satu titik  ke titik lain, bahkan menjelajahi berbagai hutan yang ada di Indonesia, bisa jadi hal yang sangat seru.

Jiwa petualang ini akan membantu kamu memiliki semangat lebih besar menghadapi berbagai hal yang ada di rutinitas setiap hari.

Persiapkan Diri dengan Hal-Hal Esensial

Jelajah hutan belantara
Sumber: freepik.com

Untuk bisa melakukan penjelajah dengan lancar, ada beberapa persiapan yang sebaiknya kamu lakukan. Tidak terlalu sulit tapi penting, ini poin-poin esensialnya.

  • Jelas, lakukan persiapan fisik dan mental untuk menghadapi perjalanan
  • Cepat beradaptasi, karena suasana di dalam hutan belantara pasti berbeda dengan kehidupan yang biasa kamu jalani
  • Pelajari tentang tanaman dan hewan berbahaya yang hidup di dalam hutan tujuanmu, bersamaan dengan tanaman dan hewan yang bisa dikonsumsi untuk keadaan darurat
  • Lakukan riset tentang hutan yang akan kamu kunjungi, dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin
  • Pelajari budaya masyarakat sekitar, mitos, pantangan, dan hal penting lain terkait faktor manusia
  • Buat catatan rencana perjalanan, dan buat beberapa copy. Kamu bisa memberikan catatan ini pada orang yang kamu percaya sebagai langkah preventif jika terjadi hal darurat
  • Jangan lupa baca buku panduan penjelajahan hutan
  • Jika diperlukan, dan lebih direkomendasikan, gunakan jasa pemandu yang berpengalaman atau lakukan penjelajahan bersama teman yang sudah pernah melakukan hal ini
  • Jika masih pemula, cari medan yang lebih ringan dan waktu tempuhnya tidak terlalu lama
  • Gunakan perlengkapan dan peralatan yang berkualitas sebagai pendukung aktivitas penjelajahan ini

Rekomendasi Lokasi untuk Jelajah Hutan Belantara

Jelajah hutan belantara
Sumber: ksdae.menlhk.go.id

Indonesia sendiri adalah negara tropis, yang dikaruniai dengan hutan belantara yang lebat. Hampir di setiap pulau besar di Indonesia terdapat hutan yang bisa dijelajahi, dan menjadi spot menarik untuk kegiatan ini.

Beberapa yang banyak menjadi destinasi penjelajah adalah sebagai berikut.

1. Hutan Lore Rindu

Lokasinya ada di dekat kota Palu, tepatnya berjarak sekitar 50 kilometer. Kamu bisa menaiki kuda dalam penjelajah ini, atau berjalan kaki. Dua metode ini sama-sama menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan, kombinasi variasi tanaman dan pemandangan batuan megalitikum yang indah.

2. Hutan Afrak

Lokasinya ada di Papua Barat, dan sudah menarik banyak wisatawan lokal hingga asing. Area hutan ini dianggap sempurna untuk melihat berbagai satwa liar yang jarang ditemukan di tempat lain. Lebih direkomendasikan Eigerian melakukan perjalanan di malam hari, dengan bantuan penduduk lokal sebagai pemandunya.

3. Hutan Kayan Mentarang

Kali ini meloncat ke Kalimantan, hutan Kayan Mentarang memiliki banyak satwa langka yang jika beruntung bisa kamu temukan. Mulai dari macan dahan, beruang madu, lutung dahi putih, hingga banteng. Tapi kamu harus ingat jika hutan ini juga jadi area penting untuk beberapa suku Dayak yang tinggal di sekitarnya. Jadi jangan lupa untuk menyapa masyarakat asli, dan jika perlu minta bantuan sebagai pemandu.

Selain hutan-hutan di atas kamu juga bisa mencoba hutan Halimun Salak, hutan Bukit Bingkarai, dan beberapa hutan besar lain yang ada di Indonesia.

Jangan Lupa Lengkapi Diri dengan Perlengkapan Berkualitas

Perlengkapan yang digunakan jelas akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa yang ada di bawah ini bisa jadi acuan, sementara kamu juga bisa mencari lebih banyak opsi pada situs resmi Eiger Adventure.

Eiger Outland X28 Pro Pants

Jelajah hutan belantara
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga Rp499,000, kamu bisa mendapatkan celana nyaman yang melindungi tubuh bagian bawah. Teknologi tropic dry membuatnya lebih cepat kering sehingga kenyamanan bisa dirasakan maksimal.

Mamba Mid

Jelajah hutan belantara
Sumber: Eiger Adventure

Untuk alas kaki, sepatu lebih disarankan agar proteksi yang didapatkan bisa maksimal. Sepatu ini memiliki ketinggian mid, dan ada di harga Rp1,329,000. kombinasi material nubuck dan cordura membuatnya tahan lama, dan membuat perjalanan terasa nyaman.

Speedtrek 30

Jelajah hutan belantara
Sumber: Eiger Adventure

Tidak mungkin kegiatan jelajah hutan belantara dilakukan tanpa membawa berbagai barang ‘kan? Untuk itu kamu bisa memilih Speedtrek 30 dari Eiger Adventure, yang bisa membantu kegiatan ini. Nyaman digunakan karena adanya ventilasi yang baik, tas ini dijual dengan harga Rp1,059,000 saja.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Sumber Energi Ini Sebelum Mendaki!

Itu tadi sekilas tentang kegiatan jelajah hutan belantara yang bisa dibagikan. Tentunya berbagai persiapan harus dilakukan, dan dukungan optimal dari perlengkapan berkualitas wajib dipastikan. Eiger Adventure senantiasa menyediakan berbagai opsi gear terbaik untuk Eigerian. Jangan lupa belanja di situs resmi secara langsung, karena akan didapatkan harga terbaik, gratis ongkir ke berbagai wilayah di Indonesia, jaminan produk original, dan metode pembayaran yang beragam untuk kenyamananmu. Semoga berguna, dan rencanakan petualanganmu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru