HomeTips & TrickPerbedaan Visa dan Paspor: Dari Biaya sampai Cara Membuatnya

Perbedaan Visa dan Paspor: Dari Biaya sampai Cara Membuatnya

source featured image: https://selectinsuregroup.com/travel-insurance/

Liburan ke luar negeri jadi impian banyak orang. Banyak alasan mengapa orang Indonesia ingin pergi ke luar negeri. Salah satunya merasakan musim yang berbeda jauh dengan Indonesia. Lanskap indah yang juga mungkin jarang ditemui di Indonesia. Apakah kamu salah satu yang memiliki mimpi untuk melakukan traveling ke luar negeri? Sebelum itu, yuk persiapkan berbagai kebutuhan! Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat liburan ke luar negeri adalah dokumen-dokumen penting seperti visa dan paspor. Sudah tahukah kamu apa perbedaan visa dan paspor?

Apa itu Visa dan Paspor?

Visa dan paspor merupakan salah satu syarat bagi kamu untuk bisa bepergian ke luar negeri. Jangan salah mengartikan ya Eigerian, paspor dan visa bukanlah hal yang sama. Cari tahu apa itu visa dan paspor yuk!

Visa

Salah satu dokumen yang wajib dibawa oleh seseorang untuk pergi ke suatu negara adalah visa. Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh dari kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau Kedutaan Asing. Dokumen ini jadi bukti bahwa kamu diberikan izin berkunjung ke negara lain. Pada visa terdapat data diri, tanggal kedatangan dan kepulangan. Selain itu juga ada keterangan tujuan datang untuk memastikan keamanan negara yang akan dikunjungi si pemilik visa. Bayangkan jika tanpa visa, para penyelundup bisa bebas keluar-masuk negara.

Paspor

Siapapun kamu, untuk melakukan perjalanan lintas negara wajib memiliki paspor. Paspor adalah identitas kita selama berada di negeri orang. Paspor menandakan bahwa kita memiliki kewarganegaraan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa langsung datang ke Kedutaan RI atau kedutaan negara asal kita di negara yang sedang kita kunjungi.

Perbedaan Visa dan Paspor! 

Kegunaanya Berbeda Loh, Eigerian!

Perbedaan Visa dan Paspor yang pertama adalah kegunaanya loh. Paspor berguna sebagai kepemilikan kewarganegaraan. Nah untuk visa sendiri berguna sebagai surat izin bagi seseorang untuk melakukan perjalanan ke suatu negara. Seseorang yang tidak memiliki visa, tidak diperbolehkan masuk demi menghindari adanya tindakan terorisme atau kriminalitas. Paspor bisa dimiliki semua orang tetapi visa belum tentu dapat dimiliki oleh semua orang. Karena suatu negara memiliki hak untuk menolak permohonan.

Bentuknya Jelas Berbeda

Bentuk paspor dan visa jelas berbeda. Paspor berbentuk buku yang berisi data diri, tanda tangan, keterangan lain, dan halaman kosong. Sementara itu, bentuk visa bisa beragam, tergantung dari negara masing-masing. Ada yang berbentuk soft file, tempelan stiker pada paspor, juga ada yang berbentuk stempel.

Beda Instansi yang Berwenang 

Perbedaan paspor dan visa dapat dilihat dari institusi yang berwenang untuk menerbitkannya. Paspor layaknya identitas kewarganegaraan layaknya KTP, maka yang berhak menerbitkannya juga negara. Kewenangan tersebut diserahkan sepenuhnya ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Sementara visa, merupakan surat izin masuk ke negara tertentu. Oleh sebab itu, yang berhak menerbitkan adalah Kedutaan Besar negara tujuan.

Visa dapat menjadi suatu indikator bahwa orang tersebut aman untuk mengunjungi negara tujuan dan bukanlah menjadi sebuah ancaman bagi negara tersebut.

Biaya Pembuatan Tidak Sama

Perbedaan paspor dan visa yang terakhir adalah dari segi biaya pembuatannya. Pembuatan paspor biayanya telah ditentukan oleh Kementerian Hukum dan HAM sebesar Rp300 untuk paspor biasa dan Rp600 ribu untuk paspor elektronik. Sementara itu, jika pembuatan visa akan mengacu kepada kebijakan dari masing-masing negara.

Baca Juga: Ini 2 Cara Membuat Paspor secara Offline dan Online

Perbedaan Visa dan Paspor Juga Terletak Pada Cara Pembuatanya

Perbedaan paspor dan visa berikutnya dapat diketahui dari cara pembuatannya. Untuk pembuatan paspor, Eigerian perlu pergi ke Kantor Imigrasi. Jangan lupa untuk membawa dokumen lainya yang dibutuhkan, seperti kartu keluarga dan KTP.  Nah sementara untuk Visa, Eigerian harus datang ke  Sementara itu, jika pembuatan visa harus melalui Kedutaan Besar atau perwakilan negara tujuan yang ada di kota kamu berada.  Dokumen yang disertakan antara lain paspor dan rekening koran. Persiapkan diri sebelum membuat visa ya Eigerian. Biasanya akan ada tes wawancara dengan bahasa inggris. Jika tidak bisa, maka bersiaplah jika visamu akan ditolak.

Nah itu dia perbedaan visa dan paspor, setelah mengetahuinya dengan jelas Eigerian ga perlu bingung lagi. Dokumen sudah siap saatnya kamu menyiapkan segala kebutuhan lainya!

Visa & Passport Ready, How About Your Outfit? 

Traveling nggak akan afdol rasanya tanpa foto ootd di spot foto menarik. Nah penting banget nih buat kamu menyiapkan segala kebutuhan untuk dapatkan ootd kece. Mulai dari aksesoris, sepatu sampai apparel bisa kamu dapatkan di EIGER. Temukan inspirasi ootd mu lewat blog resmi Eiger Adventure, dan dapatkan produknya di eigeradventure.com. Belanja EIGER original di website resmi disini, dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim kemanapun, tanpa ongkos tambahan! Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran loh! Checkout sekarang yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru