HomeTips & TrickLifestyle6 Opsi Permainan Tanpa Gadget Bersama Anak-Anak

6 Opsi Permainan Tanpa Gadget Bersama Anak-Anak

Beraktivitas bersama anak memberikan banyak keuntungan untuk kaum orang tua. Kamu sebagai orang tua bisa mempererat ikatan batin, sehingga kamu lebih memahami anak-anak di rumah. Sederet kegiatan permainan tanpa gadget bisa dilakukan, sehingga interaksi yang terjalin akan lebih erat dan hangat.

Memang pada era kekinian berbagai permainan bergantung pada penggunaan gadget. Tidak salah, namun ada kalanya kamu juga harus melatih anak-anak untuk menikmati waktu tanpa gadget. Beberapa permainan yang bisa dilakukan antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Ini Ide 7 Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak Tanpa Keluar Rumah

Bermain dengan Board Game

permianan tanpa gadget
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Board Game atau permainan papan sendiri umum dimainkan bersama-sama untuk membantu menghangatkan suasana. Dengan berbagai permainan yang masuk ke dalam jenis ini, kamu bisa sekaligus melatih tumbuh kembang anak sambil menikmati kehangatan interaksinya.

Mulai dari ular tangga, monopoli, scrabble, puzzle, permainan berbagai jenis kartu, dan lain sebagainya. Karena mengharuskan keterlibatan 2 sampai 4 orang dalam setiap permainannya, kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga bermain bersama.

Klasik, Permainan ABC Lima Dasar

Tentu kamu tahu permainan tanpa gadget yang satu ini. Permainan yang populer di era ‘90-an hingga 2000-an ini bisa jadi opsi menarik untuk menghabiskan waktu bersama anak, sekaligus melatih perbendaharaan kata yang mereka miliki.

Menggunakan jari-jari yang ada di tangan, semua yang turut dalam permainan ini akan menunjukkan jumlah jari sesuai dengan yang diinginkannya. Kemudian berdasarkan urutan alfabet setiap jari dihitung hingga akhir.

Misalnya ada 15 jari yang muncul pada meja permainan, artinya permainan dimulai dengan kata yang berawalan huruf O. misalnya ada 10 jari, berarti permainan dimulai dengan kata yang dimulai huruf J, demikian seterusnya.

Permainan ini bisa lebih seru ketika diberikan tema tertentu, bisa nama makanan atau buah, kemudian nama kota atau negara, dan sebagainya.

Bermain Jenga

permianan tanpa gadget
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Permainan jenga sendiri sebenarnya banyak dimainkan di keluarga Amerika atau Eropa. Namun di Indonesia, permainan ini juga cukup populer karena bisa memberikan interaksi hangat, keseruan, sekaligus adu strategi dan kemampuan analisa.

Terdengar terlalu berat ya?

Pada dasarnya jenga dimainkan dengan menarik balok kayu kecil dari susunan yang sudah dibuat, dan berusaha sebisa mungkin tidak membuat susunan tersebut ambruk. Kamu bisa menambahkan berbagai challenge atau aturan baru agar permainan semakin menantang.

Orang terakhir yang mengambil balok kayu dan menjatuhkannya akan menjadi orang yang kalah, dan bertanggung jawab untuk kembali menyusun balok kayu tersebut menjadi sebuah menara.

Bermain Petak Umpet di Rumah

Bermain petak umpet mungkin terdengar klasik, namun permainan ini terbukti masih cukup seru dilakukan ketika kamu memiliki waktu luang bersama anak-anak. Kamu bisa melakukannya di dalam rumah atau di area rumah, sehingga tetap membatasi ruang permainan agar tidak terlalu jauh.

Bermain di rumah selain bisa membawa kehangatan dan keceriaan, juga bisa melatih anak-anak untuk mengenal suasana rumah lebih baik. Kecerdasan spasial, kreativitas bersembunyi, hingga kemampuan  mencari dari petunjuk yang ada saat seseorang bersembunyi.

Lompat Tali, Permainan Jadul untuk Anak-Anak

permianan tanpa gadget
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Salah satu permainan klasik yang bisa dimainkan bersama anak-anak adalah lompat tali. Lompat tali sendiri bisa dilakukan antara 3 orang atau lebih dengan menggunakan bantuan seutas tali atau rangkaian karet gelang.

Mulai dari level paling rendah, misalnya setinggi lutut, hingga setinggi ujung tangan. Nantinya bisa diberikan aturan, dimana semua yang melompat tidak boleh menyentuh tali hingga ketinggian tertentu.

Setiap orang akan mendapatkan kesempatan untuk melompat, dan ketika semua sudah melompat ketinggian akan dinaikkan secara bertahap. Permainan ini bisa membuat kedekatan semakin erat, dengan aktivitas fisik yang seru. Tentu saja, Eiger Adventure Kids bisa menjadi pilihan terbaik untuk pakaian yang dikenakan anak-anak, karena bahannya sejuk dan nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Permainan Tanpa Gadget : Tebak Gambar

Terakhir permainan tanpa gadget yang kamu bisa lakukan adalah dengan tebak gambar. Permainan ini banyak digunakan di televisi, untuk meramaikan suasana.

Cara bermainnya cukup mudah, kamu tinggal membuat frasa tertentu, yang tersusun dari beberapa gambar. Gambar ini nantinya harus diterjemahkan oleh peserta lain, dengan menggunakan imajinasinya. Tidak melulu secara harfiah, namun bisa berupa plesetan, kata yang berkaitan dengan gambar, dan lain sebagainya.

Konsep kata yang acak ini akan menjadikan semakin seru karena semua kemungkinan bisa terjadi. Maka dari itu permainan ini juga bisa membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak-anak.

Baca Juga : Bingung Bagaimana Cara Membangkitkan Semangat Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang? Simak di Sini! 

Itu tadi sederet permainan tanpa gadget yang bisa dilakukan ketika bersama anak-anak. Untuk menemani aktivitas yang kamu lakukan, kamu bisa menggunakan apparel dari Eiger Adventure, baik untuk pakaian dewasa atau anak-anak.

Apparel yang diproduksi oleh Eiger Adventure official memiliki kualitas yang terjamin, proses produksi yang ramah lingkungan, dan opsi  model yang sangat banyak. Dengan bahan dasar yang sudah berkualitas, setiap apparel dan perlengkapan yang disediakan pasti bisa diandalkan, sehingga menunjang semua aktivitas kamu. Sempatkan untuk melakukan permainan tanpa gadget, dan dapatkan waktu berkualitas bersama anak-anak di rumah!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments