HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Paling Efektif

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Paling Efektif

Sampah plastik kini menjadi satu masalah yang muncul untuk masyarakat modern. Dengan biaya produksi yang rendah serta nilai fungsi yang sangat fleksibel, bahan plastik jadi favorit banyak industri. Tanpa disadari, bahwa bahan ini sulit diuraikan secara alami. Salah satu cara mengatasinya adalah menerapkan berbagai cara mengurangi sampah plastik, sehingga alam tidak harus terbebani dengan ini.

Jenis plastik yang menjadi sampah sendiri sebenarnya sangat banyak, jika berbicara konteks aktivitas masyarakat secara luas dan masif. Mulai dari kantong plastik, yang belakangan penggunaannya sudah sangat dibatasi, kemudian sedotan, botol plastik sekali pakai, gelas plastik, alat makan plastik, hingga botol kemasan kosmetik, sabun, dan kemasan lainnya.

Memang, keberadaan plastik dapat membantu banyak hal dalam kehidupan. Namun ketika penggunaannya sudah mulai bisa dikendalikan, saatnya masyarakat menerapkan cara mengurangi sampah plastik yang efektif.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Kantong Belanja yang Bisa Terus Digunakan

sampah plastik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bisa menggunakan kantong belanja kain atau bahkan kantong belanja plastik, yang utama adalah penggunaan berulang dari kantong belanja ini. Sampah plastik dari kantong belanja yang digunakan satu kali saja cukup besar, dan berhasil dikendalikan dengan tidak tersedianya kantong plastik di minimarket pada umumnya.

Peralihan ini, terjadi secara cukup efektif selama beberapa tahun terakhir. Kini kamu bisa dengan mudah menjumpai kantong belanja yang digunakan berkali-kali. Langkah sederhana ini sukses mengurangi produksi limbah dari sektor kantong plastik sekali pakai.

Lagipula, banyak sekali desain kantong belanja yang keren dan sedap dipandang. Bahkan tak sedikit yang kemudian menjadikannya pelengkap fashion saat beraktivitas.

Mengurangi Konsumsi Gelas Sekali Pakai

Kafe sudah menjadi bagian besar dalam masyarakat perkotaan, karena menawarkan tempat yang nyaman untuk duduk bersantai atau bahkan bekerja. Namun tidak sedikit pula kafe yang masih menggunakan gelas plastik atau gelas sekali pakai lainnya.

Jika memang kamu berencana mendatangi kafe, maka sangat disarankan untuk membawa tumbler minuman sendiri. Dengan begini, kamu bisa turut mengurangi penggunaan gelas sekali pakai. Jika tidak membawa tumbler atau sejenisnya, kamu bisa meminta minumanmu disajikan dengan gelas kaca atau gelas yang tidak sekali pakai.

Ketika kebiasaan ini dilakukan masyarakat luas, produksi limbah plastik akan jauh berkurang.

Cara Mengurangi Sampah Plastik dengan Tidak Menggunakan Sedotan

sampah plastik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Banyak sekali tempat makan atau kafe yang sudah tak lagi menyediakan sedotan plastik sekali pakai. Untuk menggantikannya, biasanya sedotan yang digunakan memiliki bahan baku organik, sehingga tetap bisa diuraikan secara alami dengan waktu yang lebih cepat.

Kamu bisa menggunakan sedotan berbahan organik ini, atau menggunakan sedotan dengan bahan logam. Sebenarnya sedotan tidak terlalu diperlukan secara praktis. Kamu bisa meminum minuman yang kamu pesan secara langsung sehingga limbah yang dihasilkan bisa ditekan.

Sedotan yang berukuran kecil ini banyak terselip di tempat-tempat tak terduga, bahkan pernah tercatat sedotan yang sampai ke laut masuk ke organ pernafasan hewan laut.

Pilih Produk dengan Kemasan Karton

Meski sama-sama menghasilkan limbah, namun limbah karton lebih mudah diuraikan secara alami daripada limbah plastik. Maka dari itu, sebisa mungkin pilih produk dengan kemasan karton atau kertas. Dengan demikian penggunaan plastik bisa dikurangi secara drastis.

Berdasarkan salah satu jurnal berjudul  Life Cycle Inventories of Waste Management Processes, proses daur ulang sampah karton dan kertas lebih mudah daripada plastik. Produk seperti ini juga mudah terurai tanpa menambah banyak beban pada produk.

Jelas, ini akan menggunakan lebih banyak kertas sebagai bahan bakunya. Tapi setidaknya bahan dasar pembuat kertas bisa diproduksi dengan waktu yang lebih cepat. Life cycle yang dimiliki kertas jauh lebih cepat dan mudah diperbarui, tidak seperti plastik.

Air Minum Dalam Kemasan, Produk Dengan Limbah Plastik Jumlah Besar

sampah plastik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan mengurangi pembelian air minum dalam kemasan. Air minum seperti ini, baik air mineral atau softdrink yang dijual dalam kemasan plastik, memiliki volume limbah yang sangat besar.

Membawa botol atau tumbler sendiri seperti tips kedua tadi bisa menjadi solusi. Kamu bisa membawa air minum sendiri, atau meracik minuman yang dapat mengembalikan kesegaran saat beraktivitas sendiri tanpa harus membelinya di toko.

Selain bisa mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa mengurangi konsumsi gula atau pemanis buatan. Jadi selain sehat untuk lingkungan kebiasaan ini juga akan sehat untuk tubuh kamu sendiri.

Baca Juga : 7 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Polusi Udara

Cara mengurangi sampah plastik di atas memang sederhana dan mudah dilakukan. Tapi ketika ini dilakukan oleh banyak orang sekaligus, dan menjadi bagian dari gaya hidup, maka efeknya untuk bumi akan benar-benar terasa dalam beberapa tahun ke depan.

Tentu saja kamu juga bisa menerapkan cara mengurangi sampah plastik dengan mempercayakan berbagai produk pada brand yang berkomitmen dalam pelestarian lingkungan. Misalnya dengan memilih produk Eiger ramah lingkungan yang bisa kamu temukan di laman produknya, kamu sudah turut menyukseskan upaya pelestarian lingkungan. Dapatkan produk ramah lingkungannya sekarang, dan mari turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan sekarang dan di masa yang akan datang.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

    • Setuju. Harus dimulai dari sendiri untuk bisa menerapkan yang lebih ramah lingkungan. Mulai dari penerapan kantong belanja bawa sendiri, tumblr bawa sendiri, sedotan bawa sendiri, mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. dan hal lainnya yang bisa kamu temukan di blog.eigeradventure.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments