HomeTips & TrickMountaineeringPerhatikan Tips Memilih Sepatu Mendaki Supaya Nyaman Selama Pendakian!

Perhatikan Tips Memilih Sepatu Mendaki Supaya Nyaman Selama Pendakian!

Mendaki gunung menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya fisik, aktivitas ini juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Mendaki gunung bukanlah olahraga yang bisa langsung dilakukan begitu saja. Namun, diperlukan persiapan yang matang untuk mencegah risiko terjadinya cedera saat naik gunung. Termasuk memilih sepatu mendaki yang tepat, demi kenyamanan dan keamanan selama mendaki.

Bagi Eigerian yang baru akan mencoba mendaki gunung, beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah memulai pendakian secara perlahan. Misalnya mendaki perbukitan dengan jalanan setapak yang tidak terlalu ekstrem. Kemudian jika berhasil melewatinya dengan baik tanpa masalah, maka bisa lanjut ke medan yang lebih berat. Selain itu, penggunaan tongkat saat pendakian juga diperlukan untuk membantu mengontrol keseimbangan, terlebih ketika melewati medan-medan yang berat.

Selain itu, mengajak teman yang sudah pernah naik gunung sebelumnya juga penting, sehingga Eigerian bisa mendapat bantuan ketika mengalami cedera. Jangan lupa untuk mempelajari medan sebelum mendaki, mulai dari cuaca hingga jalur yang harus ditempuh saat pendakian. Dan pastikan menggunakan alat-alat terbaik untuk mempermudah proses pendakian, seperti jaket, celana, tas, dan juga sepatu mendaki.

Tips Memilih Sepatu Mendaki yang Nyaman dan Aman

sepatu mendaki
Sumber: Instagram/eigeradventure

Memilih sepatu mendaki ternyata tidak bisa sembarangan. Pasalnya, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Salah dalam memilih sepatu untuk naik gunung, risiko mengalami kecelakaan seperti terkilir, tergores, bahkan terpeleset saat mendaki akan sulit terhindarkan.

Secara umum, ada tiga jenis sepatu gunung yaitu low cut, mid cut, dan high cut. Ketiga jenis tersebut merujuk pada ukuran leher sepatu di bagian mata kaki. Low cut memiliki tinggi yang tidak menutupi mata kaki, sementara mid cut dan high cut bisa melindungi mata kaki. Jenis sepatu yang cocok untuk naik gunung ini bisa disesuaikan dengan medan pendakian, lama perjalanan, dan berat beban yang akan dibawa saat mendaki. Jika berat beban yang akan dibawa mendaki ringan dan medan pendakian cenderung landai, maka sepatu yang dipilih bisa dengan jenis low cut karena bisa memudahkan pergerakan dalam pendakian. Lain halnya jika medan pendakian menanjak dan terjal, serta membutuhkan waktu pendakian berhari-hari, maka lebih disarankan memilih sepatu model high cut.

Salah satu tips memilih sepatu untuk mendaki adalah memilih ukuran satu nomor lebih besar. Pasalnya, saat mendaki gunung medan yang dihadapi tidak selalu menanjak. Medan yang dihadapi saat turun akan lebih menyiksa karena beban tubuh akan bertumpu lebih banyak pada kaki, sehingga sepatu akan berperan penting dalam mengurangi risiko kaki terluka akibat kuku yang patah saat menempuh medan yang menurun. Nomor sepatu yang lebih besar dari nomor biasanya akan memberikan kesempatan kaki untuk menyesuaikan saat perjalanan turun gunung.

Lantas, bagaimana cara merawat dan membersihkan sepatu mendaki? Membersihkan dan merawat sepatu dengan benar akan membuat sepatu mendaki bisa bertahan lama dan membuatnya tahan air. Jadi, jangan hanya menaruhnya saat Eigerian tiba di rumah, ya! Eigerian harus menghilangkan lumpur dengan sikat berbulu lembut, atau membilasnya dengan air hangat dan gel pembersih jika sepatu benar-benar kotor.

Baca juga: 9 Rekomendasi Jaket Waterproof Terbaik dari Eiger untuk Aktivitas Pendakian

Rekomendasi Sepatu Mendaki Terbaik: EIGER LORA MC SHOES – Rp1.019.000,-

sepatu mendaki

Salah satu sepatu mendaki dari EIGER yang paling direkomendasikan adalah Eiger Lora MC Shoes. Sepatu hiking terbaru EIGER yang satu ini bisa banget memenuhi kebutuhan Eigerian di medan tropis, baik itu medan basah maupun kering. Menariknya lagi, sepatu ini dilengkapi dengan reflektor di bagian atas sepatu sehingga mudah terlihat saat keadaan minim cahaya. Sepatu hiking Lora ini memiliki warna yang elegan dan fungsi yang optimal, di mana sepatu ini dirancang guna memenuhi kebutuhan pendaki perempuan yang mengutamakan fungsi, namun tidak mengesampingkan penampilan.

Secara fungsi, sepatu Lora ini merupakan sepatu model mid-cut  yang terbuat dari bahan nylon mono mesh yang fleksibel. Material ini akan memberikan kenyamanan pada kaki saat pendakian. Dilengkapi juga dengan fitur ortholite sebagai bantalan dan peredam hentakan insole ortholite yang ringan dan berdaya evaporasi tinggi. Tentunya, ini sangat efektif menguapkan kelembapan untuk menjaga permukaan tetap kering. Sedangkan pada bagian dalam dilapisi dengan membran waterproof dan juga didukung outsole Vibram dengan desain grip dan traksi yang adaptif untuk medan luar ruang.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Dry Bag, dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Eigerian memang harus memiliki sepatu mendaki yang memiliki fitur quick dry (mudah kering) dan breathable (tidak panas). Sepatu gunung ini cocok untuk pendakian pada musim kemarau di kawasan ring of fire, pegunungan yang sudah tidak aktif dan jalur perbukitan (trekking). Selain itu, sepatu gunung dengan fitur waterproof akan sangat berguna untuk pendakian di kawasan hutan hujan tropis yang sering berkabut, lembap, dan banyak aliran sungai. Sepatu gunung dengan fitur waterproof juga sangat cocok untuk mendaki di musim hujan, sehingga kaki tidak akan basah kuyup dan kedinginan.

Bagaimana, sudah menentukan gunung mana yang akan jadi tujuan pendakian? Saatnya melengkapi segala macam perlengkapan mountaineering dari EIGER. Tak perlu repot keluar rumah, karena kini Eigerian bisa belanja di Eiger Adventure Webstore dengan sangat mudah. Pastikan Eigerian belanja di website resmi EIGER untuk mendapatkan produk original. Jangan tergiur harga murah, tak apa membayar lebih untuk sebuah produk berkualitas dan jaminan garansi. Ingat, kualitas adalah nomor satu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments