HomeTips & TrickMountaineeringApa Sih Fungsi Dry Bag, dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Apa Sih Fungsi Dry Bag, dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu Dry Bag dan apa kegunaannya.  Sebenarnya, Dry Bag lebih menekankan kepada fungsi dan manfaat daripada fashion dan gaya. Tapi seiring berkembangnya teknologi dan fashion, model dan type tas jenis ini sekarang sudah semakin bervariasi.

Pada umumnya Fungsi dry bag untuk pendaki, bentuk Dry Bag adalah silindris seperti tabung, di mana bagian atas dapat dilipat minimum 3x dan dikunci, tanpa ada resleting atau penutup lainnya.

Dengan bahan PVC atau Tarpaulin, udara yang ada di dalam tas jenis ini akan terperangkap dan tidak bisa keluar. Dengan begitu, tas akan mengembang jika terjatuh di air, dan bentuknya seperti galon air. Bagi orang awam, bahan PVC atau Tarpaulin dianggap kurang lebih sama dengan bahan perahu karet atau banana boat. hanya ketebalannya saja yang membedakannya.

Mengenal Apa itu Dry Bag 

Dry Bag adalah tas tahan air dengan penutup roll-top di salah satu ujung tasnya, yang dapat dilipat beberapa kali untuk membuat tas benar-benar tahan air. Tas jenis ini juga merupakan barang wajib bagi para pendaki ketika mereka sedang naik gunung, atau kegiatan outdoor lainnya.

Fungsi Dry Bag

dry bag

Beberapa kegunaan fungsi dry bag di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan untuk banyak hal, contohnya adalah ketika kita ingin berkemah ke suatu tempat, tas ini dapat berfungsi untuk menyimpan tenda dan peralatan berkemah yang lain.
  2. Melindungi dari hujan. Peralatan berkemah yang kita bawa akan tetap kering karena tas ini memiliki bahan yang tidak dapat tembus air.
  3. Melindungi dari debu, kotoran, dan juga sinar UV.
  4. Memisahkan tenda yang basah karena terkena hujan dengan peralatan yang lain. Tas jenis ini memiliki kantong khusus untuk menyimpan tenda secara tersendiri. 
  5. Dapat mengangkut beban yang sangat berat dan keawetannya sangat terjamin.

Rekomendasi Terbaik dari Eiger

dry bag

1. Eiger Dry Bag Strap 70L Storage

Eiger Dry Bag Strap 70L Storage dapat melindungi barang-barang berharga dan pakaian dari terpaan air, hujan, atau pasir. Tas ini sangat cocok digunakan untuk berkegiatan olahraga air seperti kayak, arung jeram, dayung, berperahu, dan berlayar.

Tas ini juga tepat digunakan para pendaki gunung untuk berjaga-jaga dalam menghadapi cuaca buruk agar barang-barang yang dibawa tetap bersih dan aman. Produk yang terbuat dari bahan tarpaulin ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan mudah dibersihkan.

Saat tidak digunakan, cukup lipat atau gulung kecil Dry Bag ini dan simpan di dalam tas. Ketika merasa lelah setelah beraktivitas seharian, tas ini juga dapat digunakan sebagai bantal untuk menyempurnakan istirahat.

Dilengkapi dengan tali webbing yang dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan kita saat membawanya sebagai backpack. Fitur:

  • Memiliki bobot ringan.
  • 100% anti air.
  • Cocok untuk aktivitas luar ruang dan aktivitas air.
  • Mudah dibersihkan.
  • Tidak disarankan untuk aktivitas menyelam.
  • Tali webbing yang dapat dilepas pasang.
  • Ring D untuk mengaitkan tali webbing saat akan dipakai menjadi backpack.
  • Teknologi: Tropic Waterproof. 

2. Eiger Dry Bag 25L (Round) Storage

Eiger Dry Bag 25L (Round) Storage bisa jadi sahabat kita saat melakukan aktivitas outdoor. Khususnya saat pergi ke pantai, akan lebih aman dan nyaman jika kita menyimpan barang-barang di dalam tas ini. Desain anti airnya sangat sempurna untuk melindungi benda-benda kesayangan kita dari terpaan hujan, air, dan pasir. Terbuat dari bahan serat nilon yang tahan lama namun super ringan, tas ini sangat mudah dibersihkan. Dengan begitu, kita tidak perlu repot merawatnya. Fitur:

  • Memiliki bobot ringan.
  • 100% anti air.
  • Cocok untuk aktivitas luar ruang dan aktivitas air.
  • Mudah dibersihkan.
  • Tidak disarankan untuk aktivitas menyelam. 

Baca juga: Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci!

3. Eiger Dry Bag 15L (Oval) Storage

Eiger Dry Bag 15L (Oval) Storage juga bisa diandalkan untuk menyimpan barang-barang supaya aman dan  terlindungi dari terpaan hujan, air, dan pasir. Terbuat dari bahan serat nilon yang tahan lama, tas ini super ringan, dan sangat mudah dibersihkan. Sama seperti tas yang telah disebutkan sebelumnya, tas ini juga bisa dilipat atau gulung kecil saat tidak digunakan. Fitur:

  • Memiliki bobot ringan.
  • 100% anti air.
  • Cocok untuk aktivitas luar ruang dan aktivitas air.
  • Mudah dibersihkan.
  • Tidak disarankan untuk aktivitas menyelam.
  • Technology: Tropic Waterproof

Baca juga: Inspirasi Style Hijab untuk Eigerian saat Pendakian Gunung

Setiap tas memiliki ukuran yang berbeda satu sama lain. Sejalan dengan ukuran, semakin besar ukuran maka akan semakin besar pula kapasitas yang dimiliki. Untuk menentukan ukuran dan kapasitas yang tepat, tentunya kita perlu memilih sesuai dengan tujuan penggunaan. Supaya lebih leluasa memilih, Eigerian bisa langsung cek koleksi terbaru Eiger di sini!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments