HomeTips & TrickRiding8 Rekomendasi Sepatu Motor Harian dari EIGER, Dijamin Nyaman!

8 Rekomendasi Sepatu Motor Harian dari EIGER, Dijamin Nyaman!

Naik motor di jalan raya bukan hanya berbekal sekadar bisa naik motor saja. Tapi lebih dari itu, setiap pengendara dituntut mengerti soal keselamatan di jalan. Sebelum melakukan perjalanan dengan sepeda motor, baik pengendara maupun motor harus dalam kondisi prima. Kemudian, penggunaan riding gear juga wajib. 

Pasalnya, perlengkapan berkendara masih sering menjadi hal yang disepelekan oleh sejumlah pengguna sepeda motor. Perlengkapan berkendara yang dimaksud tidak terbatas pada helm saja. Namun termasuk juga jaket, pemakaian celana yang tepat, hingga alas kaki, yaitu sepatu motor harian.

Memangnya, apa penggunaan sepatu motor harian? Baru-baru ini, kepolisian bahkan telah mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara. Tujuannya adalah untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan. Selain helm, penggunaan riding gear termasuk sepatu memang tidak diatur secara hukum, namun sangat disarankan untuk digunakan dengan tujuan mengurangi fatalitas kecelakaan.

Perlu dipahami, bahwa naik motor tanpa perlengkapan berkendara sangat tidak disarankan. Perlengkapan naik motor harus digunakan supaya berkendara tetap aman dan nyaman. Ingat, tubuh membutuhkan perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai selama berkendara.

Jangan Pakai Sandal, Pilih Sepatu Motor Harian!

Naik motor dianggap sebagai suatu aktivitas yang cukup berbahaya, sebab sangat mengandalkan keseimbangan dan tidak ada perlindungan seperti mobil bagi penggunanya. Itulah yang jadi alasan mengapa Eigerian harus menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara lengkap, termasuk sepatu, bukan sandal.

Perlu dipahami bahwa secara sederhana sandal adalah alas kaki sederhana yang desainnya dibuat untuk jalan kaki. Sandal tidak punya perlindungan untuk jari, punggung kaki, atau bagian samping telapak. Inilah yang membuat kaki berisiko cedera ketika terbentur benda keras. Mengingat hampir semua komponen di motor adalah benda keras, apalagi yang berada di area pijakan kaki, maka tidak memakai sandal saat naik motor adalah keputusan yang bijak. 

Ditambah lagi ada risiko kaki tersentuh benda panas seperti mesin atau knalpot, jika tidak memakai sepatu motor. Selain itu, sandal juga dianggap tidak cocok untuk berkendara motor lantaran tapaknya yang tidak mampu mencengkram sebaik sepatu, terlalu lentur, dan bahkan mudah copot.

Baca juga: 5 Rekomendasi OOTD Pria untuk Riding, Mana yang Kamu Pilih?

Rekomendasi Sepatu Motor Harian dari EIGER

Menggunakan sepatu motor harian pada saat berkendara sangat penting, untuk mencegah kaki berkontak langsung dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin, cuaca dan polusi. Namun memilih sepatu buat naik motor tidak bisa sembarangan. Pasalnya, Eigerian perlu menggunakan sepatu berukuran pas untuk memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal persneling (model sport dan cub), dan juga saat menurunkan kaki saat kendaraan berhenti.

Di bawah ini adalah daftar sepatu outdoor yang paling direkomendasikan sebagai sepatu motor harian. Check this out!

1. EIGER GAEA MID 1.0 SHOES – Rp449.500,-

sepatu motor harian

Rekomendasi sepatu motor harian yang pertama adalah Gaea Mid 1.0 Shoes. Bagian upper sepatu ini menggunakan bahan crazy horse leather. Ditambah dengan insole ortholite yang memberikan bantalan nyaman, breathable, dan ringan saat digunakan. Shifter Pad pada sepatu ini berfungsi sebagai pelindung permukaan sepatu saat berkendara sepeda motor, khususnya akibat terkena gesekan tuas persneling motor. Fitur lainnya adalah ada reflektif di bagian belakang sepatu. 

2. EIGER BALDR MID CUT SHOES – Rp583.900,-

sepatu motor harian

Rekomendasi selanjutnya adalah Baldr yang merupakan sepatu mid-cut untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua dengan perpaduan tampilan yang stylish dan klasik. Bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang memiliki daya tahan kuat. 

Ditambah dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Insole ortholite pada sepatu ini juga memberikan bantalan yang nyaman, breathable (memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga cepat kering), dan ringan saat digunakan. Sedangkan outsole berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik, sehingga mampu memberikan kenyamanan saat berkendara.

3. EIGER HADES SHOES – Rp674.500,-

sepatu motor harian

Sepatu mid-cut boots yang satu ini adalah sepatu yang dirancang untuk penggunaan short-mid adventure touring untuk pengendara sepeda motor. Bagian upper pada sepatu ini terbuat dari material microfiber yang memiliki daya tahan yang kuat dengan lapisan waterproof yang berfungsi untuk menjaga sepatu dan kaki tetap kering, bahkan pada saat cuaca hujan.

4. VULCAN – Rp499.500,-

sepatu motor harian

Vulcan adalah mid cut boots yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua. Bagian vamp pada sepatu ini dirancang lebih tebal sebagai shifter point, yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu pada saat berkendara, khususnya akibat terkena gesekan tuas persneling motor. Ditambah dengan insole ortholite yang mempercepat pengeringan serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan. Sepatu ini juga memiliki sol berbahan karet untuk cengkraman yang lebih baik di medan berbatu, tanah, serta berlumpur.

5. EIGER GAEA MID SHOES – Rp619.900,-

sepatu motor harian

Sepatu motor harian selanjutnya adalah Gaea Sneaker Boots Mid Cut. Sepatu ini dilengkapi dengan shifter pad berbahan karet yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu pada saat berkendara, khususnya akibat terkena gesekan tuas persneling motor. Insole ortholite pada sepatu ini akan mempercepat pengeringan serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan dan berkendara. Detail reflektif pada bagian belakang akan membantu sepatu mudah terlihat dalam keadaan minim cahaya. Untuk bagian atas sepatu menggunakan bahan polyester nubuck.

6. EIGER BALDR LOW CUT SHOES – Rp538.900,-

sepatu motor harian

Bagi Eigerian yang lebih nyaman menggunakan sepatu low-cut, maka Baldr Low Cut Shoes ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sepatu ini juga dirancang untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua dengan perpaduan tampilan yang stylish dan klasik. Pada bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang memiliki daya tahan kuat serta dilengkapi juga dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan selama berkendara. 

Insole ortholite pada sepatu ini akan memberikan bantalan yang nyaman, breathable, dan ringan saat digunakan. Sedangkan outsole pada sepatu ini berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik memberikan kenyamanan selama berkendara.

7. EIGER CLIFTON SHOES – Rp538.900,-

sepatu motor harian

Jika rekomendasi sepatu motor harian di atas masih belum ada yang cocok, Eigerian bisa melirik Clifton Shoes ini. Dengan gaya klasik dan juga simple, sepatu ini bisa jadi pelengkap penampilan Eigerian saat berkendara. Sepatu ini dilengkapi dengan bantalan yang nyaman untuk mendukung setiap pergerakan, termasuk saat naik motor. 

Terbuat dari material canvas dan suede pada bagian upper, sepatu ini sangat cocok untuk menemani kegiatan sehari-hari dengan tampilan yang tetap stylish. Dilengkapi juga dengan material karet pada bagian midsole dan outsole yang juga dapat menjaga kenyamanan serta fleksibilitas yang baik ketika beraktivitas sepanjang hari. 

8. EIGER S.VIBRAM BUGLE SHOES – Rp790.900,-

sepatu motor harian

Ada juga Bugle Shoes yang dirancang menggunakan material suede genuine leather, sehingga kekuatannya tetap terjamin meskipun digunakan secara maksimal. Outsole Vibran Overland pada sepatu ini akan memberikan daya cengkram tinggi ketika melintasi medan basah atau licin. Hammerlite rubber sheet toecap dan backcounter padding support juga akan memberikan perlindungan maksimal pada bagian depan serta tumit. 

Ditambah dengan adanya bantalan pada EVA Midsole yang mampu meredam tekanan yang tertumpu pada kaki, sehingga kenyamanan tetap terjaga. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan teknologi Tropic Dry sehingga kenyamanan akan tetap terjaga, karena ketika basah, teknologi ini akan mempercepat proses pengeringan.

Baca juga: Butuh Rekomendasi Model Kacamata untuk Riding? Cek Di Sini!

Eigerian bisa memilih sepatu yang menutup sampai dengan mata kaki demi melindungi persendian saat berkendara dan menurunkan potensi terkilir saat terjadi kesalahan dalam menurunkan kaki. Namun, jika Eigerian lebih nyaman menggunakan sepatu jenis low-cut juga tidak masalah. Yang penting, jangan lupa untuk selalu mengikat rapi talinya, atau menggunakan sepatu yang tidak bertali untuk memperkecil potensi tersangkut. Selain itu, kaos kaki juga diperlukan untuk melindungi dampak gesekan kulit dan sepatu.

Daftar sepatu motor harian yang direkomendasikan di atas bisa Eigerian beli secara online di website Eiger Adventure Official. Pastikan memilih sepatu yang ukurannya pas, ya! Dengan sepatu motor harian dari EIGER, dijamin #PastiMakinAsyik berkendara di jalan raya.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments