HomeTips & TrickMountaineeringHarus Lengkap! Siapkan Isi Kotak P3K Saat Mendaki Gunung

Harus Lengkap! Siapkan Isi Kotak P3K Saat Mendaki Gunung

Kotak P3K bisa dibilang merupakan salah satu peralatan yang wajib dibawa para pendaki gunung yang menjelajahi liarnya hutan belantara. Isi kotak P3K ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di tengah perjalanan mendaki gunung. Tidak dipungkiri, mendaki gunung memang termasuk olahraga extreme penuh risiko.

Letaknya yang jauh di pedalaman hutan dan jauh dari fasilitas kesehatan seringkali membuat korban kecelakaan di jalur pendakian terlambat mendapatkan penanganan. Oleh karena itu, Eigerian wajib membawa peralatan standar P3K saat mendaki gunung.

Baca Juga : 5 Logistik Makanan Untuk Naik Gunung Yang Wajib Dibawa!

Isi Kotak P3K

isi kotak p3k
Sumber: Freepik

Ada beberapa isian yang wajib ada di dalam kotak P3K. Berikut ini rinciannya:

Obat-obatan

Setidaknya terdapat 2 jenis obat yang wajib dipersiapkan dalam isi kotak P3K saat mendaki gunung. Yaitu obat-obatan standar yang biasa digunakan tanpa resep dokter, dan obat-obatan khusus untuk jenis penyakit tertentu. Kedua jenis obat ini harus dipersiapkan sendiri. Contohnya, obat asma atau obat alergi khusus lainnya. Sementara itu, untuk obat-obatan standar, kita wajib menyediakan obat pengurang nyeri (analgesik), obat diare, obat alergi, obat untuk kasus keracunan, obat meredakan gejala flu, salep yang mengandung antibiotik, hingga salep yang berguna untuk mengurangi peradangan karena trauma.

Penanganan untuk mengobati luka luar

Saat mendaki gunung pasti ada berbagai macam risiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi, termasuk luka luar. Hal ini sebenarnya bisa dihindari, namun apabila terlanjur terjadi, maka segera beri pertolongan pertama agar tidak terjadi infeksi yang dapat membahayakan.

Kita harus membawa isi kotak P3K seperti cairan antiseptik atau alkohol, plester, kain kasa, kapas, pembalut segitiga (mitella), dan gunting. Pembalut mitella adalah perban yang berguna untuk mengikat atau membalut bagian tubuh yang luka untuk menghindari cedera yang lebih besar. Sedangkan alkohol sangat dibutuhkan untuk mematikan kuman supaya luka terhindar dari infeksi.

Peralatan lainnya

Selain obat-obatan dan perlengkapan untuk mengobati luka luar, ada beberapa peralatan penting lainnya yang juga perlu dibawa saat mendaki gunung. Pertama, buku panduan P3K agar tidak salah menangani korban. Kedua, perlengkapan untuk menangani kejadian hipotermia. Hipotermia adalah keadaan darurat yang sangat mungkin terjadi saat mendaki gunung. Ada dua benda yang sebaiknya selalu dibawa untuk menangani situasi buruk yang satu ini, yaitu selimut darurat atau emergency blanket dan flysheet yang berguna untuk membuat shelter darurat.

Ketiga, perlengkapan tambahan untuk menangani kecelakaan saat mendaki gunung. Seperti termometer, tabung oksigen kecil, nomor telepon darurat, pinset untuk mengambil benda berukuran kecil dari tubuh, serta salep untuk membuat badan lebih hangat atau bebas dari gigitan serangga.

Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

isi kotak p3k

Walaupun terdengar melelahkan, kegiatan mendaki gunung memang bisa melepas penat dari hiruk pikuk kota dan me-refresh kepala. Itulah mengapa kegiatan mendaki gunung seakan menjadi kegiatan yang populer bahkan bagi seseorang yang bukan termasuk sosok pecinta alam. Bagi pecinta alam, mendaki gunung sudah menjadi kegiatan rutin sehingga menemui jalur sesusah apapun tidak akan masalah. Lantas, bagaimana dengan pemula yang ingin melakukan kegiatan mendaki gunung?

  1. Bagi Eigerian yang belum pernah mendaki gunung dan ingin melakukan pendakian, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membiasakan diri berolahraga.
  2. Bagi pemula, memilih gunung dengan jalur ringan adalah suatu kewajiban.
  3. Perhatikan persiapan dan bekal. Eigerian bisa membawa beberapa bekal makanan yang bisa dikonsumsi di puncak dan mengandung banyak karbohidrat.
  4. Usahakan untuk tidak mengeluh selama mendaki gunung.
  5. Sebagai pendaki pemula, kemampuan dalam mendaki tentu tidak seperti mereka yang sudah terbiasa. Maka Eigerian tidak perlu malu berkata lelah dan minta untuk berhenti sejenak.
  6. Biasakan untuk menjaga kebersihan. Respek terhadap kelestarian alam dan lingkungan termasuk menjaga kebersihan di gunung merupakan suatu kewajiban dan  harus ditanamkan dalam diri. Jadilah seorang pendaki gunung yang baik dan benar. 
  7. Sebelum mendaki, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mendaftar dulu ke petugas gunung setempat. Setelah melakukan proses pendaftaran, petugas gunung akan memberikan instruksi dan larangan selama mendaki gunung. Pastikan kita mematuhi instruksi dan larangan tersebut. 
  8. Sebelum mendaki, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mendaftarkan diri terlebih dahulu ke petugas gunung atau pos pendakian setempat. Pastikan Eigerian mengikuti arahan dan mematuhi peraturan serta larangan yang disampaikan.

Paham tentang keselamatan saat berpetualang adalah kunci!

Kalau Eigerian tertarik untuk melakukan petualangan seperti pendakian atau kegiatan luar lainnya, Eigerian harus paham tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan selama melakukan aktivitas petualangan. Termasuk pentingnya membawa perlengkapan safety seperti isi kotak P3K yang lengkap untuk jaga-jaga.

Peralatan mountaineering yang lengkap dan berkualitas juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan mendaki gunung. Sebelum bergegas mendaki gunung, cek dulu perlengkapan. Jika ada yang masih kurang, Eigerian bisa mendapatkannya di Eiger Adventure Store. Ada banyak pilihan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan isi dompet. Mulai dari tenda, sleeping bag, matras, dan masih banyak lagi. . Selamat mendaki gunung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru