HomeTips & TrickGreen & Healthy10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Diletakkan di Meja Kerja

10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Diletakkan di Meja Kerja

Setuju tidak, kalau tanaman memberikan elemen alam yang indah dan menyegarkan di lingkungan kerja? Warna-warni dan bentuk tanaman bisa memberikan sentuhan keindahan visual dan meningkatkan estetika ruangan. Tidak hanya itu, tanaman hias untuk meja kerja tidak hanya memberikan sentuhan dekoratif, melainkan juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesejahteraan dan produktivitas di lingkungan kerja.

Kehadiran tanaman hias di meja kerja akan merangsang kreativitas dan memberikan inspirasi. Pemandangan alam dan warna hijau yang menyegarkan juga akan membantu membangkitkan ide-ide kreatif. Tapi sebelum memilih tanaman untuk meja kerja, pastikan untuk mempertimbangkan kondisi pencahayaan dan perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut, ya!

Manfaat Meletakkan Tanaman di Meja Kerja

tanaman meja
Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman hias untuk meja kerja yang perlu Eigerian ketahui:

  • Tanaman hias akan membantu menyaring polutan udara seperti formaldehida, benzene, dan senyawa organik volatil lainnya. Beberapa tanaman bahkan memiliki kemampuan khusus untuk membersihkan udara dan meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.
  • Tanaman akan melepaskan oksigen selama proses fotosintesis, sehingga dapat menyegarkan udara di sekitarnya. Ini akan meningkatkan tingkat kecerahan dan vitalitas.
  • Menurut beberapa penelitian, kehadiran tanaman di ruang kerja juga bisa membantu mengurangi tingkat stres dan kelelahan. Pemandangan hijau dan alamiah akan menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman.
  • Tanaman hias juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Kehadiran elemen alam akan membantu meredakan kejenuhan dan memberikan dorongan positif pada produktivitas.
  • Selain itu, interaksi dengan tanaman juga dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan secara keseluruhan. Melihat tanaman akan memberikan perasaan positif dan meredakan kecemasan, lho.
  • Tanaman juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan sakit kepala yang disebabkan oleh paparan terus-menerus terhadap layar komputer dan kondisi kantor yang kurang nyaman.
  • Kemudian, tanaman hias memberikan sentuhan estetika yang alami dan menyegarkan ke ruangan, sehingga dapat meningkatkan keindahan dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan.
  • Beberapa tanaman juga dapat membantu meningkatkan kelembapan di ruangan, yang bisa membantu memperbaiki fungsi saluran udara dan mengurangi masalah pernapasan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Eigerian dapatkan jika meletakkan tanaman hias di meja kerja. Lebih dari itu, merawat tanaman juga akan memberikan rasa tanggung jawab dan perawatan pribadi. Tentunya, hal ini dapat membantu mengembangkan rasa kepemilikan terhadap ruang kerja.

Baca juga: 17 Tanaman Tanpa Sinar Matahari, yang Tetap Bisa Tumbuh!

Jenis Tanaman Hias untuk Meja Kerja

tanaman meja
Sumber: Freepik

Memilih tanaman hias untuk meja kerja dapat memberikan nuansa yang menyegarkan dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman. Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk meja kerja di dalam ruangan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kaktus

kaktus
Sumber: Freepik

Kaktus adalah tanaman yang tahan kekeringan dan membutuhkan sedikit perawatan, jadi sangat cocok untuk meja kerja karena ukuran yang kecil dan tahan terhadap kondisi cahaya kantor yang bervariasi.

2. Succulent (Kaktus Hias)

succulent
Sumber: Freepik

Succulent, seperti Echeveria atau Aloe Vera, juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk meja kerja. Tanaman jenis ini memiliki bentuk yang menarik dan memerlukan sedikit air.

3. Sansevieria (Lidah Mertua)

lidah mertua
Sumber: Freepik

Tanaman yang satu ini dikenal tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan memerlukan sedikit perhatian. Sansevieria ini memiliki daun yang tegak dan tahan lama.

4. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

spider plant
Sumber: Freepik

Tanaman jenis ini mudah tumbuh dan memiliki daun yang panjang dan bergelombang. Spider plant juga dikenal untuk membersihkan udara dari beberapa polutan.

5. Pothos (Epipremnum aureum)

ponthos
Sumber: Freepik

Pothos adalah tanaman hias indoor yang tahan beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya. Foliage-nya yang hijau dan bergelombang akan memberikan tampilan yang menarik.

6. Bamboo (Lucky Bamboo)

lucky bamboo
Sumber: Freepik

Lucky Bamboo adalah tanaman yang populer untuk keberuntungan dan keindahannya, di nama tanaman ini dapat ditempatkan dalam pot air dan menambah sentuhan hijau yang menenangkan di meja kerja.

7. Anggrek

anggrek
Sumber: Freepik

Tanaman ini biasa hidup pada tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah. Jadi, tidak perlu khawatir untuk memeliharanya di dalam ruangan, terlebih di meja kantormu. Menanamnya bisa dilakukan dengan berbagai media, tapi tetap harus diperhatikan pemeliharaannya supaya tetap segar dan tidak layu.

8. Pakis Boston

pakis boston
Sumber: Pixels

Tanaman yang satu ini pada dasarnya menyukai tempat yang lembap, tapi kemampuannya menyerap air menjadikan pakis boston menyegarkan ruangan. Kulitmu tidak akan kering kalau meja kerja dihias pakis boston, buktikan saja!

9. Bonsai

bonsai
Sumber: Freepik

Bonsai juga menjadi salah satu pilihan tanaman hias terbaik untuk memberikan kesan elegan. Selain itu, tanaman dengan bentuk unik ini juga akan membuat meja kerja terlihat lebih menarik. Jangan lupa untuk tetap merawat bonsai agar tetap terlihat indah, ya!

10. Air Plant (Tillandsia)

air plant
Sumber: Pinterest

Air plant tidak memerlukan tanah untuk hidup dan bisa ditempatkan di wadah atau pot kecil. Tanaman jenis ini sangat unik dan mudah dirawat.

Baca juga: 12 Tanaman Gantung Tahan Panas, Rumah Makin Indah!

Kehadiran tanaman hias di meja kerja akan memberikan perasaan kesejahteraan dan kenyamanan. Menyaksikan tanaman tumbuh dan berkembang juga bisa memberikan pengalaman yang membangkitkan semangat. Dengan memilih tanaman hias yang sesuai, Eigerian dapat menciptakan ruang kerja yang menarik dan penuh energi positif.

Selain memperindah lingkungan kerja dengan memelihara tanaman hias, kita juga bisa menggunakan produk-produk ramah lingkungan sebagai wujud kontribusi terhadap pelestarian alam. EIGER menawarkan berbagai macam produk yang dibuat dari material daur ulang yang ramah lingkungan dan bisa berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian alam. Eigerian bisa berbelanja berbagai produk original dari EIGER di website resmi EIGER Adventure. Dapatkan berbagai promo menarik serta kemudahan dalam bertransaksi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru