HomeTips & TrickMountaineering4 Fungsi Flysheet, Dapatkan Rekomendasinya di Sini!

4 Fungsi Flysheet, Dapatkan Rekomendasinya di Sini!

Flysheet dapat dikatakan adalah salah satu peralatan yang wajib masuk daftar bawaan saat mendaki gunung. Meski ringan dan bentuknya sederhana, flysheet merupakan peralatan serbaguna yang dapat membantu Eigerian memberikan pelapis tambahan untuk tenda, menjadi bagian atas hammock, atau pembuatan bivak.

Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan flysheet itu?

Nah, untuk tahu lebih jauh tentang peralatan yang satu ini, Eigerian bisa melihat artikel ini hingga selesai sebab pengertian, fungsi, dan cara memasang yang tepat dapat kamu peroleh secara langsung. Maka tanpa berpanjang lebar, mari bahas satu per satu.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Pasak Tenda dan Tips Mudah Memasangnya

Mengenai Apa Itu Flysheet

flysheet
Sumber: freepik.com

Peralatan ini adalah ‘kain’ serbaguna yang digunakan untuk menambahkan lapisan luar dari tenda atau outer agar tenda menjadi lebih tebal dan tidak mengalami kebocoran jika hujan. Di waktu lain, kamu juga bisa menggunakannya sebagai penutup bagian atas hammock.

Dibuat dari bahan yang beragam, biasanya kain parasut berbagai jenis atau kain berbahan nilon, tujuan utama penggunaan benda ini adalah untuk melapisi atau menjadi atap supaya terhindar dari hujan atau air yang mungkin jatuh saat Eigerian beristirahat.

Kamu juga bisa dengan mudah menemui dua ukuran dari benda ini. Ukuran kecil memiliki bobot yang lebih ringan sehingga memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, sementara ukuran lebih besar memiliki bobot yang lebih berat namun memberikan perlindungan yang optimal pada angin dan hujan.

4 Fungsi Flysheet saat Berkemah

flysheet
Sumber: freepik.com

Sedikit sudah Eigerian lihat di bagian awal tadi, salah satu fungsi dari flysheet adalah untuk melapisi tenda. Namun secara lebih detail, ini setidaknya lima fungsi dari selembar kain dengan pemanfaatan yang beragam tersebut.

1. Melapisi Tenda di Bagian Atas

Pertama, flysheet bisa kamu jadikan sebagai outer tenda saat terjadi hujan lebat di tempat kamu mendirikan tenda. Well, tidak harus menunggu hujan sebenarnya, kamu bisa memasang benda ini sebagai persiapan sebelum hujan tiba.

Tenda bisa lebih tahan pada terpaan hujan dan angin yang menerpa sehingga tetap aman untuk beristirahat. Bagian dalam tetap kering, dan terhindar dari kebocoran atau kondisi basah yang bisa mengganggu kamu saat beristirahat atau beraktivitas di tenda.

2. Dapur dan Area Beraktivitas

Selain menjadi outer tenda, Eigerian juga dapat memanfaatkan benda ini sebagai dapur dan area beraktivitas. Tinggal dipasang pada tiang pancang dan dibentuk sesuai kebutuhan, kamu memiliki area beraktivitas yang cukup lega dan terhindar dari angin serta hujan yang mungkin turun.

Dengan begini semua kegiatan bisa dilakukan dengan nyaman dan dengan tingkat gangguan yang minim dari faktor alami.

3. Sebagai Bivak atau Atap Hammock

Fungsi ketiga adalah sebagai bivak yang bisa dengan mudah dipasang dan dibongkar, serta sebagai atap dari hammock yang kamu dirikan. Meski pada dasarnya sama dengan poin pertama, tapi konteks penggunaannya berbeda dan lebih luas.

Ukuran flysheet akan menentukan seberapa besar area yang bisa ditutupi. Jadi kamu bisa menyelesaikannya dengan membawa ukuran yang tepat ketika kamu sendiri atau ketika berangkat dalam rombongan.

4. Menjadi Alas Tenda

Karena dibuat dengan bahan yang tahan air, kamu juga bisa memanfaatkan flysheet untuk menjadi alas tenda. Trik ini bisa digunakan ketika kamu mendirikan tenda atau mendaki gunung dengan kondisi tanah yang lembab, sehingga air tidak merembes ke bagian alas tenda.

Kamu tinggal memastikan kain yang kamu pasang memiliki ukuran sesuai dengan besar tenda, sehingga semua area di dalam tenda bisa terlindung dari rembesan air dari bawah.

Cara Memasang Flysheet pada Berbagai Tujuan

flysheet
Sumber: freepik.com

Sebenarnya cara memasang flysheet dalam berbagai tujuan cenderung sama. Beberapa langkah sederhana ini bisa jadi acuan umum untuk Eigerian supaya bisa memasangnya dengan benar.

  • Cari tempat datar sebelum memasang flysheet
  • Cermati arah angin, dan sesuaikan penempatannya dengan tenda atau area yang ingin dilindungi dari terpaan angin atau air
  • Persiapkan flysheet dan beberapa tali yang kamu bawa, kamu bisa menggunakan tali prusik untuk memasang benda ini
  • Tentukan jarak flysheet dengan tenda, area memasak, bivak, atau hammock yang kamu gunakan
  • Kaitkan ujung-ujung flysheet pada tiang pancang atau titik yang tepat, sehingga membentuk segitiga dengan rentangan optimal. Ingat, jangan terlalu kuat menariknya karena justru bisa robek atau merusak ujungnya
  • Jika kamu menggunakan double layer, usahakan ada jarak antara lapisan pertama dan kedua supaya tidak bersentuhan dan embun tidak masuk ke sela-sela lapisan ini
  • Pasang dengan kuat, dan nikmati perlindungan yang diberikan

Rekomendasi Produk Eiger Adventure untuk Eigerian

Seperti yang Eigerian tahu, Eiger Adventure selalu menyediakan jawaban untuk kebutuhan peralatan pendakian yang kamu miliki. Untuk flysheet sendiri, ada dua produk yang bisa jadi referensi dan acuan untuk digunakan.

1. Eiger Hexa Tarp L

flysheet
Sumber: Eiger Adventure

Masuk dalam kategori ukuran L, flysheet ini ideal memberikan perlindungan anti air untuk bagian atap tenda, hammock, dan lain sebagainya. Ukurannya sendiri adalah 400 x 600 cm, dengan dimensi tas 31 x 16 cm. Terbuat dari material poliester dan seam-sealing tape di area jahitan, kamu bisa dengan mudah memasangnya karena memiliki 12 titik berbeda untuk pemasangan tali. Harganya sendiri adalah Rp553,520.

2. Eiger Rectangular Tarp M

flysheet
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga Rp386,100, kamu bisa mendapatkan empat pilihan warna untuk flysheet ini. Ukurannya adalah 300 x 300 cm, dan terbuat dari 100% poliester dengan lapisan seam-sealing tape di area jahitan. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah memanfaatkan 8 titik pemasangan tali yang tersedia, dan tentu saja, memiliki ukuran pack yang ringkas dibawa-bawa.

Baca Juga: Akan Mendaki? Ini Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah 

Flysheet menjadi salah satu benda yang sebaiknya dibawa ketika mendaki gunung dan berkemah. Banyak fungsi dan manfaat, benda ini tidak memakan ruang terlalu besar di tas yang Eigerian gunakan. Jangan lupa, selalu beli produk Eiger Adventure di situs resmi karena kamu akan mendapatkan jaminan barang ori, harga terbaik, gratis ongkir, serta opsi metode pembayaran beragam untuk digunakan. Persiapkan semua dengan baik, dan semoga pendakianmu lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru