HomeTips & TrickMountaineeringKunjungi dan Coba 5 Tempat Camping Di Jogja Berikut Ini

Kunjungi dan Coba 5 Tempat Camping Di Jogja Berikut Ini

Jogja, satu kota yang kabarnya dibangun dengan kisah romantis, kenangan, dan angkringan, selalu jadi destinasi wisata menarik untuk siapa saja. Tentu, dalam tema mountaineering kali ini kami telah menyusun rekomendasi tempat camping di Jogja yang bisa dicoba. Jadi jika kamu berkunjung ke Kota Pelajar ini di lain waktu, kegiatanmu bisa bertambah dengan camping atau berkemah.

Tapi bukankah Jogja sendiri tergolong dataran rendah dan memiliki hawa cukup hangat? Well, tidak salah memang. Namun pada beberapa lokasi, bumi perkemahan juga tetap diselenggarakan dengan baik, lengkap dengan dukungan fasilitas yang mumpuni.

Jogja juga memiliki dataran tinggi yang cukup sejuk dan sangat cocok untuk berkemah. Jadi daftar ini akan berisi tempat camping di Jogja yang beragam, mulai dari yang masih di dalam kota hingga di area-area kabupaten Sleman, yang masih masuk Daerah Istimewa Jogjakarta.

Gunung Purba Nglanggeran

tempat camping di jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi) 

Gunung Purba Nglanggeran adalah gunung api yang sudah tak lagi aktif. Susunannya tak sekedar gundukan tanah, namun batuan-batuan endapan lava vulkanik yang sudah mengeras sehingga memberikan tekstur unik pada gunung ini.

Dengan total tinggi hanya 900 meter saja, gunung ini cocok untuk kamu yang ingin belajar mendaki dan camping. Di bagian puncak terdapat lahan yang cukup lapang,,dan kamu bisa memilih mendirikan tenda di titik sesuai dengan pemandangan pagi yang kamu inginkan.

Berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan patuk, Kabupaten Gunung Kidul, ongkos untuk masuk dan naik ke gunung ini hanya Rp15.000 saja. Jadi cukup terjangkau untuk dijadikan pengalaman pertama.

Sinolewah, Camping Ground Seru Di Dataran Tinggi

Jogja juga bukan tanpa dataran tinggi. Adalah Bumi Perkemahan Sinolewah yang berada di Dusun Gondang, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, yang menjadi bumi perkemahan yang berada di area dataran tinggi Jogja.

Memang tidak terlalu tinggi seperti area-area lain di kota Bandung misalnya, namun hawanya cukup sejuk dan cocok dijadikan tempat berkemah. Tempat camping di Jogja ini merupakan hasil usaha dari masyarakat sekitar, yang mengubah padang rumput jadi satu lokasi camping seru.

Tempat ini biasanya digunakan untuk acara-acara komunitas, sekolah, atau kampus. Di sana, terdapat beberapa bagian tempat kemah yang bisa digunakan, sesuai dengan kebutuhan. Fasilitasnya juga cukup lengkap sehingga kamu tak perlu khawatir soal akses air bersih atau MCK.

Baca Juga : Cari Pemandangan Air Terjun Terbaik? 4 Titik ini Wajib DIkunjungi!

Tempat Camping Di Jogja, Puncak Kosakora

tempat camping di jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi) 

Rekomendasi kedua kami untuk tempat camping di Jogja adalah Puncak Kosakora. Kosakora sendiri merupakan nama bukti yang berada di Pantai Drini, deretan pantai indah di selatan provinsi Jogjakarta ini.

Pemandangan yang ditawarkan bukan hutan hijau atau perkotaan dari ketinggian. Namun hamparan laut luas dengan ombak yang mempesona setiap saat. Di Puncak Kosakora ini kamu juga bisa melihat sunrise yang indah dari titik camping ground yang tersedia.

Meski demikian, kamu harus melakukan pendakian singkat untuk mencapai titik camping yang tersedia.

Bukit Kosakora terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jangan lupa juga untuk singgah menjelajah berbagai pantai yang ada di gugusan pantai selatan ya!

Puncak Becici Jogjakarta

Terakhir dalam artikel singkat kami kali ini tentang tempat camping di Jogja, adalah Puncak Becici. Lokasinya ada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kamu bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi dalam waktu singkat dari pusat kota Jogja.

Selain terdapat lokasi camping yang cukup lega dan berkapasitas cukup besar, Puncak Becici juga memiliki banyak sekali titik atau spot foto yang bisa digunakan. Tak akan lengkap bukan rasanya jika berwisata tanpa ber-selfie ria?

Tempat ini juga akan memberikan banyak hiburan di malam hari, dengan gemerlapnya lampu-lampu yang tersusun rapi di sana.

Pantai Pok Tunggal

tempat camping di jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dari dataran tinggi yang berada dekat dengan tengah kota, kita beranjak ke area pantai yang kembali berada di gugusan pantai selatan. Pantai Pok Tunggal, jadi salah satu lokasi camping yang bisa kamu coba saat singgah ke Jogja.

Pantai Pok Tunggal juga dikatakan sebagai salah satu pantai terbaik di deretan Pantai Gunungkidul, karena pemandangan dan lanskapnya yang sempurna. Sunrise dan sunset, di satu lokasi yang sama, bukankah itu akan sempurna untuk camping yang kamu lakukan?

Kamu bisa singgah ke pantai ini di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Jogjakarta. Di sana kamu akan disambut dengan pasir putih, pemandangan indah, dan fasilitas yang cukup lengkap.

Baca Juga : 5 Tips Berkendara Aman untuk Pengendara Motor Wanita 

Beberapa tempat camping di Jogja di atas bisa kamu coba saat kamu berkunjung ke sana. Intinya, tetap persiapkan diri kamu saat berkemah, walaupun medan yang ada di lokasi-lokasi ini terbilang sangat ramah untuk pemula.

Untuk persiapan mendatangi tempat camping di Jogja ini, kamu bisa mengandalkan perlengkapan dari Eiger Adventure. Lengkap dan berkualitas, semua peralatan yang tersedia di sini akan dapat memenuhi kebutuhan kamu. Jadi segera dapatkan perlengkapan terbaiknya, dan persiapkan agenda camping bersama teman-temanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments