HomeTips & TrickMountaineeringWajib Tahu! Inilah Informasi Terbaru Seputar Camping Ground Cibodas

Wajib Tahu! Inilah Informasi Terbaru Seputar Camping Ground Cibodas

Sejak jaman Belanda, Cibodas telah dikenal sebagai salah satu tempat wisata dengan pegunungan dan alam yang sangat menarik dan memukau. Karena di Cibodas merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, banyak pendaki gunung yang menjadikan Cibodas sebagai tempat camping sebelum mendaki ke Puncak Gede Pangrango. Terdapat dua camping ground di Cibodas yaitu Mandalawangi Camping Ground Cibodas dan Camp Ground Bukit Golf Cibodas. Keduanya merupakan tempat berkemah terbaik yang ada di kawasan wisata Cibodas.

1. Mandalawangi Camping Ground

camping ground cibodas
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Mandalawangi Camping Ground letaknya tepat di pintu keluar Kebun Raya Cibodas, di kompleks balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sekitar tempat camping ini terdapat Danau Mandalawangi, Sungai Cikundul, Jungle Track, dan Air Terjun Rawa Gede. Tempat camping ini dibagi menjadi beberapa blok, yaitu blok pinus merkusii, blok rasamala, blok sungai, blok danau dan beberapa blok lainnya. Setiap blok memiliki luasan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Begitupun dengan dan karakter lansekap tempat untuk mendirikan tendanya.

Hal menarik di Mandalawangi Camping Ground

Pada saat memasuki area perkemahan, ada sebuah patung komodo raksasa yang akan menyapa dengan mulut yang terbuka. Patung tersebut merupakan sebuah terowongan untuk masuk ke area perkemahan. Sebagian orang menyebut Mandalawangi Cibodas dengan sebutan Taman Komodo. Padahal sebenarnya tidak ada habitat komodo di tempat ini, hanya patungnya saja.

Setiap pengunjung bisa memilih untuk menyusuri sungai untuk melihat pemandangan yang indah. Selain itu, bisa juga langsung menuju ke area Danau Mandalawangi yang menyejukan, atau melihat Air Terjun Rawa Gede yang menakjubkan. Fasilitas lainnya seperti sewa peralatan camping juga tersedia. Jadi, kita tidak perlu repot membawa semua peralatan camping dari rumah. Bagi yang suka rintangan lebih, jangan lewatkan jungle track dan fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net.

Lokasi dan harga tiket Mandalawangi Camping Ground

Berkunjung ke lokasi Mandalawangi Camping Ground sebenarnya cukup mudah. Begitu memasuki area kawasan Wisata Cibodas, kita tinggal lurus ke arah pendakian Gunung Gede Pangrango. Kemudian, gerbang masuk area perkemahan terletak tepat di samping Kantor Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Harga tiketnya sebesar Rp27.500 per orang untuk satu malam berkemah. Dan Rp13.500 per orang untuk tiket kunjungan. 

2. Camp Ground Bukit Golf Cibodas

camping ground cibodas
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Sementara itu, Camp Ground Bukit Golf Cibodas pada awalnya merupakan lapangan golf dengan fasilitas 9 hole yang berada di kawasan Wisata Cibodas. Letaknya tepat berada di samping Kebun Raya Cibodas, dan berdampingan dengan Mandalawangi Camping Ground. Di Bukit Golf Cibodas terdapat gedung House Club yang memiliki fasilitas ruang aula, toilet, selasar, ruang ganti, ruang kantor, hingga ruang tamu. Sedangkan di Camp Ground Bukit Golf Cibodas terdapat lokasi parkir kendaraan, WC di beberapa titik area camping, danau, sungai, dan lapangan hijau yang sangat luas untuk camping maupun bermain golf.

Hal menarik di Camp Ground Bukit Golf Cibodas

Kawasan camping ground Cibodas yang satu ini disebut Bukit Golf lantaran tempatnya memang kelihatan seperti lapangan golf dengan bukit-bukit kecil di sekitarnya. Lahan yang tersedia sangatlah luas. Dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu barat, tengah, dan juga timur. Lahan tengah biasanya digunakan untuk camping rombongan besar, seperti outing kantor, kegiatan Pramuka anak sekolah, atau semacamnya. Sedangkan jika datang bersama rombongan kecil atau keluarga, kita bisa memilih lahan timur yang letaknya lebih dekat dengan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Namun jika kita ingin keheningan, maka lahan bagian barat yang lebih tersembunyi bisa jadi pilihan yang tepat. 

Ada satu hal yang paling menyenangkan dari Camp Ground Bukit Golf Cibodas, yaitu fasilitas yang tersedia super lengkap dan sangat memanjakan pengunjung. Mulai dari MCK yang layak, warung kelontong, warung makan, tukang sayur, dan mushola. Selain itu, di camping ground-nya sudah tersedia lampu penerangan di beberapa titik. Dengan begitu, suasana saat malam tidak begitu gelap.

Lokasi dan harga tiket Camp Ground Bukit Golf Cibodas

Camping ground ini berada tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas dan pintu masuk pendakian Gunung Gede-Pangrango. Sangat mudah dicapai, baik dari arah Cianjur-Sukabumi, Puncak, Bogor, maupun Jakarta. Kita bisa berkunjung ke sini dengan menaiki kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika memilih opsi terakhir yaitu menggunakan angkutan umum, kita bisa langsung turun di pertigaan Cibodas dan melanjutkan perjalanan dengan naik angkot kuning, atau bisa juga memanfaatkan jasa tukang ojek. Sangat praktis, bukan?

Kalau tidak punya perlengkapan berkemah, tak perlu khawatir. Kita bisa menyewa segala macam perlengkapan camping di pengelola Bukit Golf Cibodas. Harganya tentu bervariasi, tergantung jenis alat dan juga ukurannya. Khusus tenda, biasanya akan dipatok antara Rp100.000 hingga Rp200.000, disesuaikan dengan kapasitas. Sementara untuk alat-alat seperti matras, sleeping bag, hingga kompor, akan ditawarkan antara Rp30.000 hingga Rp50.000.

Baca juga: Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci!

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, banyaknya aktivitas seru, dan pemandangan yang indah, Camp Ground Bukit Golf Cibodas selalu menjadi tujuan utama pecinta kegiatan outdoor untuk berakhir pekan. Hanya perlu mengeluarkan biaya sewa Rp30.000 per malam per orang, kita sudah bisa puas menikmati segala pesonanya! 

Baca juga: Packing Adalah Persiapan Wajib Sebelum Pendakian, Jangan Sampai Terlewat!

Bagaimana, sudah membayangkan betapa serunya berkemah di camping ground Cibodas? Tenang, semua akan segera terwujud! Eiger Adventure menyediakan berbagai macam peralatan camping terbaik yang bisa melengkapi kebutuhan kita. Kalau perlengkapan dan peralatan camping sudah siap, dijamin keseruan berkemah di camping ground Cibodas bukan hanya angan belaka. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru