HomeTips & TrickTravelingApa itu Stargazing? Ini Rekomendasi Tempat Melihat Bintang Terbaik

Apa itu Stargazing? Ini Rekomendasi Tempat Melihat Bintang Terbaik

Apakah Eigerian suka melihat bintang dan sedang mencari rekomendasi tempat melihat bintang terbaik di Indonesia? Simak ulasan menarik di bawah ini sampai akhir, ya!

Kegiatan melihat bintang juga dikenal dengan istilah stargazing. Stargazing ini adalah kegiatan mengamati langit malam untuk menikmati dan mempelajari benda-benda langit seperti bintang, planet, bulan, serta objek-objek angkasa lainnya. Cari tahu lebih banyak seputar stargazing dan rekomendasi tempat melihat bintang terbaik, yuk!

Apa Itu Stargazing?

tempat melihat bintang
Sumber: Freepik

Stargazing memang menjadi salah satu kegiatan seru yang banyak dicari orang. Tapi sayangnya, tidak semua spot bisa menjadi tempat melihat bintang. Diperlukan tempat-tempat dengan polusi udara dan cahaya yang minim sehingga gelapnya langit malam yang bertabur bintang bisa terlihat secara lebih jelas. 

Selama stargazing, Eigerian dapat menggunakan berbagai peralatan seperti teleskop, teropong, atau hanya mata telanjang untuk mengamati langit malam. Ini adalah kegiatan yang populer di kalangan astronom amatir, pecinta alam, dan orang-orang yang tertarik pada ilmu pengetahuan angkasa.

Stargazing tentunya bisa menjadi pengalaman yang memukau dan menenangkan, lho. Kegiatan ini juga memungkinkan Eigerian untuk merenung dan mengagumi keindahan alam semesta. Beberapa acara khusus, seperti gerhana bulan atau meteor shower, bisa menjadi momen-momen istimewa untuk melakukan stargazing.

Baca juga: Daftar Kawasan Ekowisata yang Menarik untuk Liburan, Cek Yuk!

Rekomendasi Tempat Melihat Bintang Terbaik di Indonesia

tempat melihat bintang
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Ada beberapa tempat melihat bintang di Indonesia yang terkenal akan kegiatan stargazing-nya. Bagi Eigerian yang memiliki stargazing sebagai salah satu bucket list liburan, yuk simak rekomendasi tempat melihat bintang di Indonesia terpopuler berikut:

1. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng yang berada di Wonosobo sudah lama menjadi destinasi wisata populer karena pemandangan indah dan reruntuhan candi bersejarahnya. Meskipun umumnya banyak orang yang kerap mengunjungi Dataran Tinggi Dieng untuk melihat matahari terbit atau terbenam, tapi ternyata kawasan ini juga menawarkan pemandangan langit malam bertabur bintang yang tak kalah indah. Ini bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkemah di titik-titik seperti komplek Candi Arjuna, Candi Setiyaki, Bukit Sidengkeng, Bukit Sikunir dan Gunung Prau. 

2. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau indah yang berada di bawah kaki gunung Semeru, di mana kawasan ini kerap menjadi salah satu spot camping favorit para pendaki. Selain itu, kawasan ini juga sekaligus bisa menjadi tempat melihat bintang yang mempesona. Tempat melihat bintang di Indonesia yang satu ini berada di ketinggian 2.400 mdpl, sangat jauh dari wilayah perkotaan sehingga Eigerian bisa dengan leluasa melihat indahnya langit malam yang bertabur bintang, khususnya saat di hari-hari dengan suasana cerah.

3. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Rekomendasi tempat melihat bintang di Indonesia selanjutnya adalah sebuah destinasi wisata budaya yang berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Meskipun akses untuk menuju destinasi wisata ini cukup sulit, namun keindahan pemandangan serta adat dan budaya warga setempat yang masih sangat terjaga membuat perjalanan panjang menjadi terbayar lunas. Karena berlokasi di daerah yang cukup terpencil dan jauh dari modernisasi, maka tidak heran jika suasana di Wae Rebo masih sangat alami, bebas dari polusi udara dan cahaya. Hal ini tentunya membuatnya menjadi salah satu alternatif tempat melihat bintang di Indonesia yang sangat menakjubkan.

4. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran adalah destinasi wisata alam di Situbondo, Jawa Timur yang terkenal akan padang rumputnya yang jika memasuki musim kemarau, menawarkan pemandangan seperti safari di Afrika, membuatnya juga kerap dijuluki “Africa van Java”. Kawasan Taman Nasional Baluran yang masih sangat alami menjadikannya salah satu tempat melihat bintang di Indonesia yang bebas dari polusi udara dan cahaya, sehingga pemandangan langit malam masih sangat terjaga, khususnya pada saat cuaca cerah di musim kemarau. 

5. Pulau Kepa, Alor, Nusa Tenggara Barat

Bagi para pecinta wisata pantai dan alam bawah laut, tentunya sudah bukan rahasia lagi jika Alor adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Nusa Tenggara Barat untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, selain bisa puas snorkeling dan diving, saat malam hari tiba, beberapa pantai di kawasan ini juga menawarkan pemandangan langit malam yang sangat mempesona, lho! Salah satunya adalah Pulau Kepa. Tempat melihat bintang di Indonesia yang satu ini akan memberikan pengalaman terbaik untuk menyaksikan indahnya langit malam, khususnya ketika cuaca sedang cerah ditemani deburan suara ombak yang sangat menenangkan.

6. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Timur

Tempat melihat bintang selanjutnya adalah sebuah danau kawah di Gunung Rinjani yang dikenal dengan nama Segara Anakan. Tempat ini berada di Desa Sembalun Lawang, terletak di atas 2000 meter di atas permukaan laut. Bagi Eigerian yang hendak melakukan kegiatan pendakian di Gunung Rinjani, Danau Segara Anak tentunya akan menjadi salah satu pos perhentian yang akan dilewati. Jika Eigerian memutuskan untuk bermalam dan berkemah di sini, maka Eigerian bisa menyaksikan indahnya pemandangan langit malam dari kawasan yang masih sangat alami dan bebas dari polusi udara dan juga cahaya, menjadikan indahnya langit malam semakin terlihat jelas.

Baca juga: 12 Hidden Gems Bandung yang Cocok untuk Healing

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat melihat bintang yang mana dulu, nih? Jangan lupa perhatikan outfit-mu, karena melakukan kegiatan stargazing biasanya memerlukan pakaian yang mampu menghalau hawa dingin di malam hari.

Tak perlu bingung, Eigerian bisa belanja kebutuhan traveling secara online di website resmi EIGER Adventure. Ada banyak sekali pilihan mulai dari t-shirt, kemeja, celana, jaket, tas, sepatu, hingga aksesoris yang bisa melengkapi outfit-mu! Belanja di website resmi EIGER Adventure, Eigerian bisa mendapatkan produk original dengan harga terbaik dan promo menarik. Yuk, cek koleksi terbarunya dan belanja sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru