HomeTips & TrickTraveling12 Hidden Gems Bandung yang Cocok untuk Healing

12 Hidden Gems Bandung yang Cocok untuk Healing

Bandung dikenal sebagai daerah favorit wisata yang memiliki warisan budaya yang kaya, ragam kuliner lezat, dan keindahan alam yang memukau. Tak sedikit hidden gem Bandung yang menjadi buruan wisatawan.

Meskipun banyak wisatawan berkerumun di tempat-tempat populer, terdapat juga tempat-tempat tersembunyi di Bandung yang menarik untuk dijelajahi.

Tempat-tempat yang kurang dikenal ini menawarkan pengalaman unik dan autentik, jauh dari keramaian biasa. Mulai dari kafe-kafe tersembunyi yang terletak di gang-gang sempit hingga keindahan alam yang memukau.

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap beberapa hidden gem Bandung yang masih sepi dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung, Bisa Jalan Kaki!

Rekomendasi Hidden Gem Bandung untuk Healing

Mulai dari wisata alam hingga café yang unik dan autentik, berikut rekomendasi hidden gem Bandung yang wajib Eigerian kunjungi!

1. Stone Garden Citatah

hidden gem bandung
(Foto Stone Garden Citatah. Sumber: Ticmpu.id)

Stone Garden Citatah merupakan dasar laut dangkal purba yang diyakini sudah ada sejak sekitar 27 juta tahun lalu.

Terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Stone Garden menjadi salah satu hidden gem yang menarik di Bandung.

Wisata Stone Garden terletak di Desa Gunung Masigit, Kampung Grimulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

2. Situ Cileunca

Situ Cileunca berlokasi di Desa Wanasari Pangalengan. Tempat wisata Pangalengan yang satu ini menghadirkan panorama danau buatan yang memukau.

Danau seluas 1.440 hektar ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena spotnya yang Instagrammable. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000,- per orang.

Baca Juga: 22 Tempat Wisata di Jogja untuk Keluarga saat Liburan

3. Situ Patenggang

hidden gem bandung
(Foto Situ Patenggang Bandung. Sumber: Instagram.com/wildan_l.h_2008)

Situ Patenggang bisa menjadi salah satu destinasi hidden gem Bandung yang bisa Eigerian kunjungi.

Selain menawarkan pemandangan yang asri dan menakjubkan, udara sejuknya pun dapat menghilangkan rasa penat yang dirasakan. Hal ini karena Situ Patenggang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya juga masih sangat segar.

4. Tebing Keraton

Hidden gem selanjutnya adalah Tebing Keraton yang berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda.

Dari atas Tebing Keraton, kita bisa menikmati panorama alam yang memukau seperti pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan perbukitan yang indah.

Lokasi ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Daya tarik Tebing Keraton memang begitu memukau untuk dikunjungi.

Baca Juga: 15 Objek Wisata Dekat Stasiun Malang, Bisa Jalan Kaki!

5. Selasar Sunaryo Art Space

hidden gem bandung
(Foto Selasar Sunaryo Art Space. Sumber: Selasarsunaryo.com)

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) merupakan sebuah ruang seni dan organisasi non-profit yang berdedikasi untuk mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia.

Sebagai sebuah pusat kebudayaan, SSAS mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai disiplin seni, termasuk desain, kriya, seni pertunjukan, sastra, arsitektur, dan lain-lain.

6. Bosscha Observatorium

Ingin melihat keindahan milky way dari Bandung? Eigerian dapat berkunjung ke Bosscha Observatorium.

Observatorium ini adalah sebuah lembaga penelitian yang merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB.

Di sini, kita dapat menikmati pemandangan luar angkasa menggunakan teropong raksasa. Jika berkunjung pada malam hari, Eigerian bisa melihat keindahan gugusan bintang di langit Bandung.

7. Kampung Daun

hidden gem bandung
(Foto Kampung Daun Bandung. Sumber: Kampungdaun.id)

Kampung Daun Culture Gallery & Cafe adalah sebuah destinasi wisata yang unik di Bandung. Tempat ini menawarkan kombinasi antara galeri seni, restoran, dan suasana pedesaan yang menawan.

Terletak di daerah Lembang, Kampung Daun Culture Gallery & Cafe menyajikan pengalaman yang menyegarkan bagi pengunjung.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Wisata Religi Terpopuler di Indonesia

8. Orchid Forest Cikole

Terletak di Lembang, kita bisa merasakan suasana hutan pinus yang sejuk dan damai ketika berkunjung ke Orchid Forest Cikole.

Di sini, terdapat hamparan pepohonan pinus, koleksi bunga anggrek, dan rumah kaca. Tempat wisata berkonsep ecotourism ini juga memiliki beberapa wahana untuk berolahraga.

9. Peternakan Sapi

hidden gem bandung
(Foto ilustrasi peternakan sapi. Sumber: Unsplash.com)

Penasaran dengan proses pengambilan susu sapi segar yang kita konsumsi setiap hari? Kita bisa berkunjung ke peternakan sapi milik salah satu brand susu kemasan di Indonesia.

Terletak di daerah Pangalengan, kita bisa berkunjung ke peternakan susu milik PT Ultra Peternakan Bandung Selatan dan belajar proses produksi susu bersama anak-anak.

10. Gunung Artapela

Gunung Artapela termasuk salah satu hidden gem Bandung yang jarang dikunjungi pendaki. Bagi Eigerian yang hobi naik gunung, lokasi yang satu ini wajib untuk dikunjungi.

Gunung Artapela memiliki ketinggian 2.194 mdpl sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula. Walau tidak begitu tinggi, kita tetap bisa menikmati panorama alam yang memukau dan pastinya tak akan menyesal untuk mendatanginya.

Baca Juga: Mengenal Bikepacking, Wisata Sepeda yang Menyegarkan Pikiran

11. Sanghyang Heuleut

hidden gem bandung
(Foto Sanghyang Heuleut. Sumber: Pariwisataku.com)

Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang memiliki keindahan air yang sangat jernih. Air di danau ini memiliki warna biru kehijauan yang memukau dan memberikan kesan yang menyegarkan.

Berlokasi di Rajamandala Kulon (Cipatat), di sekitar danau terdapat tebing yang menambah keunikan tempat ini, menjadikannya sebagai hidden gem terbaik di Bandung.

12. Pecah Kopi

Bagi Eigerian yang ingin menikmati kopi dengan sentuhan budaya Yogyakarta di Bandung, jangan lewatkan Pecah Kopi.

Ketika memasuki tempat ini, kita akan langsung merasakan atmosfer yang sarat dengan budaya tradisional khas Yogyakarta.

Dekorasi di Pecah Kopi didominasi oleh motif batik yang menciptakan suasana yang kental dengan nuansa tradisional.

Selain suasana yang menarik, rasa kopi yang disajikan di sini juga sangat nikmat.

Itulah beberapa hidden gem Bandung yang cocok untuk healing. Kebanyakan tempat wisata tersebut berada di kawasan yang terkenal dingin.

Oleh karena itu, jangan lupa melengkapi outfit liburan ke Bandung dengan pakaian hangat seperti jaket, sweater, topi, atau sarung tangan.

Eigerian bisa menemukan dan membeli berbagai outfit liburan melalui Situs Website EIGER Adventure Official.

Dengan berbelanja di situs resmi EIGER, kita berkesempatan mendapatkan diskon spesial, gratis ongkir seluruh Indonesia, dan jaminan produk original.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru