HomeTips & TrickTraveling5+ Tempat Wisata di Lombok selain Pantai, Cek di Sini!

5+ Tempat Wisata di Lombok selain Pantai, Cek di Sini!

Kecantikan pantai yang ada di Pulau Lombok menjadi pesona untuk banyak orang. Tapi tahukah kamu ternyata pulau di sebelah timur Pulau Bali ini juga memiliki banyak tempat wisata lain yang tak kalah menarik? Sederet tempat wisata di Lombok selain pantai bisa kamu cermati di artikel ini, untuk kemudian dimasukkan ke rencana liburanmu berikutnya.

Daftar panjang tentang pantai di Lombok bisa kamu temukan dengan mudah di artikel terkait, atau pada beberapa artikel lain di situs perjalanan. Diantaranya yang paling terkenal adalah Pantai Senggigi, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Tangsi, Pantai Bangko-Bangko, Pantai Tanjung Ringgit, Pantai Seger, Pantai Sekotong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu!

Alternatif Seru Tempat Wisata di Lombok Selain Pantai

Tempat wisata di lombok selain pantai
Sumber: wirestock via freepik.com

Memang bahasan tentang keindahan pantai di pulau ini rasanya akan menjadi artikel yang panjang dan tidak ada ujungnya. Tapi mari kali ini melihat sisi lain Pulau Lombok, yang ternyata juga memiliki destinasi wisata lain yang tidak kalah seru dari pantainya yang mulai dikenal dunia.

Setidaknya dari penelusuran yang dilakukan, ada kurang lebih delapan tempat wisata di Lombok selain pantai yang wajib masuk ke daftar liburanmu.

1. Sumber Air Panas Aik Kalak

Cocok untuk self healing, Sumber Air Panas Aik Kalak bisa jadi tujuan yang tepat. Destinasi ini ada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani yang sudah sejak lama dikenal warga sekitar sebagai tempat untuk menyembuhkan diri secara harfiah.

Pasalnya, sumber air panas ini diyakini punya khasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit, encok, menajamkan panca indra, hingga membuat kulit tampak awet muda. Jadi selain membuat pikiran tenang, ada sederet manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke sana.

2. Desa Sukarara

Desa wisata ini menjadi daya tarik wisata selain pantai yang ada di Lombok karena apa yang ada di sana. Kamu bisa menemukan sentra kerajinan kain tenun songket khas Lombok yang memiliki nilai budaya dan ekonomi tinggi.

Masyarakat Desa Sukarara mahir menenun sebab menjadi syarat adat untuk dapat melakukan pernikahan. Penggunaan benang emas dan motif tenunan yang otentik membuat kain songket dari Desa Sukarara cukup dikenal di masyarakat luas.

3. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Lombok tidak selalu pantai, karena kamu juga bisa berkunjung ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Tempat ini menyimpan sejarah lengkap masyarakat NTB, karena memiliki koleksi benda bersejarah, benda seni, benda arkeologi, yang mencapai sekitar 7,000 buah.

Diresmikan pada 23 Januari 1982 lalu, dipercaya beberapa benda yang disimpan di museum tersebut memiliki unsur magis yang kuat. Lokasinya yang cukup mudah dijangkau membuatnya wajib masuk ke itinerary ketika kamu liburan ke Lombok.

4. Kota Tua Ampenan

Selanjutnya selain pantai kamu juga berkunjung ke Kota Tua Ampenan, tempat bangunan-bangunan kuno peninggalan pemerintah kolonial Belanda masih berdiri kokoh. Kota Tua Ampenan sendiri dulunya adalah kota pelabuhan yang besar tempat pemerintahan Belanda berlangsung.

Meski tampak usang, tapi bangunan yang ada di sana masih berfungsi dengan sangat baik. Salah satu keunikan yang tampak adalah pada gaya arsitektur Art Deco yang mencolok dibandingkan bangunan lain di sekitarnya.

5. Bukit Malimbu

Cocok untuk kamu yang menyukai momen Matahari terbenam, Bukit Malimbu menyediakan spot yang tepat untuk pemandangan indah ini. Bukit Malimbu sendiri cukup terkenal sebagai salah satu tempat singgah untuk wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Gili.

Lokasinya ada di Malaka, daerah Lombok Utara, dan terbagi menjadi bagian timur dan bagian barat jalan raya. Di bagian timur terdapat beberapa tempat duduk yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dan melihat pemandangan, sementara di bagian barat terdapat rest area yang biasanya digunakan untuk rehat sejenak sambil menikmati sunset.

Bahkan tak sedikit lho yang berkemah, selfie, memancing, dan melakukan aktivitas lainnya.

Selain lima tempat wisata ini, masih ada lagi Air Terjun Tiu Kelep, Taman Mayura, dan Pasar Seni Sayang-Sayang yang bisa kamu kunjungi. Masing-masing memiliki daya tarik yang tak kalah seru dengan pantai cantik di Lombok, sehingga layak masuk daftar kunjungan saat kamu berlibur.

Tips Liburan di Lombok

Tempat wisata di lombok selain pantai
Sumber: EIGER Adventure

Nah untuk liburan ke Lombok dan menikmati berbagai destinasi di atas, ada baiknya juga kamu melakukan perencanaan jauh-jauh hari. Persiapan yang matang akan membantu kamu menikmati waktu lebih maksimal di setiap tempat yang dikunjungi, dan kamu bisa terhindar dari pemborosan.

Beberapa tips yang bisa diberikan untuk agenda berkunjung ke tempat wisata di Lombok selain pantai adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buat itinerary yang jelas dan terjadwal. Agenda singkat ini akan membantumu mengunjungi semua tempat dan mencoba semua hal yang sudah direncanakan sejak awal. Di waktu yang sama, bahkan rencana perjalanan ini bisa membantumu menghemat pengeluaran
  • Kedua, tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan. Pilih waktu yang tidak terlalu ramah sehingga kemungkinan kamu mendapatkan tiket dengan harga terjangkau lebih besar
  • Ketiga, tentukan moda transportasi yang digunakan. Untuk rentang waktu liburan singkat, pesawat akan jadi opsi terbaik. Tapi misalnya kamu punya waktu panjang, menggunakan bus akan terasa lebih seru
  • Keempat, pesan akomodasi hotel jauh-jauh hari, dan pastikan ketersediaan kamar dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan
  • Kelima, tentukan transportasi di Lombok nantinya. Coba gunakan transportasi umum, atau jika ingin lebih nyaman gunakan jasa sewa kendaraan yang ada di sana

Kira-Kira Berapa Total Biayanya Ya?

Tempat wisata di lombok selain pantai
Sumber: freepik via freepik.com

Sebenarnya untuk total biaya liburan ke Lombok dan mengunjungi beberapa destinasi selama liburan akan sangat bergantung pada banyak hal. Mulai dari pemilihan moda transportasi, kemudian berapa lama kamu akan liburan, di mana kamu akan menginap, dan kegiatan apa saja yang kamu lakukan.

Untuk liburan yang lebih ekonomis, gunakan formula sederhana ini: bis untuk sampai ke Lombok, gunakan kendaraan umum atau sewa motor, cari hostel atau tempat menginap dengan harga terjangkau, makan di warung pinggir jalan, jangan ragu minta rekomendasi warga sekitar untuk berbagai aktivitas yang ekonomis tapi tetap seru.

Tapi jika kamu punya budget yang cukup lega, kamu bisa memaksimalkan pengalaman liburan dengan fasilitas yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Opsi Menarik 7 Pantai Pasir Putih di Indonesia 

Well itu tadi beberapa informasi tempat wisata di Lombok selain pantai yang bisa kamu kunjungi di waktu liburan mendatang. Setiap tempat punya keunikannya masing-masing, dan pengalaman yang ditawarkan juga berbeda-beda, tergantung preferensi cara bersenang-senang yang kamu punya untuk mengisi waktu liburanmu yang berharga.

Selain membuat agenda yang jelas dan persiapan matang, dukungan dari gear liburan yang solid akan turut mendukung kelancaran agenda. Pemilihan tas berkualitas, topi atau penutup kepala yang berfungsi dengan baik, pakaian yang tepat untuk suasana yang hangat, dan alas kaki yang solid, akan membuatmu menikmati liburan lebih seru. EIGER Adventure jelas memiliki setiap produk berkualitas untuk gear liburan yang kamu butuhkan. Selain beberapa varian produk yang disebutkan tadi, kamu juga bisa menggunakan botol minum Z-Tze Water Bottle yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, hanya Rp89.100 saja. Tidak perlu cemas, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru