HomeTips & TrickLifestyle7 Tips Commuting, Hindari Telat dan Perjalanan Nggak Nyaman!

7 Tips Commuting, Hindari Telat dan Perjalanan Nggak Nyaman!

Untuk masyarakat perkotaan, aktivitas commuting jelas jadi hal yang biasa. Rutinitas ini dilakukan demi menjalankan pekerjaan, karena seringkali tempat tinggal cukup jauh dari lokasi kerja. Tentu Eigerian yang termasuk dalam golongan masyarakat ini pernah mengalami rasa sebal ketika berhadapan dengan traffic yang kacau bukan?

Semua orang yang commuting memiliki kepentingan yang sama: datang ke tempat kerja tepat waktu dan tidak sampai menghancurkan penampilannya hingga sampai di kantor, atau beberapa lainnya ke kampus. Maka sedikit tips ini semoga bisa berguna, untuk aktivitas nglaju yang lebih nyaman dan efektif!

Baca Juga: Cara Melakukan Kayaking untuk Pemula, Perhatikan Tipsnya

1. Miliki Rencana Perjalanan yang Rinci

commuting
Sumber: freepik.com

Punya rencana perjalanan yang rinci bisa jadi sangat membantu, karena kamu tahu benar moda transportasi apa yang kamu perlukan dan jam berapa mereka berangkat. Tidak hanya plan A saja, sebaiknya juga kamu punya plan B sebagai cadangan.

Artinya ketika jadwal pada rencana pertama tidak bisa dijalankan karena satu dan lain hal, kamu bisa menggunakan rencana B untuk tetap sampai di kampus atau kantor dengan tepat waktu. Untuk bisa membuatnya kamu perlu pengetahuan mendalam soal moda transportasi yang ada, jadwal keberangkatan, dan jam-jam sibuk yang ada di setiap sarana transportasi itu.

2. Pastikan Kamu Tahu Opsi yang Tersedia

Mulai dari angkutan umum dengan ukuran kecil, bus, ojek pangkalan dan online, bajaj, kereta, atau commuter line dan kereta listrik, pastikan kamu tahu benar jalur yang harus digunakan dan jalur alternatif yang bisa dijadikan opsi.

Pemetaan rinci tentang pilihan moda transportasi ini membuatmu lebih fleksibel dan mudah berhadapan dengan berbagai keadaan yang tidak diduga tanpa harus mengorbankan waktu kedatangan.

Memang perlu effort, tapi ketika punya data yang lengkap kamu lebih mudah menemukan pilihan di saat terdesak.

3. Isi Perut agar Tidak Mudah Marah

commuting
Sumber: freepik.com

Well, ungkapan logika tidak akan berjalan dengan baik tanpa logistik yang dipenuhi ada benarnya. Bisa dibayangkan jika kamu harus berdesakan dengan commuter lain dengan perut kosong dan badan lemas bukan?

Jadi pastikan kamu mengisi tenaga dan perutmu sebelum berangkat, supaya kamu punya tenaga yang cukup untuk berhadapan dengan kepadatan yang ada. Hal ini juga bisa banyak membantu memberikan pengendalian diri yang lebih baik ketika suasana diluar kontrol.

Usahakan juga kamu mendapatkan cukup waktu istirahat ya supaya badan segar ketika bangun pagi untuk melakukan perjalanan!

4. Jangan Ragu Berbagi Soal Commuting!

Saat sampai di kantor atau di kampus, jangan ragu berbagi soal pengalamanmu ketika dalam perjalanan. Siapa tahu ada teman kantor atau teman kampus yang punya pengalaman serupa, dan menawarkan alternatif menarik untuk dicoba.

Bisa jadi ada seseorang yang searah dengan tempat tinggalmu, atau memiliki siasat rute dan moda transportasi yang lebih efektif dan efisien, dan sebagainya. Topik seperti ini harusnya jadi bahasan yang umum dilakukan agar sama-sama bisa sampai ke kantor lebih cepat.

5. Pastikan Pakaian yang Nyaman

commuting
Sumber: Eiger Adventure

Mulai dari pelindung kepala, outer, celana, hingga sepatu, pastikan semua nyaman digunakan untuk urusan ini. Ingat, kamu tidak perlu ketidaknyamanan tambahan selain apa yang sudah jadi rutinitasmu berdesakan di kereta atau angkutan umum.

Pilih pakaian dengan bahan yang sejuk di kulit sehingga rasa panas dan sesak tidak terlalu terasa. Bila perlu kamu bisa menggunakan masker untuk melindungi diri, dan tentu saja membawa tas yang bisa diandalkan serta tidak mudah jebol.

Pakaian yang nyaman bisa membuatmu merasa lebih menikmati perjalanan, atau setidaknya tidak membuat harimu dimulai dengan awal yang terlalu buruk.

6. Berangkat Lebih Pagi

Memang berangkat lebih pagi tidak selalu berarti kepadatan yang lebih ringan. Tapi setidaknya usaha ini bisa kamu coba sesekali untuk tahu kondisi di waktu lainnya. Waktu berangkat kerja umumnya serupa untuk semua orang, maka dari itu alternatif berangkat lebih pagi  disarankan dalam poin keenam ini.

Berangkat lebih pagi akan memberikanmu spare waktu cukup lama dalam perjalanan, sehingga kamu bisa menghindari keterlambatan sampai di kantor atau di kampus. Ingat, hal ini tidak perjalanan yang lebih nyaman, tapi berkesempatan besar memberikanmu hal ini.

7. Jurus Terakhir, Pindah Tempat Tinggal

commuting
Sumber: freepik.com

Well mungkin poin terakhir ini lebih mudah diterapkan untuk kamu yang masih ngontrak atau tinggal di kos daripada yang sudah punya rumah. Berpindah tempat tinggal ke area yang lebih dekat kantor atau kampus bisa jadi solusi, karena berarti jarak tempuh yang lebih pendek.

Meski demikian hal ini jelas punya konsekuensi jelas. Setidaknya, ada beberapa biaya tambahan yang harus ditanggung seperti harga sewa tempat tinggal yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga: 6 Aktivitas saat Musim Hujan di Rumah, Produktif! 

Itu tadi beberapa tips commuting yang bisa kamu coba terapkan untuk perjalananmu setiap hari, supaya tidak sampai terlambat datang ke kantor atau kampus, dan tetap nyaman di perjalanan. Tentu saja, untuk urusan pakaian yang nyaman dan berkualitas solid, kamu tidak perlu ragu memilih produk Eiger Adventure dan berbelanja di situs resminya langsung. Dengan kualitas yang terbukti dan teruji, apparels dari Eiger Adventure akan mendukungmu menghadapi tantangan perjalanan setiap hari, sampai kamu tiba tepat waktu di tujuan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru