HomeTips & TrickMountaineeringKetahui Fungsi dan Cara Tepat Penggunaan Trekking Pole

Ketahui Fungsi dan Cara Tepat Penggunaan Trekking Pole

Trekking pole atau yang juga dikenal sebagai hiking pole atau walking stick merupakan alat bantu berbentuk tongkat yang digunakan oleh pendaki, pejalan kaki, atau pecinta alam untuk memberikan dukungan dan stabilitas selama kegiatan hiking, trekking, atau berjalan-jalan di alam terbuka.

Hiking pole ini biasanya terbuat dari bahan ringan seperti aluminium atau serat karbon dan dilengkapi dengan pegangan ergonomis serta ujung tajam yang dapat menancap pada tanah. Trekking pole bisa digunakan secara tunggal atau berpasangan, tergantung pada preferensi penggunanya. Beberapa orang memilih untuk menggunakan satu trekking pole, sementara yang lainnya merasa lebih nyaman dengan dua trekking pole untuk meningkatkan keseimbangan. 

Fungsi Trekking Pole

trekking pole
Sumber: Eiger Adventure

Trekking pole memiliki beberapa fungsi yang dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi selama kegiatan hiking atau trekking. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama trekking pole yang perlu Eigerian ketahui:

1. Menambah Dukungan dan Stabilitas

Tongkat trekking akan memberikan tambahan dukungan dan stabilitas saat berjalan di medan yang berat atau tidak rata. Ini akan membantu mengurangi risiko tergelincir atau jatuh, terutama saat mendaki atau turun gunung.

2. Mengurangi Beban pada Sendi

Dengan menggunakan tongkat trekking, Eigerian dapat memindahkan sebagian beban tubuh dari kaki dan sendi lutut ke lengan atas. Hal ini tentunya akan mengurangi tekanan pada sendi dan otot kaki, membantu mencegah kelelahan dan cedera.

3. Mengurangi Kelelahan Otot

Tongkat trekking juga bisa membantu mendistribusikan beban tubuh dengan lebih merata, sehingga mengurangi kelelahan otot pada kaki, paha, dan pinggul. Hal ini akan meningkatkan daya tahan dan kenyamanan selama perjalanan.

4. Meningkatkan Keseimbangan

Dengan menggunakan tongkat trekking, Eigerian bisa meningkatkan keseimbangan, terutama saat melintasi medan yang sulit atau licin. Trekking pole juga akan membantu menciptakan tiga titik kontak dengan tanah, meningkatkan stabilitas keseluruhan.

5. Membantu Saat Mendaki dan Turun Gunung

Saat mendaki, tongkat trekking akan memberikan tambahan daya dorong, membantumu naik lebih efisien. Lalu pada saat turun gunung, tongkat trekking akan membantu mengurangi tekanan pada lutut dan sendi kaki.

6. Mengurangi Stres pada Tulang Belakang

Dengan menggunakan tongkat trekking, Eigerian dapat membantu menjaga postur tubuh yang baik, mengurangi tekanan pada tulang belakang, serta mengurangi risiko cedera.

7. Mengukur Kedalaman Salju atau Lumpur

Saat berada di daerah yang bersalju atau berlumpur, tongkat trekking juga bisa digunakan untuk mengukur kedalaman salju atau lumpur di depan Eigerian, lho! Sehingga ini akan membantumu membuat keputusan yang lebih baik tentang rute perjalanan.

8. Membantu dalam Pendakian Es atau Berbatu

Saat mendaki permukaan yang licin atau berbatu, tongkat trekking juga bisa memberikan tambahan dukungan dan membantumu menemukan pijakan yang lebih baik.

Itulah beberapa fungsi dari tongkat trekking yang perlu Eigerian ketahui. Selain sederet fungsi yang telah disebutkan di atas, beberapa orang juga menggunakan tongkat trekking untuk menyokong atap tenda, mengurangi kebutuhan untuk membawa penyangga tambahan. Sangat fungsional, bukan?

Baca juga: Melakukan Mountain Trekking, Jangan Lupa Pakai Trekking Pole!

Cara Tepat Penggunaan Trekking Pole

trekking pole
Sumber: Eiger Adventure

Menggunakan trekking pole dengan benar tentunya akan meningkatkan kenyamanan, stabilitas, dan efisiensi perjalanan Eigerian saat hiking atau trekking. Berikut ini adalah beberapa langkah cara menggunakan tongkat trekking yang wajib diperhatikan:

  1. Pastikan tongkat trekking sudah diatur dengan panjang yang sesuai pada tinggi badan Eigerian dan jenis medan yang akan dilalui. 
  2. Lalu, pegang tongkat trekking dengan benar. Sebagian besar tongkat trekking memiliki pegangan ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan pegangan yang baik. Pastikan pegangan berada di bagian atas tongkat, ya!
  3. Sebagian besar tongkat trekking dilengkapi dengan loop atau strap di pegangan. Eigerian bisa memasukkan tangan melalui loop atau strap dari bawah dan meletakkan pegangan di tangan. Hal ini memungkinkan Eigerian untuk melepaskan pegangan pole tanpa kehilangan tongkat jika Eigerian harus melepasnya.
  4. Tempatkan tongkat di depan Eigerian saat berjalan. Selain itu, letakkan tongkat di samping tubuh saat mendaki turunan, ini akan membantu menyeimbangkan dan mengurangi beban pada lutut dan sendi.
  5. Beberapa tongkat trekking punya fitur pengikat yang memungkinkanmu mengatur sudut pegangan sesuai dengan kebutuhan. Silakan sesuaikan sudut ini untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi.
  6. Idealnya, gunakan kedua tongkat trekking untuk mendapatkan keseimbangan yang lebih baik. Ini akan membantumu melibatkan otot-otot atas tubuh dan mengurangi tekanan pada lutut dan sendi kaki.

Bagi Eigerian yang ingin mencari rekomendasi tongkat trekking terbaik, di bawah ini telah disiapkan beberapa tongkat trekking dari EIGER yang bisa dipilih. Cek satu per satu, yuk!

Rekomendasi Trekking Pole dari EIGER

1. EIGER TRAIL ENDURO TREKKING POLE

trekking pole eiger

Tongkat trekking yang satu ini mudah disesuaikan panjangnya dengan kebutuhan, mulai dari 63-135 cm, dengan cara memutar kunciannya. Bentuknya dinamis, sehingga bisa memudahkan penyimpanannya di dalam tas saat tidak dipakai. 

2. EIGER TREKKING POLE 2 SECTION POLE

trekking pole eiger

Tongkat trekking yang satu ini dilengkapi dengan sistem antishock yang akan membuat Eigerian tertarik dengan fungsi dan kenyamanannya. EVA grip yang dilengkapi dengan wrist strap, serta area pendukung yang luas mampu membebaskan tangan untuk tujuan keamanan apabila sampai tersangkut.

3. EIGER HI TRECK S TREKKING POLE

trekking pole eiger

Tongkat ini memberikan keseimbangan, stabilitas, serta ketahanan yang Eigerian perlukan. Menariknya, tongkat ini menggabungkan konstruksi aluminium yang kuat dan tali pergelangan tangan dengan pegangan EVA lembut. Tongkat ini juga dilengkapi mekanisme penguncian model quick-lock dengan empat section yang dapat dilipat.

4. EIGER STROLL 3-SECTION TREKKING POLE

trekking pole eiger

Ini adalah tongkat dengan sistem teleskopik 3 bagian yang multifungsi dan berdaya tahan kuat. Tentunya, tongkat ini bisa menjadi andalan untuk menemani kegiatan outdoor di berbagai medan untuk mencegah terjadinya cedera dan mengurangi benturan pada saat hiking atau trekking

5. TENACITY TRACKING POLE, BLK, NOS

trekking pole eiger

Ini terbuat dari material aluminium alloy yang kuat dan tahan lama, sehingga sangat cocok digunakan untuk kegiatan hiking, trekking, dan trail running. Bentuknya yang mudah dilipat akan memudahkan penyimpanan dan menghemat tempat saat dibawa. 

Baca juga: Hiking Adalah Pendakian Singkat, Apa Bedanya dengan Trekking?

Bagaimana, sekarang sudah tidak bingung lagi mengenai fungsi dan cara penggunaan trekking pole, bukan? Dengan menggunakan tongkat trekking secara benar, maka Eigerian dapat meningkatkan kenyamanan dan stabilitas selama perjalanan hiking atau trekking. Jangan lupa untuk selalu sesuaikan penggunaan tongkat trekking dengan kondisi medan dan kebutuhan pribadi. Yuk, pilih trekking pole terbaikmu dengan belanja online di website resmi Eiger Adventure. Ada banyak promo menarik dan berbagai pilihan metode pembayaran. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru