HomeTips & TrickLifestyle10+ Wisata Anak di Jawa Barat, Apa Saja?

10+ Wisata Anak di Jawa Barat, Apa Saja?

Wisata anak bisa menjadi pilihan liburan di akhir pekan. Saat menentukan destinasi liburan bersama si kecil, orang tua mesti mengetahui terlebih dahulu tempat yang dituju benar-benar kids friendly atau tidak.

Biasanya, tempat yang menjadi pilihan untuk berlibur bersama si kecil merupakan tempat yang menyediakan edukasi kepada anak. Selain bisa mengedukasi, kamu juga bisa memilih tempat liburan bersama si kecil yang diwarnai dengan indahnya alam. 

Kamu dan si kecil bisa mencoba untuk berlibur ke kota-kota di Jawa Barat. Jawa Barat, menjadi provinsi dengan kota-kota yang menyediakan cukup banyak tempat liburan bersama si kecil yang penuh dengan edukasi dan bisa mengenalkan si kecil pada alam. 

Daftar Wisata Anak di Jawa Barat

Wisata anak

Berlibur bersama si kecil bisa membangun ikatan emosional yang terjalin dengan baik antara orang tua dan anak. Nah, berikut tempat liburan di Jawa Barat yang bisa kamu coba bersama si kecil, Eigerian:

1. Taman Wisata Matahari

Tempat liburan yang pertama ada Taman Wisata Matahari (TWM Park). TWM Park terletak di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. 

Lokasi wisata ini cocok untuk didatangi oleh si kecil karena memiliki objek wisata edukasi beberapa di antaranya, seperti Agro Sawah, Agro Sayur, Wisata Edukasi Penerbangan dan Wahana Taman Burung. Selain wisata edukasi, si kecil juga bisa menikmati wahana petualangan.

Wahana petualangan ini, seperti flying fox, wara-wiri, motor atv, rumah hantu, dan sebagainya. Di TWM Park, pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada fasilitas umum yang memadai.

2. Kampung Turis

Tempat yang nggak kalah seru buat dikunjungi bareng si kecil adalah Kampung Turis. Destinasi liburan ini terletak di Karawang, Jawa Barat. 

Di Kampung Turis ada beberapa wahana hiburan berkonsep natural tradisional, yaitu wahana waterpark dan taman. Tempat liburan ini memiliki daya tarik untuk dikunjungi, seperti nuansa pedesaan yang asri dan sejuk, wahana outbond yang seru, wahana air yang menyenangkan, dan wisata kuliner yang lezat.

Saat masuk ke Kampung Turis, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar tiket bermain di wahana dan taman yang disediakan. Harganya mulai dari Rp25.000 sampai Rp40.000 per wahana. 

3. Bandung Treetop Adventure Park

Seperti namanya, destinasi liburan ini terletak di Kota Bandung tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Bandung Treetop menawarkan beberapa wahana seru, seperti zip lining, flying fox, dan jalur rintangan.

Tempat wisata ini berada di tengah hutan pinus yang cukup rimbun. Jadi di sana, kamu dan si kecil bisa menikmati udara segar dan suasana yang sejuk ketika berkunjung ke Bandung Treetop Adventure Park.

Bandung Adventure Treetop ini menawarkan wahana permainan yang edukatif berupa aktivitas outbond. Harga tiket masuk tempat liburan ini sejumlah Rp80.000 per orangnya.

4. Cibalung Happy Land

Tempat liburan berikutnya adalah Cibalung Happy Land, destinasi wisata yang sudah ada sejak tahun 2008. Cibalung Happy Land terletak di Bogor, Jawa Barat.  Lokasinya bisa untuk berlibur, gathering, hingga camping.

Jika si kecil sudah berusia di atas 2 tahun, nanti ia akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000 di hari biasa dan Rp30.000 di akhir pekan. Nah, kalau mau menikmati wahana seperti kolam renang, kamu perlu membayar sejumlah Rp40.000 hingga Rp50.000 per orang.

Kalau mau mencoba aneka aktivitas outbound seru di Cibalung Happy Land, kamu perlu membayar sebesar Rp5.000, ya Eigerian.

5. Taman Lalu Lintas

Wisata anak yang seru selanjutnya ada Taman Lalu Lintas. Destinasi liburan ini berada di Jl. Belitung No. 1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat.

Pergi ke taman yang dipenuhi dengan rambu-rambu lalu lintas ini bisa memberikan edukasi kepada si kecil ketika sedang bertamasya dengan transportasi yang ia gunakan. Taman Lalu Lintas menawarkan tiga tema edukasi, yaitu taman pendidikan kelalulintasan, taman lingkungan hidup, dan taman rekreasi. 

Ada juga wahana bermain lainnya, seperti kereta api mini, komedi putar, kolam renang, playground, area bersepeda, dan kereta motor. Seru, ya Eigerian?

Baca juga: 6 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pernah Pergi ke Salah Satunya?

6. Kebun Strawberry Ciwidey

Pengalaman berwisata ke Kebun Strawberry bisa dicoba si kecil, nih Eigerian. Di sini, kamu bisa berekreasi sekaligus merasakan pengalaman untuk memetik strawberry langsung dari kebunnya.

Berwisata ke Kebun Strawberry Ciwidey juga bisa mendorong si kecil untuk lebih menghargai alam dan kelestarian lingkungan, loh Eigerian. Di kebun ini ada hamparan kebun yang luas dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Kebun Strawberry Ciwidey terletak di Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung. 

7. Kebun Binatang Bandung

Destinasi wisata ini juga dikenal dengan sebutan Bandung Zoological Bandung. Lokasinya nggak jauh dari ITB, kebun binatang ini mempunyai beragam koleksi satwa lebih dari 18 individu dari berbagai kelas, mulai dari mamalia, reptil, ikan, dan lain-lain.

Di sana, si kecil bisa merasakan rasanya memberikan satwa-satwa tertentu, loh Eigerian. Nggak cuma itu, ia juga bisa menunggu kuda, unta, dan gajah.

Kebun Binatang ini berlokasi di Jl. Tamansari No. 17, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung.

8. Rainbow Garden

Tempat liburan ini ada di terletak di Jl. Grand Hotel no. 33 E, Lembang. Di Rainbow Garden terdapat hamparan bunga dengan berbagai macam jenisnya. 

Tampak rapi dan indah, si kecil bisa mempelajari beragamnya jenis bunga-bunga yang ada di sekitarnya. Selain bisa berfoto dengan bunga-bunga yang ada di taman, pengunjung juga bisa ikut membeli bunga yang dipasarkan, loh Eigerian.

Kamu dan si kecil bisa pergi ke Rainbow Garden setiap hari Senin sampai Jumat  jam 09.00 sampai 19.00 WIB. Kemudian, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. 

9. Kebun Raya Bogor

Eigerian, sudah pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor? Pergi ke tempat wisata ini bersama si kecil, bisa membantu melepas penat sekaligus memberikan edukasi kepada si kecil, loh Eigerian.

Di sana ada dua museum yang bisa dikunjungi, yaitu Museum Zoologi dan Museum Munasain. Terdapat pula wisata alam yang bisa mendukung si kecil untuk mengetahui nama tanaman yang ada di lingkungan sekitarnya.

Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp25.500 pada hari libur.

10. Taman Safari Indonesia

Kalau lagi jalan-jalan ke Bogor bersama si kecil, kamu bisa pergi ke Taman Safari Indonesia nih Eigerian. Tidak hanya bersenang-senang, berlibur ke destinasi wisata ini kamu juga bisa melihat ragam hewan, seperti harimau Benggala, jerapah, orangutan, kuda nil, zebra, gajah, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di Taman Safari Indonesia kamu juga bisa mengunjungi spot menarik, yakni Baby Zoo. Di sana, si kecil bisa melihat bayi hewan yang lucu dan menggemaskan. 

Di sana, kamu bisa mengelilingi kawasan taman safari dengan kendaraan pribadi atau kendaraan wisata yang disediakan oleh pengelola. 

Baca juga: Manfaat Hiking untuk Anak, Apa Saja?

11. Geopark Ciletuh

Setelah Bogor, Bandung, dan Bogor kamu dan si kecil juga bisa berkunjung ke Sukabumi untuk berwisata sekaligus belajar. Geopark Ciletuh adalah kawasan wisata dengan destinasi alam yang meliputi pantai, curug, air terjun, dan pegunungan. 

Saat pergi menuju Geopark Ciletuh, kamu bisa menyambangi beberapa tempat, seperti Puncak Darma untuk menikmati panorama Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, main air di Curug Cimarinjung, dan menikmati deburan ombak di Pantai Palangpang.

Berlibur ke Geopark Ciletuh bisa memberikan pembelajaran kepada anak tentang kekayaan alam dan keindahannya. Nah, tertarik ke Geopark Ciletuh, Eigerian?

12. Ranca Upas

Tempat wisata anak yang satu ini, bisa mengenalkan si kecil pada indahnya alam dengan bermain bersama rusa dan berkemah. Berkemah bisa mengajarkan anak cara hidup bergantung hanya pada alam. 

Untuk pergi ke Ranca Upas yang terletak di Ciwidey, kamu memerlukan waktu perjalanan sekitar dua jam dari Kota Bandung. Penangkaran rusanya sendiri berada di Kampung Cai Ranca Upas. 

Untuk ke Ranca Upas, kamu akan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000. 

13. Taman Bunga Begonia

Tempat wisata anak ini menyediakan berbagai taman hias, baik indoor maupun outdoor. Taman Bunga Begonia terletak di Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi liburan ini  memiliki tanaman yang bisa tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. 

Berlibur bersama si kecil ke sini, bisa menjadi media belajar anak-anak untuk menggali sejumlah informasi tentang tumbuhan. Di Taman Bunga Begonia, anak-anak bisa belajar mengenal jenis tanaman dan manfaatnya bagi manusia.

Ditambah lagi, di Taman Bunga Begonia anak-anak akan diajarkan memberikan pupuk yang benar. Untuk masuk ke taman bunga ini, kamu bisa membayar tiket sebesar Rp20.000 per orang dan biaya tambahan Rp50.000 per orang jika membawa kamera profesional DSLR, SLR, maupun tipe lainnya.

14. Kebun Teh Rancabali

Wisata anak selanjutnya adalah Kebun Teh Rancabali. Tempat ini berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan. 

Kebun Teh Rancabali memiliki luas kebun seluas 3.549 hektare. Waktu berlibur ke kebun teh ini, kamu bisa berlibur, berpiknik, sekaligus merasakan keasrian pegunungan Bandung.

Berlibur bersama si kecil ke sini, bisa mendorong rasa cinta alam si kecil karena alamnya yang asri.

15. Kawah Putih

Berbeda dengan wisata alam lainnya, Kawah Putih memberikan pesona yang berbeda. Kawah Putih tertetak di Bandung, Jawa Barat. Di sana, kamu dan si kecil bisa menemukan danau berwarna putih kehijauan, pepohonan gersang, dan kabut yang terkadang menyelimuti tempat wisata ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Putih adalah sunrise atau siang hari. Mengajak si kecil liburan ke Kawah Putih, bisa memberikan pengalaman yang berkesan untuknya.

Pasalnya, si kecil akan melihat pemandangan matahari terbit dengan suasana kawah putih yang kontras sehingga memberikan kesan dramatis.

Ajak si Kecil Wisata Anak Pakai EIGER

Wisata anak

EIGER menyediakan apparel, tas, hingga alas kaki khusus anak-anak (EIGER Junior Series). Dengan memakai produk dari EIGER, wisata anak di Jawa Barat pasti lebih nyaman dan aman.

Beberapa produk khusus anak yang disediakan, yaitu JR Moorland Windblock JACKET, JR Moorland Cargo Shorts, Minify Pack 5L, dan masih banyak lagi. 

So, ayo belanja perlengkapan wisata anak di eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru