HomeTips & Trick6 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pernah Pergi ke Salah Satunya?

6 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pernah Pergi ke Salah Satunya?

Tidak sekadar menikmati keindahan alam, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan berkunjung ke 10 destinasi ekowisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi ini, loh Eigerian.

Ekowisata sendiri adalah bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami, memberikan manfaat secara ekonomi, dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat. Dengan begitu, ekowisata bisa disebut juga dengan gerakan konservasi. 

Apa Itu Ekowisata? 

Menurut laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, kata “ekowisata” pertama kali diperkenalkan oleh organisasi The Ecotourism Society (1990). Ekowisata merupakan suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengonservasi lingkungan, melestarikan kehidupan, dan kesejahteraan penduduk setempat.

Sebelumnya, ekowisata dilakukan oleh wisatawan pencinta alam yang ingin agar daerah wisatanya tetap utuh dan lestari. 

Baca juga: 6 Destinasi Travel Bucket List untuk 2024

10 Destinasi Ekowisata di Indonesia

Destinasi ekowisata di Indonesia

Berikut destinasi ekowisata yang bisa kamu kunjungi, Eigerian:

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Klaten, Jawa Tengah. Destinasi ekowisata ini mengangkat konsep sustainable tourism dengan pengelolaan berkelanjutan atau bisnis pariwisata. Umbul Ponggok memiliki potensi sumber air yang melimpah.

Lantas, masyarakat berupaya untuk memanfaatkan sumber daya air yang ada dengan menjadikannya sebagai atraksi wisata, berupa latihan menyelam, berswafoto di dalam air, hingga snorkeling dari yang tadinya hanya digunakan sebagai irigasi sawah menjadi atraksi wisata.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan tempat wisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan konservasi alam sebagai pendukung pelestarian satwa, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat setempat. 

Destinasi ini ini memiliki savana yang khas sehingga sering disebut sebagai Little Afrika di Jawa. Di sana juga ada 44 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, dan 196 (aves, pisces, dan reptil).

Baca juga: Destinasi Wisata Museum Seni di Indonesia, Yuk Berkunjung!

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Situs Warisan Dunia, rumah bagi Badak Jawa, sekaligus destinasi wisata yang mengembahngkan ekowisata atau ecotourism

Pasalnya, taman nasional ini berperan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu snorkeling, diving di Pulau Peucang, kekayaan alam Kepulauan Handeuleum, atau kano di Pulau Pamanggangan.

4. Punti Kayu Palembang

Kawasan Punti Kayu merupakan salah satu tempat wisata penyumbang oksigen alami terbesar di Palembang. Di sana ada deretan pohon pinus dan berbagai flora, seperti mahoni, talog, hingga akasia. 

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat berbagai macam fauna unik dan langka, seperti ekor panjang, beruk, tupai, biawak, hingga serangga lainnya. Wisatawan  yang berkunjung juga bisa belajar sambil berwisata karena wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan satwa. 

5. Taman Nasional Bromo

Kawasan Bromo Tengger Semeru merupakan kawasan dengan pesona alam yang menakjubkan. Taman nasional ini memiliki daerah vulkanik terbesar di Jawa Timur dengan luas wilayah 800 km persegi. 

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah satu-satunya kawasan konservasi yang mempunyai lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger. Terdapat anak gunung berapi di wilayah ini, yaitu Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m).

6. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo luasnya sekitar 173.300 hektare yang terdiri dari wilayah perairan dan daratan. Kawasan Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar, seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Sebelumnya, pemerintah hanya berfokus pada konservasi untuk komodo saja. Namun, kini Taman Nasional Komodo lebih dikembangkan menjadi kawasan ekowisata. 

Traveling ke Destinasi Ekowisata di Indonesia Bersama EIGER

Dengan memakai EIGER pergi destinasi ekowisata di Indonesia semakin nyaman dan asik. Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru