HomeTips & TrickMountaineeringDasar-Dasar Survival dan Kemampuan yang Wajib Eigerian Kuasai

Dasar-Dasar Survival dan Kemampuan yang Wajib Eigerian Kuasai

Menguasai pengetahuan dan teknik bertahan hidup di alam bebas, atau biasa disebut survival, adalah hal penting untuk Eigerian sejati. Pasalnya, setiap kegiatan alam bebas, seperti hiking atau mendaki gunung, atau bahkan mungkin rock climbing, memiliki resiko tersendiri yang harus diantisipasi dengan baik.

Sebenarnya sesederhana untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup kamu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Memang, secara praktis kamu bisa mengurangi resiko ini dengan mempersiapkan diri. Namun ketika berada di alam terbuka, kamu juga tak bisa selalu memastikan apa yang terjadi bukan?

Maka, ada baiknya kita sedikit belajar mengenai tips survival, dan apa-apa saja yang harus kamu ketahui mengenai teknik hidup di alam bebas. So, check this out!

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Ternyata Survival Ada Akronimnya

survival

Survival adalah kemampuan suatu makhluk dalam mempertahankan keberadaan hidupnya atau kemampuan seseorang keluar dari kondisi yang mengancam jiwa. Survival sendiri mempunyai akronim yang menjelaskan  apa yang harus kita lakukan jika keadaan menjadi tidak terkontrol.

S : Size up the situation, artinya kamu harus menyadari benar situasi yang kamu hadapi, apakah situasi masih tergolong aman atau sudah mulai tak terkendali.

U : Undue haste make waste, use all your sense, artinya manfaatkan semua tenaga dan energi yang masih dimiliki dengan baik. Manfaatkan seluruh indera untuk mengobservasi keadaan sekitar, perbekalan, dan rekan-rekan kamu. Mulai cari sumber air dan tumbuhan yang bisa dimakan.

R : Remember where you are, artinya ingat lokasi atau jalur yang sudah kamu lewati beberapa saat yang lalu. Petakan sumber air untuk membantu kamu dan rombongan tetap bertahan.

V : Vanquish fear and panic, artinya kuasai rasa takut dan rasa panik. Kondisi darurat mengharuskan kamu untuk tetap tenang, sehingga bisa melakukan semua hal dengan efektif dan tidak membuat situasi lebih buruk.

I : Improvise, penting untuk mencari akal dan terus berimprovisasi guna memanfaatkan apapun yang ada, dan mengusahakan yang diperlukan selama proses berpikir.

V : Value living, artinya untuk terus menjaga semangat hidup dan berpikiran positif. Terus bentuk kepercayaan diri dan semangat agar tubuh tidak terganggu secara praktis.

A : Act like native, apa yang akan dilakukan warga lokal ketika hal darurat terjadi? Coba berpikir seperti mereka dan berlakulah seperti mereka.

L : Learn basic skill, artinya kamu harus paham benar kemampuan apa yang wajib dimiliki untuk tetap bertahan hidup. Mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya untuk urusan yang satu ini.

6 Skill yang Wajib Dikuasai untuk Bisa Bertahan Hidup

survival

1. Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Jelas yang pertama perlu dimiliki dan dikuasai adalah skill P3K. Skill ini dapat dikatakan menjadi hal utama karena diperlukan untuk menyelamatkan rekan atau diri sendiri yang mengalami cedera. Di alam bebas, cedera sekecil apapun jika tak lekas ditangani dengan tepat bisa jadi potensi masalah.

Bahkan pada beberapa kasus, pertolongan pertama yang tepat bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Jadi, utamakan belajar mengenai P3K sebelum berkegiatan.

2. Air, untuk Tetap Bertahan Hidup

Kemampuan selanjutnya yang penting untuk dimiliki dalam survival adalah mencari sumber air dan membuatnya layak diminum. Air secara praktis adalah kebutuhan mendasar untuk menjaga fungsi tubuh. Tubuh manusia idealnya hanya bisa bertahan sekitar 3 atau 4 hari tanpa air minum.

Pelajari bagaimana cara mencari sumber air, baik itu sungai atau mata air, dan pastikan juga kamu paham cara membuat air yang ditemukan layak diminum agar tidak menambah masalah lain.

3. Membuat Api dan Membuat Makanan

Keduanya penting untuk tetap memberikan energi pada tubuh kamu selama menunggu bantuan. Bisa digunakan untuk menjaga suhu dan memasak bahan makanan yang ditemukan, sangat disarankan untuk membawa korek atau alat pemicu api. Untuk makanan sendiri kamu bisa membaca mengenai ciri tumbuhan yang bisa dikonsumsi, atau berburu hewan kecil seperti memancing.

4. Membuat Tempat Berteduh dan Mengetahui Arah

Survival skill selanjutnya yang wajib dimiliki adalah bagaimana kamu bisa membangun tempat berteduh untuk berlindung dari angin dan udara dingin serta hujan. Untuk dapat membuat tempat berteduh yang baik, kamu wajib memahami bagaimana memanfaatkan tali, mendirikan tenda, atau mencari lokasi yang tepat. Kamu juga wajib paham cara mendirikan tenda atau bivak dari flysheet atau bahan alam.

5. Sinyal Darurat dan Mempersiapkan Mental untuk Bisa Survive

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sinyal darurat. Memantulkan cahaya dengan cermin atau benda berkilau, membuat asap, menyalakan cahaya api atau senter, membuat suara bising, atau menarik perhatian dengan warna yang mencolok. Mental yang kuat juga diperlukan, agar kamu bisa terus bertahan selama menunggu bantuan tim penyelamat.

6. Teknik Navigasi

Yang dimaksud dengan teknik navigasi adalah cara untuk mengetahui arah mata angin, guna menentukan kemana arah berjalan ketika tersesat. Setidaknya kamu harus paham cara menentukan arah mata angin dengan menggunakan tanda alam.

Baca Juga : Ayo, Terapkan Prinsip Go Green Pakai 7 Tips Ini! 

Survival adalah kondisi ekstrim yang mau tidak mau harus siap dihadapi. Tentu saja, untuk urusan ini kamu juga memerlukan perangkat kegiatan yang benar-benar mumpuni, agar kesempatan bertahan hidup di alam bebas bisa benar-benar dioptimalkan. Eigerian sejati paham benar, bahwa produk-produk dari Eiger Adventure bisa diandalkan. Produk dengan kualitas terjaga dan pengujian riil, menjadikan setiap produk Eiger Adventure benar-benar jadi produk terbaik untuk diandalkan guna kegiatan di alam bebas. Dapatkan produk terbaik di situs resminya ini, dan selalu persiapkan diri kamu untuk setiap kondisi!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru