HomeTips & TrickLifestyle4 Tips Memilih Sepatu Hiking dan Rekomendasinya untuk Eigerian!

4 Tips Memilih Sepatu Hiking dan Rekomendasinya untuk Eigerian!

Tips Memilih Sepatu Hiking yang tepat seperti merencanakan pemilihan kaki-kaki dan roda pada mobil yang akan kamu gunakan untuk bertualang. Dengan pemilihan yang tepat, maka perjalanan yang kamu lalui tentu akan terasa lebih nyaman.

Jangan salah, sepatu hiking memiliki model yang berbeda-beda, dan variabel pertimbangan yang cukup banyak. Hal ini ditujukan agar kamu bisa mendapatkan sepatu yang paling nyaman untuk digunakan, sehingga perjalanan yang dilalui terasa lebih menyenangkan.

Tak lucu bukan jika ketika kamu berkegiatan di luar ruangan, kemudian sepatu yang kamu kenakan kurang nyaman atau justru bisa menimbulkan cedera?

Nah, mari, kita bahas satu per satu tips memilih sepatu hiking yang tepat untuk kaki kamu.

Tips Memilih Sepatu Hiking

Pilih yang Ringan atau Standar?

sepatu hiking

Pertanyaan pertama adalah, kamu ingin menggunakan sepatu hiking ringan atau yang standar? Perbedaan utama terletak pada struktur sepatu, dimana sepatu ringan lebih memfokuskan pada kenyamanan jangka pendek, dan bagian bawah yang tidak terlalu kaku sehingga nyaman bahkan untuk digunakan berkegiatan sehari-hari.

Pada sepatu hiking standar, strukturnya lebih kokoh sehingga lebih difokuskan untuk penggunaan pendakian jangka waktu lama. Bagian alas juga memiliki tekstur lebih kaku namun tetap nyaman, sehingga bisa mendukung kamu dalam membawa beban yang berat.

Baca Juga : Cara Tepat Daur Ulang Sampah Rumah Tangga

Tiga Tingkatan Tinggi Potongan

sepatu hiking

Dalam memilih sepatu hiking yang tepat, kamu sebagai seorang Eigerian juga wajib mengetahui tiga potongan tinggi sepatu yang ada. Mulai dari low cut, mid cut, hingga high cut. Tapi apa bedanya?

Low cut merupakan sepatu dengan tinggi bagian mata kaki standar, sehingga hanya mencapai di batas bawah mata kaki saja. Perlindungan yang diberikan sebenarnya kurang baik, namun mendukung mobilitas lebih tinggi. Model sepatu ini biasa digunakan di medan yang landai dengan waktu pendakian pendek atau singkat. 

Mid cut merupakan jenis sepatu hiking dengan potongan tinggi mati kaki yang lebih tinggi, sehingga dapat memberikan perlindungan pada resiko cedera. Namun, secara mobilitas model ini kurang jika dibandingkan dengan low cut, namun masih bisa digunakan oleh semua kalangan pendaki.

Untuk high cut sendiri, merupakan sepatu dengan potongan mata kaki yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan proteksi pada bagian mata kaki dan ankle. Dengan demikian perlindungan akan maksimal, dan cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Ketiga, Terkait Ketahanan Air

sepatu hiking

Sepatu hiking pasti akan digunakan untuk melalui medan yang beragam. Mulai dari yang landai dan kering, hingga medan terjal dan basah yang siap menyambut Eigerian ketika mendaki gunung atau melakukan kegiatan luar ruang. Maka penting untuk memastikan tingkat ketahanan air yang dimiliki sepatu tersebut.

Pastikan sepatu yang akan kamu gunakan memiliki daya tahan air yang cukup, sehingga ketika digunakan bisa benar-benar mendukung kegiatan. Misalnya saja ketika Eigerian mendaki gunung dan tiba-tiba turun hujan, sepatu dengan fitur tahan air bisa berfungsi dengan optimal. 

Sirkulasi Udara Sepatu Hiking

sepatu hiking

Selain ketiga hal di atas, kamu juga wajib mempertimbangkan sepatu dengan sirkulasi udara yang baik. Artinya, udara di dalam sepatu bisa keluar dan udara dari luar bisa masuk pada tingkat yang diinginkan. Jadi kondisi kaki akan tetap dapat ‘bernafas’ dan suhunya lebih stabil.

Biasanya sirkulasi udara ini juga tergantung dengan daya tahan air. Semakin tinggi daya tahan airnya maka semakin rendah sirkulasi udara yang dimiliki. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan prediksi cuaca yang ada pada lembaga atau organisasi terkait, untuk memilih mana sepatu yang lebih cocok digunakan.

Rekomendasi Sepatu Hiking untuk Kamu Gunakan

Banyak jenis sepatu hiking yang bisa kamu pilih sesuai dengan keperluan. Tentu, setiap brand juga memiliki spesialisasinya masing-masing, sehingga bisa disesuaikan dengan karakter medan dan pengguna sepatunya.

Eiger, dalam lini sepatu hiking, dikenal sebagai spesialis medan tropis yang sudah terbukti. Telah memproduksi berbagai peralatan kegiatan luar ruang sejak 1997, brand asli Indonesia ini benar-benar melakukan penelitian pada kebutuhan pendaki, serta kondisi medan yang ada di Indonesia.

Ini mengapa produk-produk sepatu dari Eiger bisa memenuhi kebutuhan kamu dalam pendakian, baik jangka waktu pendek dan medan ringan, hingga jangka waktu panjang dan medan yang berat. Semua jenis sepatu tersedia, tinggal kamu pilih saja mana yang paling sesuai. Laman produknya bisa kamu kunjungi di sini, tinggal klik saja.

Baca Juga : Ingin Memulai Pola Hidup Sehat? Ini 7 Poinnya! 

Mulai dari sepatu dengan high cut seperti Eiger Synapcer 1.0 Shoes, med cut seperti Cayman Lite, atau low cut seperti Eiger Stingray Shoes, semua tersedia sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Jadi kamu bisa menemukan semua jenis sepatu, dan memilih yang paling sesuai.

Eiger Adventure sendiri telah cukup memiliki reputasi di bidang perlengkapan luar ruang. Mulai dari sepatu hiking, seperti yang dibahas dalam artikel ini, hingga tas, jaket, dan lain sebagainya, semua tersedia dengan berbagai kategori dan kualitas mumpuni untuk digunakan. Tak heran rasanya jika tidak sedikit situs yang merekomendasikan produk Eiger Adventure dalam daftarnya, sebagai produk terbaik di Indonesia. Segera kunjungi laman penawaran produknya, dan dapatkan apa yang kamu perlukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru