HomeTips & TrickGreen & HealthyIngin Memulai Pola Hidup Sehat? Ini 7 Poinnya!

Ingin Memulai Pola Hidup Sehat? Ini 7 Poinnya!

Memiliki pola hidup sehat sebenarnya jadi hal ideal untuk setiap orang, terlepas dari apapun kondisinya. Meski pada kenyataannya pola hidup ini mungkin agak sulit didapatkan, namun tak ada salahnya bukan jika mengetahui langkah awal agar mendapatkan pola hidup seperti ini?

Tidak sedikit orang, mungkin juga kamu termasuk di dalamnya, yang sebenarnya mendambakan bisa hidup dengan pola yang ideal. Makan tepat waktu, istirahat cukup, kondisi mental stabil, tingkat kesehatan juga baik, dan lain sebagainya. Semua ini, adalah hasil dari penerapan pola hidup yang sehat.

Perlu waktu yang tidak sebentar agar bisa mendapatkan hasil dari pola hidup tertentu. Untuk memulainya sendiri, kamu bisa melihat penjelasan yang ada di poin-poin singkat berikut ini.

Pola hidup sehat

1. Pola Hidup Sehat Dimulai dari Manajemen Stres

Stres tidak selalu berarti buruk, karena pada kadar tertentu, stres juga membuat kamu bisa berkonsentrasi untuk mencapai target dan menjaga produktivitas setiap hari. Namun jika tak dikelola dengan baik, stres akan jadi hal yang sangat merugikan untuk kesehatan fisik dan mental.

Stres yang datang sebaiknya dikelola dengan baik. Ketika sudah merasa cukup, istirahatkan pikiran dan hati kamu sejenak. Caranya beragam, bisa ke tempat sepi, bisa mendengarkan musik, atau hiking, apapun yang bisa membuatmu merasa nyaman.

Stres yang bisa dikontrol bisa jadi poin penting dalam penerapan pola hidup yang lebih sehat.

2. Olahraga Rutin dan Konsisten

pola hidup sehat

Melakukan olahraga secara rutin dan konsisten bisa membantu menjaga aliran darah tetap lancar. Di waktu yang bersamaan, hormon bahagia akan dilepaskan oleh tubuh sehingga membuat mood kamu juga menjadi lebih baik.

Olahraga di pagi dan sore hari bisa jadi opsi yang baik untuk menerapkan hidup sehat. Tak perlu yang terlalu berat, sekedar jogging, jalan-jalan, bersepeda, atau seven minutes workout beberapa sesi sudah cukup untuk permulaan.

Padukan dengan asupan sinar matahari pagi yang hangat, dan rasakan perbedaannya setiap hari!

Baca Juga : Sampah Plastik Bisa Merusak Kelestarian Alam! Yuk, Bijak Mengelolanya

3. Air Putih yang Cukup Sesuai dengan Kebutuhan

Asupan cairan harus selalu dipastikan cukup agar organ dalam tubuh bisa bekerja dengan optimal. Langkah awal untuk menerapkan pola hidup sehat adalah konsumsi air putih yang cukup sesuai dengan takaran yang direkomendasikan.

Jalan terbaik tentu adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan yang kamu miliki. Namun idealnya, seorang manusia dewasa membutuhkan sekitar 2 liter air setiap harinya. Ingat, minuman yang dimaksud adalah air putih atau air mineral.

Jika memungkinkan, mulailah kurangi asupan minuman dengan pemanis atau perasa buatan secara bertahap.

4. Istirahat Teratur dan Cukup

Gambar hanya ilustrasi

Yap, untuk kamu yang masih suka begadang atau tidur larut malam, hal ini sebaiknya diubah perlahan-lahan. Pasalnya, tubuh manusia memiliki jam biologis alami yang idealnya jadi acuan, sehingga fungsi tubuh bisa optimal.

Ketika kamu begadang, fungsi tubuh sebenarnya seperti dipaksa untuk terus aktif dan bekerja pada jam istirahat. Maka dari itu, kamu bisa mulai mengatur pola istirahat agar menjadi lebih baik. Tubuh manusia dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 8 jam tidur setiap harinya.

5. Mengurangi Asupan Gula

Asupan gula yang terlalu banyak bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya menjadikan kamu memiliki lebih banyak tenaga dan sulit tidur, namun juga meningkatkan resiko diabetes secara signifikan. Penyakit kronis yang satu ini jika sudah terjadi dampaknya benar-benar merugikan.

Maka mulai sekarang, terapkan pola hidup sehat dengan mengurangi asupan gula setiap hari. Lagipula kebutuhan glukosa tubuh bisa didapatkan dari banyak hal lain selain gula secara langsung. Buah, nasi, kentang, jus, bisa jadi sumber glukosa lain yang lebih sehat.

6. Susun Menu Makanan Setiap Hari

pola hidup sehat
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Menjelang akhir dari artikel singkat ini, adalah menu makanan setiap hari. Ada ungkapan mengatakan, ‘you are what you eat’, yang ingin menyampaikan bahwa apa yang kamu makan adalah apa yang menyusun tubuhmu secara langsung.

Ketika makanan yang masuk setiap hari adalah makanan sehat, maka tubuh bisa benar-benar berfungsi dengan optimal. Kerja jantung yang baik, saluran darah yang lancar, pencernaan optimal, dan lain sebagainya. Asupan menu makanan sehat wajib dipastikan setiap hari, demikian pula dengan jadwal makan yang disiplin.

7. Stop Kebiasaan Buruk Mulai Sekarang

Paling utama dari langkah awal penerapan pola hidup sehat, adalah dengan mulai stop kebiasaan buruk sekarang juga. Tak perlu langsung instan jika dirasa terlalu berat, namun dilakukan secara bertahap dan terus menerus.

Konsistensi dan disiplin akan jadi kunci utama dalam memulai kebiasaan hidup sehat yang baru, lepas dari pola hidup kurang sehat yang pernah kamu miliki.

Baca Juga : Langkah Awal Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan 

Langkah-langkah menerapkan pola hidup sehat di atas semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk kamu. Sedikit disclaimer, bahwa poin di atas sifatnya hanya acuan saja. Untuk informasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan.

Untuk mendapatkan pola hidup sehat, kamu juga bisa meningkatkan kegiatan luar ruang seperti hiking, atau bersepeda. Tentu, kamu bisa mendapatkan perlengkapan terbaik dari Eiger Adventure. Dengan opsi beragam dan kualitas perlengkapan terbaik, kamu akan mendapatkan hasil maksimal dari setiap kegiatan yang dilakukan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru