HomeTips & TrickMountaineeringInformasi Terbaru : Gunung Di Jawa Tengah yang Sudah Dibuka

Informasi Terbaru : Gunung Di Jawa Tengah yang Sudah Dibuka

Kabar gembira datang untuk kamu, Eigerian yang sudah menantikan dibukanya jalur pendakian. Cukup banyak gunung yang dinyatakan sudah boleh didaki, namun tetap dengan syarat dan ketentuan yang ketat. Beberapa gunung di Jawa Tengah misalnya, memberikan syarat mendetail mengenai kondisi dan berkas apa saja yang wajib disiapkan.

Gunung di Jawa Tengah cukup dikenal berkat keindahan dan kondisi medannya yang bervariasi, sehingga cukup seru ketika didaki bersama-sama. Nah, ini mengapa kami ingin sampaikan beberapa gunung di Jawa Tengah yang kabarnya sudah dibuka untuk pendakian. Namun demikian, Eigerian yang ingin ‘menanjak’ secepatnya juga harus perhatikan syarat dan ketentuannya ya!

Baca Juga :Rekomendasi Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Gunung-Gunung Di Jawa Tengah yang Sudah Dibuka untuk Pendakian

gunung di jawa tengah

Gunung Lawu, untuk Eigerian yang RIndu Warung Mbok Yem

Gunung Lawu menjadi gunung pertama dalam daftar ini yang secara resmi sudah dibuka untuk pendakian. Sebenarnya gunung ini sendiri sudah dibuka sejak bulan Juli lalu, namun kabarnya sempat tenggelam akibat penyebaran varian Delta yang cukup mengkhawatirkan.

Kini, gunung Lawu sudah bisa didaki oleh Eigerian yang merindukan Warung Mbok Yem yang bertengger di bagian puncaknya. Jika sudah tak sabar, siapkan perlengkapan dan peralatan pendakianmu sekarang juga, dan cari tiket terbaik untuk menuju ke gunung ini.

Untuk jalur yang dibuka sendiri, antara lain adalah jalur Candi Cetho, jalur Cemoro Sewu, jalur Cemoro Kandang, dan jalur Singo Lawu.

Mengunjungi Gunung Prau, Identik dengan Brand Air Mineral

Gunung kedua yang kami sajikan dalam daftar ini merupakan Gunung Prau, yang memiliki pemandangan sangat indah dan mengesankan. Gunung yang satu ini justru sudah dibuka beberapa bulan lalu, tepatnya pada awal Juli 2021. Tempat ini juga identik dengan jajanan khasnya, tempe kemul. Namun demikian jangan sampai makan terlalu banyak ya, bisa jadi kamu merasa perut kurang enak karena terlalu penuh.

Jalurnya tidak terlalu sulit sehingga cocok untuk didaki bersama orang-orang terdekat sebagai sarana rekreasional. Jangan lupa membawa perbekalan yang diperlukan, serta lengkapi diri kamu dengan perlengkapan yang berkualitas.

Sudah Siap Mendaki Gunung Sumbing?

Pendakian Gunung Sumbing juga kabarnya sudah mulai dibuka mulai pertengahan Juli lalu. Kabar terbaru, bahwa pendakian pada gunung ini memerlukan beberapa berkas dan syarat yang wajib dipenuhi untuk kamu yang ingin menanjak di sana.

Untuk jalur yang bisa dilalui sendiri ada dua yang sudah dibuka, pertama adalah jalur Adipuro Kaliangkrik, dan Jalur Garung. Kedua jalur ini sama-sama bisa digunakan, tergantung mana jalur yang kamu rasa lebih nyaman dilalui. Tentu saja, pesona gunung di Jawa Tengah yang satu ini tidak luntur dan justru rasanya akan semakin indah.

Gunung Sindoro, Via Alang-Alang Sewu dan Kledung

Pendakian pada gunung yang satu ini sudah dibuka sejak tanggal 25 Juli yang lalu untuk pendaki dari seluruh provinsi. Sangat disarankan untuk mempelajari dokumen terkait Gunung Sindoro, karena medan yang akan dihadapi mungkin sedikit menantang sehingga memerlukan persiapan dan perlengkapan yang benar-benar berkualitas.

Persyaratan Umum Mendaki Gunung Di Jawa Tengah

gunung di jawa tengah

Nah untuk syarat pendakiannya sendiri, mungkin akan ada perbedaan di masing-masing gunung tersebut. Namun jika mengacu pada apa yang beredar di media sosial (via @basecamp_prau_igirmranak) untuk pendakian Gunung Prau, maka syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

1. Menunjukkan surat vaksin.

2. Membawa surat sehat.

3. Membawa fotokopi identitas.

4. Menaati protokol kesehatan.

5. Menaati peraturan yang berlaku.

6. Kuota pendakian 25% dari total kapasitas pendakian, atau disesuaikan dengan gunung yang dituju.

Sebenarnya syarat yang diberikan cukup masuk akal, mengingat kondisi pandemi yang saat ini memang masih cukup mengkhawatirkan. Dengan penerapan syarat-syarat ini, diharapkan penyaringan bisa dilakukan di berbagai lini, termasuk pada kegiatan pendakian seperti ini.

Untuk informasi selengkapnya terkait syarat khusus masing-masing pendakian gunung, Eigerian bisa langsung mencari akun media sosial masing-masing pengelola atau basecamp yang ada. Di sana akan tersedia informasi lengkap dan terbaru terkait pendakian yang bisa dilakukan.

Lengkapi Diri dengan Peralatan Berkualitas

Selain mempersiapkan berkas dan syarat yang harus dipenuhi, kamu juga tetap wajib mempersiapkan diri, baik dari segi fisik, pengetahuan, skill, maupun peralatan yang diperlukan. Ingat, pendakian ini sudah tidak dilakukan hampir satu tahun lamanya, sejak pandemi menyerang Indonesia.

Sangat disarankan untuk terlebih dahulu melatih fisik Eigerian semua, sehingga siap untuk kembali mendaki gunung selangkah demi selangkah. Akan terasa cukup berat mungkin karena seperti pengalaman pertama, namun niscaya ketika berhasil sampai di puncak, rasa lelah ini akan terbayar lunas.

Baca Juga : 7 Puncak Gunung Tertinggi Favorit di Pulau Jawa 

Untuk mendaki gunung di Jawa Tengah, perbekalan secara fisik dan informasi yang lengkap sangat diperlukan. Untuk mendukung pendakian kamu, selalu gunakan perangkat kegiatan luar ruang terbaik dari Eiger Adventure. Setiap alatnya diformulasikan dengan sempurna untuk menghadapi medan yang ada, sehingga akan selalu jadi peralatan andalan.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai gunung di Jawa Tengah yang sudah dibuka untuk pendakian. Sekali lagi, siapkan fisik Anda dan dukung pendakian dengan peralatan berkualitas dari Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments