HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Manfaat Self Reward dan 4 Cara Melakukannya dengan Benar

5 Manfaat Self Reward dan 4 Cara Melakukannya dengan Benar

Pekerjaan yang dilakukan setiap hari akan membutuhkan tenaga dan curahan pikiran yang tak sedikit. Tentunya, setelah mencapai target atau menyelesaikan sesuatu, sedikit self reward tak akan jadi masalah. Faktanya, kamu memang memerlukan hal ini agar bisa tetap bersemangat dan bergairah.

Self reward sendiri adalah satu konsep memberikan apresiasi pada diri kamu sendiri, setelah menyelesaikan pekerjaan atau mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya. Tak selalu berbentuk barang, hadiah untuk diri sendiri bisa berupa liburan, atau kegiatan yang dapat mengembalikan kesegaran pikiran dan suasana hati.

Nah, agar lebih jauh memahami mengenai konsep self reward ini, kamu bisa lihat bahasan mengenai manfaat dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri. Check this out!

Baca Juga : 7 Macam Olahraga Di Rumah, untuk Daya Tahan dan Produktivitas!

Manfaat dari Self Reward, untuk Diri Sendiri

self reward
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Karena dinamakan self reward, artinya hadiah yang kamu berikan ini adalah untuk kamu sendiri. Manfaatnya beragam, mulai dari menunjukkan kecintaan diri sendiri hingga menjaga produktivitas.

1. Apresiasi atas Kerja Keras

Semua pekerjaan dan target yang sudah diselesaikan oleh kamu layak mendapat apresiasi. Jika tidak dari tempat kerja, maka setidaknya kamu bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri karena berhasil menyelesaikan pekerjaan dan mencapai target yang ditentukan sebelumnya.

Kerja keras yang dilakukan layak mendapat imbalan, begitu juga apa yang sudah kamu lakukan, layak dan pantas mendapat hadiah!

2. Positive Reinforcement untuk Diri Sendiri

Self reward yang diberikan akan memicu efek positive reinforcement. Efek in adalah efek dimana munculnya perilaku berulang yang didapatkan setelah mendapat hadiah. Memang setiap orang cenderung memiliki motivasi lebih tinggi ketika tahu apa yang dilakukannya akan diganjar dengan imbalan setimpal.

Secara alam bawah sadar hal ini akan mengembalikan semangat dan menjaga produktivitas lho!

3. Motivasi dan Produktivitas

Seperti yang dibahas di poin kedua tadi, memberikan apresiasi pada diri sendiri bisa menjadi cara menjaga motivasi kerja, semangat, dan produktivitas. Ketika kamu tahu benar apa yang akan kamu dapatkan setelah menunjukkan performa baik, maka pikiran dan tubuh akan terprogram secara otomatis untuk terus produktif dan memberikan yang terbaik.

Memang tak bisa dilakukan terlalu sering, tapi efek ini baik untuk memberikan tambahan semangat untuk kegiatan setiap hari.

4. Kesehatan Mental

Tak hanya pikiran dan fisik saja yang perlu dijaga stabilitasnya, namun juga kondisi mental. Self reward bisa jadi salah satu cara untuk memberikan rasa rileks bagi mental kamu, sehingga tidak terlalu lelah dalam menghadapi kenyataan setiap hari.

Penghargaan atas diri sendiri membuat kamu lebih mencintai diri sendiri, dan menjaganya agar tetap sehat dan dalam kondisi baik.

5. Bentuk Kecintaan Terhadap Diri

Jika bukan dimulai dari kamu, siapa lagi? Menyayangi dan mencintai diri sendiri wajib dilakukan semua orang, karena semua orang berharga dan berarti. Self reward, dalam hal ini, bisa jadi bentuk paling nyata dalam mencintai diri sendiri.

Tak peduli apapun bentuknya, namun gagasan untuk memberikan diri sendiri satu hadiah sudah cukup untuk menunjukkan cinta dari kamu untuk kamu.

Lalu Bagaimana Cara yang Tepat untuk Melakukan Self Reward

self reward
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pertanyaan ini juga banyak muncul di benak orang-orang, karena tak jarang konsep self reward yang dimiliki adalah hura-hura secara berlebihan. Well, tak salah juga sebenarnya, tapi apapun yang berlebihan akan berdampak tak baik bukan?

1. Self Reward yang Relevan

Artinya apa? Sesuaikan dengan kondisi yang kamu miliki sekarang. Misalkan kamu masih memiliki tujuan besar untuk menabung, maka self reward yang dilakukan jangan sampai mengganggu agenda besarmu ini. Jangan sampai niat mencintai diri sendiri justru membawa kamu ke jurang penyesalan.

2. Kontrol dan Tidak Berlebihan

Makan enak, jalan-jalan, mencoba pengalaman baru, nonton film, membeli barang yang diinginkan, semua asal dalam koridor wajar adalah hal yang tidak masalah. Yang penting tetap kendalikan diri dan jangan berlebihan, sehingga efek menyenangkan yang didapatkan bisa pas. Kendalikan tingkat kepuasannya agar bisa jadi candu yang terus memotivasi.

3. Hadiah Motivasional atau Rekreasional

Kamu juga wajib paham benar kapan waktu yang tepat untuk hadiah motivasional yang bisa menambah semangat, dan kapan waktu yang tepat untuk hadiah rekreasional untuk menenangkan diri. Jangan sampai tertukar, karena efeknya bisa cukup berbeda pada produktivitas kerja kamu.

4. Tak Selalu Berarti Besar dan Mewah

Hadiah untuk diri sendiri tidak selalu harus berarti besar dan mewah, dan membutuhkan effort besar untuk memperolehnya. Hal-hal kecil dan sehari-hari yang bersifat menyenangkan bisa jadi self reward, sehingga kamu bisa terus menemukan letupan semangat kecil setiap harinya.

Baca Juga : Mengetahui Manfaat Musik untuk Kesehatan, Klik Di Sini! 

Keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi memang hal yang diidamkan banyak orang. Dengan memberikan hadiah pada diri sendiri ini, adalah salah satu cara ideal agar bisa tetap produktif tanpa harus mengorbankan tingkat stres yang melambung tinggi.

Tentu saja, kamu bisa menjadikan aktivitas luar ruang seperti mendaki gunung atau aktivitas rekreasional lainnya sebagai opsi self reward. Selain akan mendapatkan kesenangan, kamu juga akan bergerak aktif sehingga turut meningkatkan kesehatan. Lengkapi diri dengan peralatan dari Eiger Adventure, dan maksimalkan waktu berkualitas bersama dirimu sendiri!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments