HomeTips & TrickTraveling5 Pesona Desa Wisata Penglipuran dan Keunikannya

5 Pesona Desa Wisata Penglipuran dan Keunikannya

Pesona desa wisata memang menjadi daya tarik tersendiri. Disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Salah satu desa wisata yang terkenal di Indonesia adalah desa wisata Penglipuran. Desa wisata penglipuran, berada di provinsi Bali Indonesia. Desa ini sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu destinasi wisata. Salah satu nilai plus dari Desa wisata Penglipuran ini juga mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Indonesia atas usahanya melindungi Hutan Bambu di ekosistem lokal mereka. Yuk cek pesona Desa Wisata Penglipuran dan keunikannya lewat artikel berikut ini! 

1. Desa Wisata Penglipuran Jadi Desa Terbersih Di Dunia

Berkat kerapian tata letak dan kebersihanya,  desa ini dinobatkan jadi salah satu desa terbersih di dunia. Buktinya bisa kamu rasakan sendiri saat berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, saat pertama memasuki desa ini, kamu akan disambut dengan deretan tanaman hijau.  Saat Eigerian akan memasuki kawasan Desa Wisata Penglipuran udara dan pemandangan akan semakin terasa sejuk dan asri dengan pemandangan pagar tanaman  yang menghiasi seluruh area desa. penghargaan diantaranya Kalpataru, ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) pada tahun 2017, dan yang terbaru, destinasi ini masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation. Wah, berprestasi sekali ya! Desa Wisata Penglipuran, sudah disediakan tempat sampah setiap 30 meter. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk nggak tertib membuang sampah ya!

2. Tata Ruang Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Luhur

Menjadi salah satu desa yang terkenal dengan nilai-nilai luhurnya yang tinggi, desa wisata penglipuran yang mengusung patokan adat yang sudah turun temurun. Desa ini dibangun dengan Konsep Tri Mandala, di mana tata ruang desa dibagi menjadi tiga wilayah yakni Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. 

Pembagian wilayah tersebut diurutkan dari wilayah paling utara hingga paling selatan. Di wilayah utara, ada Utama Mandala. Wilayah ini merupakan tempat suci atau tempat para dewa. Di sini pula lah tempat beribadah didirikan. Di bagian tengah, ada zona yang disebut sebagai Madya Mandala. Zona tengah merupakan pemukiman penduduk, di mana rumah-rumah penduduk dibangun berbanjar di sepanjang jalan utama. Sedangkan,  wilayah paling selatan disebut dengan Nista Mandala. Tempat ini adalah zona khusus untuk pemakaman penduduk.

3. Ritual Keagamaan yang Tidak Pernah Putus

Sebagaimana desa adat lainya, desa ini juga memiliki ritual keagamaan yang masih terus dilakukan hingga saat ini.  Salah satu ritual besarnya adalah Ngusaba yang biasa dilakukan untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Selain itu, setiap 15 hari sekali, masyarakat di sana juga akan datang ke Pura Penataran untuk bersembahyang. Ritual ini terus dilakukan karena sudah diajarkan oleh para tetua adat dan merupakan ajaran yang diwariskan oleh para leluhur. 

4. Berburu Kuliner Unik di Desa Wisata Penglipuran

Siapa nih Eigerian yang saat liburan wajib banget mencoba kuliner khas? Di desa ini ada juga loh kuliner yang wajib kamu coba, Loloh cemcem dan Tipat cantok namanya, Loloh cemcem merupakan minuman khas yang terbuat dari daun cemcem atau daun kloncing yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Minuman ini juga dibuat secara tradisional dan dijamin tidak menggunakan pengawet atau pemanis buatan.  Sedangkan tipat cantok adalah Kudapan berat yang terdiri dari ketupat dan sayuran rebus yang kemudian disajikan bersama dengan bumbu kacang.

5. Penglipuran Village Festival

Source: Unsplash

Nah hal lain yang menarik dari desa wisata ini adalah acara festival budaya yang diselenggarakan setiap akhir tahun. Festival ini disebut juga Penglipuran Village Festival rangkaian kegiatan yang beragam, mulai dari parade pakaian adat Bali, Barong Ngelawang, parade seni budaya, dan berbagai lomba lainnya. Setiap agenda ini diadakan, biasanya jumlah wisatawan akan membludak untuk menyaksikan berbagai kegiatan yang memamerkan seni dan budaya khas Bali.

Yuk Mulai Liburan! 

Liburan kemanapun, produk EIGER pasti selalu menemanimu. Melalui produk kategori EIGER 1989 kamu bisa temukan berbagai produk yang mendukung travelling mu. EIGER juga mengeluarkan produk travelling terbaru bertemakan  “Explore Your Existence”: Mencari Eksistensi Diri Melalui Eksplorasi Alam loh. Cek selengkapnya disini.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Sunburn Saat Liburan

Belanja EIGER di Website Original! 

Temukan berbagai produk traveling dari EIGER hanya di website resmi EIGER Adventure ya. Belanja EIGER resmi disini, dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim kemanapun, tanpa ongkos tambahan! Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran loh! Checkout sekarang yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru