HomeTips & TrickRiding7 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor, Catat ya!

7 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor, Catat ya!

Hai Eigerian! Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor adalah munculnya karat di besi motor. Hal ini kalau dibiarkan dapat membuat rangka motor jadi cepat rusak dan terkikis. Jika dibiarkan, karat bisa menyebar dan semakin tebal. Bagaimana cara menghilangkan karat tersebut?

Sayangnya, masih banyak pengendara motor yang abai dan menyepelekan masalah karat ini. Padahal, biaya reparasi rangka motor yang terkena karat cukup mahal. Lebih buruk lagi, karat pada besi motor bisa jadi masalah baru ketika berkendara.

Rangka motor akan jadi lebih rapuh sehingga sangat berbahaya jika digunakan untuk perjalanan jauh. Sebelum karat pada rangka motor makin menyebar, berikut beberapa cara menghilangkan karat pada motor yang bisa kita lakukan sendiri.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Cek Sebelum Terlambat!

Penyebab Karat Pada Besi Motor

cara menghilangkan karat
(Foto pengendara motor touring. Sumber: EIGER Adventure)

Karat pada motor adalah masalah utama yang sering diabaikan oleh banyak pengendara. Munculnya karat pada motor bisa jadi masalah serius jika diabaikan. Berikut beberapa penyebab karat yang patut kita waspadai.

1. Air Laut

Air laut merupakan penyebab utama timbulnya karat pada motor. Air laut mengandung garam yang sangat tinggi, sehingga bisa mempercepat proses munculnya karat.

Maka dari itu, Jika Eigerian sering touring ke daerah pantai dan terkena air laut, sebaiknya segera bilas motor kita dengan air biasa. Kandungan garam pada air laut juga bisa membuat motor jadi cepat korosi.

2. Air Hujan

Meskipun air hujan tidak mengandung garam yang tinggi seperti air laut, namun air hujan mengandung zat lain yang bisa menyebabkan besi jadi mudah korosi atau berkarat.

Pernahkah Eigerian mendengar istilah hujan asam? Yup, kandungan asam yang tinggi pada air hujan inilah yang memicu terjadinya korosi pada besi. 

Hujan asam mengandung sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang bisa mengikis logam, termasuk rangka motor.

3. Kotoran atau Genangan Air Kotor

Kotoran yang menempel pada rangka kendaraan juga bisa menimbulkan masalah serius. Kandungan air dan mineral pada kotoran bisa bereaksi dengan besi sehingga memunculkan karat.

Itulah sebabnya motor yang jarang dicuci cenderung lebih mudah karatan ketimbang motor yang rutin dibersihkan secara berkala.

Baca Juga: 5 Kelebihan Motor Listrik yang Tak Kalah dari Motor BBM

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor

cara menghilangkan karat
(Foto pengendara motor klasik. Sumber: EIGER Adventure)

Jika Eigerian menemukan karat pada motor, maka ada baiknya kita segera membersihkan karat tersebut agar tidak menebal dan menyebar ke bagian lain. 

Ada beberapa bahan yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat, catat, ya!

1. Minuman Bersoda

Sudah jadi rahasia umum bahwa minuman bersoda bisa digunakan untuk membersihkan segala macam kotoran, termasuk karat pada motor. 

Jenis minuman bersoda yang paling ampuh untuk membersihkan karat adalah diet coke. Sebab, kandungan asam dalam soda ampuh merontokan karat.

Untuk menggunakannya, kita bisa membasuh area yang berkarat dengan minuman soda. Jika komponen yang berkarat bisa dibongkar, kita bisa merendamnya dalam minuman bersoda.

Setelah didiamkan beberapa saat, kira bisa mulai menggosok atau menyikat bagian yang berkarat secara perlahan. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan lap microfiber.

2. Oli Bekas

oli bekas
(Foto ilustrasi oli bekas. Sumber: Freepik.com)

Selain minuman bersoda, kita juga bisa menghilangkan karat dengan menggunakan oli bekas. Cara ini sering digunakan oleh montir kendaraan. Untuk menggunakannya, Eigerian bisa mengoleskan oli pada bagian yang berkarat.

Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan sikat gigi. Meskipun tidak bisa menghilangkan karat sampai bersih, setidaknya oli bekas bisa membantu mengurangi area yang terkena korosi.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Motor Seru untuk Menemani Waktu Luang

3. Stempet

Stempet atau gemuk adalah material lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Stempet berbentuk cairan atau gel kental dan licin yang biasa digunakan untuk melumasi komponen motor.

Untuk membersihkan karat dengan stempet, pertama-tama oleskan stempet pada bagian yang berkarat. 

Setelah didiamkan beberapa menit, gosok area yang berkarat secara perlahan. Namun, hindari penggunaan stempet pada rantai motor karena bisa merusak rantai.

4. Pembersih Keramik

Kita juga bisa membersihkan karat pada motor dengan pembersih keramik. Caranya adalah dengan mengolesi cairan pembersih keramik pada bagian yang berkarat.

Setelah didiamkan beberapa menit, kita bisa menyikat bagian yang berkarat hingga bersih. Namun, hindari penggunaan pembersih keramik pada komponen mesin karena bisa merusak komponen tersebut.

5. Cara Menghilangkan Karat dengan Pasta Gigi

pasta gigi
(Foto ilustrasi pasta gigi. Sumber: Freepik.com)

Semua pasta gigi mengandung fluoride. Senyawa ini berfungsi untuk mengikis kotoran yang menempel pada gigi. Termasuk karat yang menempel pada besi motor. Pasta gigi bisa membuat komponen motor kembali kinclong.

Caranya dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian yang berkarat, kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu, gosok perlahan hingga karat menghilang. Kita bisa menggunakan sikat gigi atau kanebo untuk menggosok area yang berkarat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi OOTD Pria untuk Riding, Mana yang Kamu Pilih?

6. Cara Menghilangkan Karat dengan Pertamax Plus

Selain beberapa bahan di atas, rupanya BBM Pertamax Plus juga bisa digunakan untuk membersihkan karat. Zat yang terkandung dalam Pertamax mampu membuat bagian injektor jadi lebih bersih.

Tingginya kandungan oktan dalam Pertamax dapat menjaga performa mesin. Untuk membersihkan karat, Eigerian bisa mencampurkan Pertamax Plus dengan solar. Gunakan perbandingan 1:2, lalu aduk hingga merata.

Oleskan campuran tersebut ke bagian yang berkarat. Setelah itu, sikat dengan sikat kawat untuk merontokkan karat yang menempel.

7. Rust Remover

Cara terakhir adalah menggunakan rust remover. Eigerian bisa membeli rust remover di bengkel atau di marketplace. Rust remover bisa diaplikasikan dengan cara disemprot pada bagian yang berkarat, lalu digosok hingga bersih.

Selain menjaga kebersihan komponen motor, Eigerian juga perlu menggunakan perlengkapan riding terbaik demi keamanan saat berkendara.

Nah, Eigerian bisa menggunakan perlengkapan riding seperti jaket, sarung tangan, celana, tas, helm, dan aksesoris lainnya dengan berbelanja melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru