HomeTips & TrickGreen & HealthyApa Sih Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan?

Apa Sih Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan?

Bagi sebagian orang yang gemar melakukan aktivitas fisik, tentunya olahraga bukan menjadi hal yang berat. Namun bagi sebagian lainnya, dengar kata “olahraga” saja sudah malas. Padahal melakukan olahraga secara rutin akan mendatangkan banyak sekali manfaat. Mengaku tidak sempat, adalah satu dari sekian banyak alasan kenapa seseorang tidak olahraga. Jika tidak ada waktu untuk olahraga di pagi hari, kenapa tak coba olahraga malam? 

Sesuai panduan WHO, orang dewasa sebaiknya berolahraga minimal 150 menit per minggu. Dengan durasi ini, kita bisa merasakan manfaatnya. Kita bisa membagi aktivitas olahraga 5 kali per minggu dengan durasi 30 menit untuk setiap harinya. Aktivitas harian ini masih bisa dibagi lagi sesuai kebutuhan, misalnya 15 menit pada pagi hari dan 15 menit pada sore atau malam hari. Jadi, tidak memiliki waktu di pagi hari sebenarnya bukan alasan untuk mangkir olahraga karena kita bisa melakukan olahraga malam. Sepakat, ya?

Apa Bedanya dengan Olahraga Pagi?

olahraga malam

Kebanyakan orang menduga, bahwa olahraga yang paling baik adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh vitamin D dan udara lebih segar. Lalu, bagaimana dengan kita yang memilih olahraga malam hari karena waktu yang lebih senggang? Sebenarnya lebih baik mana, olahraga pagi atau olahraga malam?

Dilansir dari laman WomensHealthMag.com, Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England menyatakan bahwa olahraga pagi memiliki manfaat bagi kita yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan. Olahraga di pagi hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Selain itu, olahraga pagi juga akan merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah juga akan lebih stabil dan jam tidur di malam hari bisa lebih nyenyak. 

Sementara itu, olahraga malam bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Olahraga malam hari dinilai lebih efektif untuk pembentukan otot, dan bisa membantu masalah tidur seperti insomnia.

Dengan catatan, olahraga malam harus dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Pasalnya, tubuh akan dehidrasi dan kita justru akan menjadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan. 

Mau pagi atau malam, sebenarnya tergantung diri kita masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan lokasi, waktu, tipe olahraga, serta  setting sosial (misalnya apakah kita berolahraga sendirian atau bersama teman). 

Baca juga: Apa Sih Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental?

Apa Saja Manfaat Melakukan Olahraga Malam untuk Kesehatan?

olahraga malam
Sumber: Freepik

Selain dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia,  manfaat olahraga malam yang juga dapat kita rasakan adalah:

1. Meningkatkan stamina

Sebuah riset membuktikan bahwa berolahraga di malam hari dapat meningkatkan penyerapan oksigen di dalam tubuh. Selain itu, olahraga malam saat tubuh sudah beraktivitas seharian juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot.

2. Menghilangkan stres

Olahraga juga dapat membantu tubuh melepas hormon endorfin yang dapat memperbaiki mood sekaligus mencegah stres di kemudian hari.

3. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Orang yang minum susu berprotein tinggi setelah olahraga malam dan sebelum tidur memiliki konsentrasi asam amino di dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Hal ini membuktikan bahwa protein akan lebih maksimal diserap oleh tubuh saat kita tidur dan tentunya setelah berolahraga.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian yang dipublikasikan di Sports Medicine menyebutkan bahwa olahraga malam boleh-boleh saja dilakukan dan tidak akan mengganggu kualitas tidur. Syaratnya, kita tidak berolahraga dengan intensitas tinggi setidaknya satu jam sebelum tidur. 

Meskipun manfaat olahraga malam hari cukup beragam, namun ada hal yang tetap perlu diperhatikan ketika melakukannya, termasuk soal intensitas olahraga yang dilakukan. Saat malam hari, kita tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat seperti melakukan high interval intensive training atau HIIT kurang dari satu jam sebelum tidur. Sebab, hal ini justru bisa membuat kita susah tidur dan membuat kualitas tidur berkurang.

Baca juga: Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Jika kita bukan orang yang bisa bangun pagi setiap hari, maka olahraga malam hari mungkin akan lebih baik. Dengan begitu, kita tidak cuma mematikan alarm setiap pagi dan rencana berolahraga yang hanya wacana. Jika kita suka berolahraga sendiri, maka pilihlah waktu atau tempat di mana kita dapat berolahraga sendirian, dan begitupun sebaliknya.

Pada dasarnya, olahraga akan bermanfaat kalau kita bisa melakukannya secara konsisten dan rutin. Maka dari itu, pilihlah waktu di mana kita dapat melakukannya secara konsisten dengan mudah. Dan tentunya, siapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan.

Sepatu olahraga yang lama sudah mulai usang? Atau perlu outfit olahraga baru yang lebih eye catching? Tenang, kita bisa mendapatkannya dengan mudah hanya dengan belanja online di laman Eiger Adventure. Ada banyak sekali pilihan produk dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Tunggu apa lagi? Belanja sekarang, sebelum kehabisan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru