HomeTips & TrickGreen & HealthyApa Sih Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental?

Apa Sih Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental?

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang dapat melatih kelenturan, memperbaiki postur tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan dan menenangkan pikiran. Ada banyak sekali manfaat yoga yang perlu diketahui. Beberapa jenis yoga bahkan bisa membantu meredakan penyakit tertentu, termasuk gangguan persendian hingga pencernaan, lho! Tidak heran jika yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak digemari. Pasalnya, kita bisa melakukan olahraga yang satu ini di rumah. 

Tapi, apakah Eigerian sudah tahu bagaimana cara melakukan gerakan yoga dengan tepat? Mengingat begitu banyak manfaat yoga yang bisa kita dapatkan, sehingga memahami gerakan dasar yoga tentunya akan menjadi tahap awal untuk menguasai berbagai jenis yoga lainnya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

manfaat yoga
Sumber: Freepik

Dengan melakukan yoga, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan baik secara fisik maupun mental. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini.

  1. Salah satu manfaat yoga adalah dapat mengurangi rasa nyeri punggung. Pasalnya, gerakan ini kebanyakan akan bertumpu pada otot tangan, kaki, perut dan punggung sehingga bisa membantu melenturkan tubuh.
  2. Manfaat yang kedua adalah membantu meningkatkan kebugaran tubuh, membantu untuk memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh. Hal ini karena perpaduan antara gerakan tubuh dan meditasi akan membantu mempengaruhi kondisi sel dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan kebugaran.
  3. Manfaat yoga yang ketiga adalah membantu membakar lemak pada tubuh. Pasalnya, gerakan yoga dapat membantu membakar kalori dan cadangan lemak di tubuh. Kita juga bisa mengkombinasikan dengan olahraga lainnya seperti berjalan kaki, lari, dan olahraga aerobik lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  4. Selanjutnya, yoga juga dapat membantu merelaksasi pikiran dan pernapasan. Yoga dapat membantu mengurangi hormon stress sehingga pikiran akan menjadi lebih rileks. Lalu, beberapa gerakan yoga juga bisa membantu kita untuk melancarkan pernapasan, sehingga daya tahan tubuh serta kinerja hingga kesehatan jantung juga akan ikut terjaga.
  5. Setelah otot menjadi semakin lentur dan pernapasan juga menjadi lancar, salah satu manfaat yoga selanjutnya adalah membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar, maka metabolisme tubuh akan menjadi lebih baik dan akan membantu kita agar terhindar dari penyakit.
  6. Olahraga yang satu ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur.
  7. Saat kita sedang banyak pikiran dan sering merasa cemas, melakukan olahraga apapun akan membantu kita untuk meredakan stress dan kecemasan. Dan salah satu olahraga yang bisa kita lakukan dengan mudah adalah yoga. Kombinasi olah tubuh dan meditasi akan membantu mengurangi tingkat stress, di mana hasilnya rasa gelisah akan lebih berkurang dan bisa membantu memperbaiki mood.

Tips dan Trik Melakukan Yoga dengan Tepat

manfaat yoga
Sumber: Freepik

Kita sudah mengetahui bahwa yoga memiliki banyak manfaat mulai dari melatih konsentrasi hingga memperbaiki postur tubuh. Namun, olahraga yang satu ini berisiko menimbulkan cedera apabila gerakan yoga yang dilakukan kurang tepat. Jadi, mengetahui posisi yoga yang tepat dapat membantu kita mendapatkan manfaat olahraga ini secara maksimal. 

1. Mountain

Meskipun terlihat sederhana, namun nyatanya ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan gerakan yoga ini. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk melakukan pose yoga mountain.

  • Berdiri dan posisikan jari kaki menyentuh lantai dengan sempurna.
  • Posisikan tumit sedikit terpisah (atau lebih lebar jika itu lebih nyaman bagi kita).
  • Lalu, letakkan lengan lurus pada bagian samping tubuh.
  • Kemudian tegakkan tubuh dan luruskan tulang punggung secara sempurna.
  • Tarik pundak ke bawah dan lebarkan tulang selangka, dan jaga kepala tetap sejajar dengan bahu (jangan ditarik ke belakang atau ke depan), serta pastikan dagu sejajar dengan lantai.
  • Posisikan panggul dan juga punggung berada dalam posisi lurus.
  • Tahan pose mountain ini selama 30 detik hingga 1 menit.

2. Downward Facing Dog

Gerakan yoga yang satu ini sangat bermanfaat untuk tubuh bagian atas dengan meregangkan lengan, dada, kaki, dan otot punggung. Untuk melakukannya secara tepat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Posisikan tubuh seperti merangkak dengan jari kaki menempel ke lantai, dan pastikan posisi lutut berada di bawah pinggul dengan telapak tangan sedikit di depan bahu.
  • Buang napas dan mulailah meluruskan kaki, dilanjutkan dengan menempelkan tumit pada lantai.
  • Angkatlah tulang duduk ke atas, dan dorong tumit semakin menapak lantai.
  • Tekan sedikit telapak tangan ke matras dan perlahan luruskan lengan saat menarik bahu ke bawah.
  • Buat kepala kita menjadi rileks, dan cobalah memposisikannya berada di antara lengan atas. Lalu, tahan selama 1-3 menit.

3. Plank

Dari pose yoga downward facing dog, kita bisa menurunkan badan ke arah depan dengan lengan lurus hingga posisinya tegak lurus dengan lantai. Pastikan posisi telapak tangan kita berada tepat di bawah bahu. Selanjutnya, lebarkan tulang selangka, tarik pundak ke bawah, lalu lihat lurus ke bawah di lantai. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit. Pose plank ini akan membantu membangun lengan, pergelangan tangan, dan otot inti yang lebih kuat.

4. Butterfly

Untuk melakukan gerakan yoga butterfly dengan tepat, ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Mulailah dengan duduk di atas matras yoga atau lantai dengan posisi kaki serta tangan di lantai dan punggung tegak.
  • Sambil mengatur napas, tekuk lutut dan tempatkan tumit agar dekat dengan area tulang panggul.
  • Lalu, letakkan lutut secara perlahan ke lantai dan sentuhkan tumit kiri dan kanan
  • Genggam pergelangan kaki, dan tahan posisi ini selama 3 hingga 5 menit. Maka kita akan merasakan regangan yang baik di punggung bagian bawah, paha bagian dalam, dan pinggul.

Baca juga: Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

5. Child’s pose

Child’s pose adalah sebuah pose istirahat yang dapat dengan lembut meregangkan pinggul, punggung bagian bawah, dan leher. Langkah yang perlu kita mulai adalah dengan berlutut di lantai dengan jari-jari kaki menyentuh lantai. Duduklah di tumit, dengan posisi lutut selebar pinggul, lalu lanjutkan dengan membaringkan badan menelungkup di antara paha. Biarkan lengan berbaring di lantai di sisi kita, tangan di samping pinggul, dan telapak tangan mengarah ke atas. Biarkan bagian belakang atas tulang kepala menarik dan menjauh dari leher, dan biarkan berat bahu kita menarik tulang belikat lebar-lebar. Tahan gerakan ini dari 30 detik hingga 3 menit.

Baca juga: Manfaat Membaca untuk Meningkatkan Kualitas Hidup, Ini Detailnya!

Nah, setelah mengetahui gerakan yoga yang tepat, kita dapat mempraktekkannya saat berolahraga. Kita juga dapat mengikuti kelas yoga yang saat ini telah banyak dibuka, atau cukup menonton panduan di YouTube. Jadi, untuk mendapatkan manfaat yoga secara optimal itu sebenarnya tidak sulit. Kita hanya perlu memantapkan tekad untuk memulainya. Yuk, penuhi segala perlengkapan olahraga dengan berbelanja hemat di Eiger Adventure Official Website. Ada banyak promo yang sayang sekali jika dilewatkan. Kapan lagi dapat produk berkualitas Eiger dengan harga miring!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments