HomeTips & TrickGreen & HealthyApakah Cup Kertas Ramah Lingkungan? Ini Faktanya!

Apakah Cup Kertas Ramah Lingkungan? Ini Faktanya!

Jika kamu sering ngopi, pasti familiar dengan penggunaan cup atau gelas berbahan kertas. Namun, apakah cup kertas ramah lingkungan? Berikut ini adalah beberapa faktanya. 

Seiring dengan meningkatnya penggunaan wadah minum berbahan plastik, muncul inovasi baru yakni gelas kertas. 

Selain dianggap lebih aman untuk membawa minuman panas, gelas kertas juga dinilai lebih ramah lingkungan. Namun, ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar. 

Pasalnya cup kertas masih menggunakan lapisan plastik untuk melindungi bagian dalam. Lapisan plastik itulah yang menyebabkan limbah gelas kertas sulit untuk didaur ulang. 

Proses pemisahan kertas dari lapisan plastik memiliki tingkat kesulitan tinggi. Oleh karena itu dapat menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan lingkungan. 

Melansir dari Kompas.com, sekitar 320 miliar gelas kertas diproduksi per tahun di seluruh dunia, dan kurang dari satu persen yang bisa didaur ulang. 

Semakin meningkat tren ngopi, penggunaan cup kertas pun akan meningkat ke depannya. Menurut survei The Earthkeeper, 6 dari 10 orang mengunjungi gerai kopi sedikitnya satu kali seminggu, dan menggunakan sekitar satu sampai dua gelas plastik untuk kopi favoritnya. 

Mengenal Gelas Kertas

Gelas kertas merupakan alternatif untuk menggantikan gelas atau botol berbahan plastik. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit didaur ulang. Simak penjelasan berikut untuk tahu lebih lanjut mengenai gelas kertas. 

Apa itu Gelas Kertas?

Gelas kertas atau lebih dikenal dengan istilah paper cup merupakan sebuah wadah minuman sekali pakai yang terbuat dari kertas. 

Bagian dalam dari gelas ini dilapisi pelindung yang terbuat dari bahan plastik yang berfungsi untuk mencegah cairan merembes. 

Berbagai minuman yang disajikan dengan air panas seperti kopi, sangat cocok menggunakan jenis gelas ini.  

Paper cup ini sangat populer di kalangan konsumen karena mudah untuk digunakan dan dibuang setelah pemakaian. Dibandingkan dengan cup plastik, gelas kertas ini lebih ramah lingkungan. 

Sejarah Gelas Kertas

Gelas kertas mulai populer digunakan pada tahun 1940-an ketika teknologi paper cup mulai berkembang. Saat itu, gelas kertas difungsikan sebagai pengganti dari gelas keramik di beberapa restoran dan kedai kopi. 

Kemudian di tahun 1950-an, gelas kertas menjadi populer di kalangan konsumen karena kepraktisan yang ditawarkan. Alhasil hingga saat ini gelas kertas menjadi wadah minuman yang populer di dunia. 

Jenis Gelas Kertas

Sebagai wadah minuman, gelas kertas memiliki beberapa jenis yang tersebar di pasaran sebagai berikut. 

  • Hot paper cup

Umumnya memiliki lapisan pelindung yang lebih tebal untuk menahan suhu yang tinggi. Bagian tersebut merupakan laminasi plastik yang terdapat di bagian dalam, yang cocok digunakan untuk kopi, teh, dan coklat panas.

Baca Juga: Berkenalan dengan Produk Sustainable di Indonesia

  • Cold paper cup

Cup ini memiliki lapisan pelindung di bagian luar dan bagian dalam. Hal itu untuk menjaga paper cup tidak mudah bocor. 

  • Gelas kertas kuping

Pada gelas kertas ini memiliki bagian tambahan berbentuk seperti kuping yang berfungsi sebagai pegangan. Sehingga tangan tidak kepanasan saat memegang cup. 

  • Paper cup kraft

Terbuat dari bahan kraft berwarna coklat sehingga memberikan kesan ramah lingkungan. Kertas kraft merupakan kertas yang berasal dari chemical pulp lewat proses kimia. Bahan kraft ini dikenal mempunyai elastisitas yang tinggi, ringan, serta tidak mengandung racun. 

  • Paper cup double wall

Cup jenis ini memiliki lapisan pelindung tambahan pada bagian badan gelas, sehingga terlihat lebih tebal. Cocok digunakan untuk minuman yang sangat panas. 

Apakah Cup Kertas Ramah Lingkungan?

Saat ini gelas kertas digunakan untuk meminum kopi panas agar bisa dinikmati sambil jalan. Namun di samping itu terdapat bahaya yang menyelimuti saat menggunakan gelas kertas ini. 

Pasalnya paper cup tersebut dibuat menggunakan bahan plastik tipis, agar gelas kertas tidak mudah hancur saat terkena air panas. 

Namun, bahan plastik yang bersentuhan langsung dengan air panas bisa larut bersama kopi yang diminum. Jika dikonsumsi secara masif, hal itu bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Kemungkinan adanya bakteri dalam gelas kertas hal yang membahayakan. Ketika gelas-gelas ini digunakan seringkali tidak dibersihkan terlebih dahulu sebelum disajikan ke konsumen.

Selanjutnya gelas kertas yang dipakai sebagai wadah kopi seringkali masih memiliki aroma kertas. Ketika digunakan, residu yang larut bersama kopi bisa merubah aroma dan rasa kopi yang kamu minum. 

Baca Juga: Menjaga Kelestarian Lingkungan Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini

Alasan Tidak Menggunakan Gelas Kertas

Selain dinilai kurang ramah lingkungan, terdapat beberapa alasan untuk tidak menggunakan gelas kertas saat menikmati kopi sebagai berikut.

  • Mengubah Rasa Kopi

Meski tidak merubah cita rasa kopi sepenuhnya, akan tetapi bahan kertas dalam paper cup bisa membawa aroma kertas pada kopi. 

  • Kurang Higienis

Berbeda dengan cangkir keramik atau kaca yang dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan, kebersihan cup kertas sedikit diragukan. 

Cup kertas yang dibuat di pabrik pasti mengandung debu atau zat lain yang tidak baik jika masuk dalam larutan kopi. Maka dari itu jika kamu peduli pada kebersihan, sebaiknya tidak menggunakan paper cup

  • Tidak Bisa Menikmati Espresso

Espresso merupakan minuman kopi yang biasanya dinikmati langsung di tempat, bukan minuman yang bisa take away. Jika kamu menggunakan cup kertas, maka kamu tidak bisa menikmati espresso. 

  • Bisa Diganti dengan Tumbler

Jika tidak ingin menggunakan paper cup, kamu bisa menggantinya dengan tumbler yang stylish dan lebih ramah lingkungan. Saat ini sudah terdapat banyak jenis tumbler dengan desain menarik yang cocok dibawa saat berkegiatan untuk menikmati kopi.

Inovasi Gelas Kertas 

Melihat bahaya yang bisa ditimbulkan oleh gelas kertas, muncul inovasi baru agar gelas kertas tetap dapat digunakan dan ramah lingkungan. 

Inovasi pertama adalah kemunculan teknologi thermo-grip. Dalam teknologi ini terdapat dinding insulasi ganda yang mampu menahan panas. Sehingga, kemungkinan partikel-partikel gelas melarut ke air panas juga minim.

Kemudian ada cup kertas yang menggunakan teknologi biodegradable, yang merupakan hasil daur ulang dan mudah terurai. Beberapa bahan yang dipakai untuk membuat gelas kertas biodegradable diambil dari bahan-bahan kompos, yang bisa menjadi nutrisi untuk tanah ketika terurai.  

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Biodegradable, Bisa Jadi Solusi Lingkungan?

Sebagai penikmat kopi, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi bahaya yang ditimbulkan limbah gelas kertas. 

Pertama, bisa membawa tumbler sendiri dari rumah. Selain mengurangi risiko ketidakhigienisan, dengan menggunakan tumbler bisa meminimalisir kerusakan lingkungan.  

Kedua, kamu bisa meminta kopi disajikan di gelas keramik atau kaca yang dapat digunakan berulang kali. Ketiga, mintalah gelas kertas untuk dibersihkan sebelum disajikan. Jika tidak terdapat opsi lain selain gelas kertas, maka pastikan agar kebersihannya terjamin. 

Alternatif Cup Kertas

Nah bagi Eigerian yang sedang mencari tumbler untuk wadah minum sekaligus pengganti gelas kertas, ini rekomendasi tumbler dari EIGER. 

1.EIGER TN BUKIT DUABELAS WATER BOTTLE

Pertama, ada tumbler dengan edisi spesial taman nasional. Tumbler ini terinspirasi dari Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi yang memiliki hutan tropis yang menakjubkan. 

Tumbler ini memiliki desain grafis menarik yang merupakan ilustrasi keragaman hewan dan tumbuhan seperti pohon Sialang yang merupakan pohon tropis tertinggi. 

Dengan menggunakan botol minum stainless ini bisa mengurangi penggunaan botol plastik untuk mendukung gerakan sustainability , serta menjaga dan melestarikan warisan alam.

2. EIGER BALAVU WATER BOTTLE

apakah cup kertas ramah lingkungan

Selanjutnya adalah botol minum Balavu yang memiliki desain minimalis serta bobot yang ringan untuk dibawa sehari-hari. 

Botol minum ini terbuat dari bahan stainless steel serta bebas dari bahan BPA yang merupakan zat kimia sintetis dalam pembuatan plastik.  Tumbler ini dilengkapi dengan tutup anti bocor sehingga aman digunakan saat berpergian. 

3. EIGER CAMPERS PARACORD WATER STORAGE

apakah cup kertas ramah lingkungan

Rekomendasi tempat minum eco-friendly lainnya adalah EIGER Campers Paracord Water Storage.

Tumbler EIGER yang satu ini dilengkapi dengan klip carabiner sehingga membuat tampilannya kian keren.

Tempat minum berbahan aluminium alloy tersebut memiliki ukuran 54 x 30,2 x 54 yang mampu menampung cairan dalam jumlah banyak.

Desainnya yang simple dan juga ringan untuk dibawa ke mana pun membuat EIGER Campers Paracord Water Storage cocok untuk digunakan sehari-hari. Bahkan cocok untuk dibawa saat traveling atau berkegiatan outdoor seperti berkemah.

Selain itu terdapat lapisan double wall vacuum insulated, yang berfungsi untuk menjaga minuman tetap panas ataupun dingin dalam waktu beberapa jam.

Nah, itulah ulasan seputar cup atau gelas kertas, bahaya yang ditimbulkan, serta alternatif wadah minuman pengganti cup kertas. 

Jika Eigerian ingin menjadi bagian dari penjaga alam dan lingkungan sekitar, usahakan untuk mengurangi memakai gelas kertas dan beralih pada penggunaan tumbler ya!

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan penggunaan produk yang ramah lingkungan. Beberapa produk EIGER menggunakan campuran bahan daur ulang sebagai upaya mengurangi limbah di alam.

Ada berbagai koleksi produk EIGER dengan jaminan kualitas terbaik dan tahan lama, sehingga dapat mengurangi sampah yang terbuang di alam.

Eigerian dapat menemukan koleksi produk perlengkapan hiking, pakaian, aksesoris fashion, perlengkapan riding dan bersepeda, serta perlengkapan traveling lainnya melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Dengan berbelanja melalui situs resmi EIGER, kamu berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik, gratis ongkir seluruh Indonesia, dan jaminan produk original.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru