HomeTips & TrickGreen & HealthyBerkenalan dengan Produk Sustainable di Indonesia

Berkenalan dengan Produk Sustainable di Indonesia

Tidak sedikit pelaku industri yang mulai sadar dengan isu lingkungan dan kemudian mengambil langkah nyata untuk turut berpartisipasi melestarikan lingkungan. Membuat produk sustainable misalnya, menjadi bentuk konkrit perubahan yang terjadi, dan adaptasi pelaku industri pada perubahan era.

Tapi sebenarnya apa yang dimaksud sustainable product itu sendiri? Apa yang kemudian membuat sebuah produk dikatakan sustainable? Lalu apa pula pentingnya menggunakan produk dengan kategori ini?

Dalam artikel singkat ini akan disajikan ulasan terkait produk sustainable, sehingga kamu bisa memiliki pemahaman lebih jauh. Selengkapnya, simak setiap poin di bawah ini.

Baca Juga : Sampah Plastik Bisa Merusak Kelestarian Alam! Yuk, Bijak Mengelolanya

Mengenal Apa Itu Produk Sustainable

produk sustainable
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Produk sustainable merupakan produk yang mampu diproduksi atau dikonsumsi dengan ramah lingkungan, sehingga tidak membawa kerusakan berlebih atau kehancuran pada lingkungan. Jika dalam proses produksi atau proses konsumsinya memberikan dampak buruk pada lingkungan yang tidak bisa dipulihkan dalam waktu singkat, maka produk tersebut tidak bisa disebut sustainable product.

Produk ini kemudian dikenal sebagai produk ramah lingkungan yang diproduksi oleh pelaku industri. Jenis dan nilai dari produknya dibuat semirip mungkin dengan produk yang sudah ada sebelumnya, namun dengan berbagai inovasi di bidang produksi dan konsumsi yang lebih ‘hijau’.

Tujuan utama dari pembuatan produk seperti ini tentu adalah mengurangi dampak buruk pada lingkungan dari aktivitas industri yang terjadi. Pada jangka panjang, diharapkan produk seperti ini semakin diminati dan bisa menjadi pilihan utama masyarakat dunia.

Syarat Sebuah Produk Disebut Produk yang Sustainable

produk sustainable

Setidaknya untuk dikatakan sebagai produk sustainable, sebuah produk harus memenuhi tiga syarat utama, seperti yang disampaikan pada salah satu artikel di earth911.com. Syarat atau kondisi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Produk harus dibuat dari bahan atau sumber daya yang terbarukan, sehingga tidak memberikan dampak negatif pada alam secara masif, dan terus menerus.

2. Proses produksi, distribusi, dan konsumsi sebuah produk harus menggunakan energi seminimal mungkin serta menekan jumlah limbah yang dihasilkan. Pelaku industri wajib menekan dampak buruk pada lingkungan seminimal mungkin dalam ketiga proses kehidupan produk tersebut.

3. Semua proses produksi juga memperhatikan kebaikan dari lingkungan, pekerja, dan prinsip keadilan. Istilah socially sustainable jadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ini. Jadi, tidak hanya industri berorientasi pada kelestarian lingkungan, tapi juga kesejahteraan dari pekerja yang dimilikinya.

Ketika sebuah produk sudah memenuhi ketiga butir yang disebutkan di atas, maka produk dapat dikatakan sebagai sustainable product. Produk ramah lingkungan seperti ini jadi tren baru yang mendunia, dan mulai banyak diadaptasi oleh industri meski belum sepenuhnya menggunakan prinsip tersebut.

Perkembangan tren yang positif ini akan membawa dampak baik untuk keberlangsungan bumi, setelah selama beberapa abad benar-benar dieksploitasi pada kegiatan industri. Kini, bumi bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk terus lestari, dan dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Menggunakan Produk Ramah Lingkungan sebagai Bentuk Aksi Nyata

produk sustainable

Sebagai seorang konsumen cerdas, sudah sepantasnya kamu juga mulai bergeser menggunakan produk-produk sustainable yang ada di pasar. Kini, produk seperti ini tak lagi sulit ditemukan, karena banyak juga pelaku industri yang merintis segmen tersebut.

Kecintaan alam yang kamu miliki selain diwujudkan dalam kegiatan luar ruang dan menjaga kelestarian alam, juga bisa ditunjukkan dengan memilih produk ramah lingkungan. Apalagi jika produk sustainable ini bisa mendukung kegiatan luar ruang yang kamu lakukan, maka manfaatnya benar-benar akan optimal untuk alam dan kehidupan di bumi.

Tapi apakah ada produk sustainable dengan kualitas yang baik dan bisa mendukung kegiatan luar ruang seperti yang dimaksud di atas?

Produk Sustainable Berkualitas dari Eiger Adventure

produk sustainable

Sebagai sebuah brand yang telah cukup lama menerapkan konsep berkelanjutan dalam produksinya, Eiger memiliki segmen produk sustainable yang bisa digunakan. Tidak main-main, produk ini diluncurkan untuk kategori mountaineering, sehingga kualitas dan daya tahannya sudah terjamin.

Beberapa produk andalan Eiger untuk segmen sustainable product antara lain adalah sebagai berikut.

Dan masih banyak lagi produk Eiger Adventure lain yang berorientasi pada kelangsungan dan kelestarian lingkungan. Segmen produk ini masuk ke mountaineering, segmen 1989, dan riding, sehingga didesain khusus untuk bertahan dari penggunaan ekstrim namun tetap memberikan proteksi dan kenyamanan saat digunakan.

Baca Juga : EIGER Adventure Rilis Environment, Social, and Governance (ESG) Report 2021

Adaptasi yang dilakukan Eiger Adventure sebenarnya sudah berjalan cukup lama sehingga dapat menghasilkan produk yang benar-benar ramah lingkungan. Bahkan Eiger baru saja meluncurkan Eiger Environment, Social, and Governance (ESG) Report 2021 yang bisa langsung kamu lihat dengan klik di sini.. Segmen produk Eiger sustainable series yang dimiliki brand sudah  teruji, sehingga pasti bisa diandalkan oleh kamu yang ingin menggunakannya.

Memaksimalkan produk sustainable juga dapat menjadi wujud nyata atas semua campaign kelestarian lingkungan yang kamu jalankan. Produk Eiger Adventure siap menjadi partner terbaik untuk kamu gunakan setiap saat dan untuk kegiatan apa saja!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments