HomeTips & TrickGreen & HealthyMenjaga Kelestarian Lingkungan Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini

Menjaga Kelestarian Lingkungan Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini

Gaya hidup sehat sudah banyak diserap dan diterapkan oleh masyarakat. Tak terkecuali untuk urusan refreshing dan menikmati alam, perlahan tapi pasti, masyarakat juga sudah melakukan gerakan nyata untuk menjaga kelestarian  lingkungan secara aktif.

Ketika menikmati keindahan alam, seperti saat mendaki gunung, sekedar berkemah, atau trekking, banyak aksi nyata yang bisa dilakukan guna menjaga kelestarian alam sekitar. Mulai dari hal kecil hingga hal besar, semua berdampak signifikan di dalam upaya ini, sehingga semuanya akan sangat berarti.

Tentu saja, sebagai Eigerian sejati, menjaga kelestarian lingkungan wajib jadi hal yang tak boleh dilupakan. Jika mungkin belum mempraktekkannya secara nyata, berikut beberapa hal yang bisa Eigerian lakukan untuk berperan aktif menjaga lingkungan, dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

menjaga kelestarian lingkungan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jelas, pertama dan utama adalah untuk membuang sampah pada tempatnya, dan jika memungkinkan, sesuai jenisnya. Dengan demikian, kamu sudah membantu menjaga kebersihan lingkungan secara langsung dengan tindakan yang simpel ini.

Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya juga disarankan agar usahamu semakin maksimal. Sebab dengan mengelompokkan sampah ini, pengolahan sampah menjadi lebih mudah, sehingga sampah tak menumpuk terlalu lama.

Well akan sangat lebih baik jika kamu bisa mengurangi sampah secara signifikan, tapi sebagai langkah awal, membuang sampah pada tempatnya bisa jadi upaya menjaga kelestarian lingkungan secara langsung.

Baca Juga : 7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba

Mengurangi Penggunaan Perangkat Sekali Pakai

Menerapkan prinsip 3R, yakni reduce, reuse, dan recycle, akan jadi langkah efektif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menerapkan tiga prinsip ini secara konsisten, penggunaan barang sekali pakai juga akan secara drastis berkurang.

Ketika merencanakan pendakian gunung, sebisa mungkin gunakan barang-barang yang tidak sekali pakai. Misalnya, botol minum yang bisa digunakan kembali atau didaur ulang, kemudian kantong plastik bisa diganti dengan tas jinjing lainnya, sehingga penggunaan plastik sekali pakai bisa diminimalisir.

Eigerian juga bisa menggunakan tempat makan untuk membawa makanan hanya perlu dipanasi saja, dan mengurangi makanan-makanan yang memiliki kemasan sekali pakai. Dengan begini, kegiatan luar ruang yang dilakukan juga tidak memberikan tambahan sampah bagi lingkungan.

Menggunakan Transportasi Umum

menjaga kelestarian lingkungan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mungkin terdengar sangat klasik, tapi menggunakan transportasi umum bisa benar-benar membantu menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini karena polusi yang muncul dapat diminimalisir, sehingga kondisi udara dan alam secara umum bisa lebih terjaga.

Transportasi umum idealnya memiliki kapasitas yang besar, sehingga dapat mengangkut lebih banyak orang dengan produksi polusi yang masih normal. Hal ini akan kontra produktif jika dibandingkan penggunaan mobil pribadi, yang hanya diisi 1 atau 2 orang saja bukan?

Upaya pelestarian lingkungan sendiri memang bisa dilakukan dengan banyak sekali cara. Penggunaan kendaraan umum idealnya juga bisa jadi satu kebiasaan baru yang dilakukan banyak orang, sehingga produksi polusi bisa terus ditekan.

Tentu saja sebagai catatan, bahwa fasilitas kendaraan umum yang tersedia juga wajib terus ditingkatkan, agar dapat membuat nyaman lebih banyak orang.

Meminimalisir Bahan Kimia yang Langsung Dibuang Ke Alam

Bisa dalam bentuk apa saja, bahan kimia buatan yang tidak ‘ramah’ pada alam juga bisa jadi salah satu faktor yang turut merusak alam. Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi pembuangan limbah kimia secara langsung ke alam untuk mengurangi laju kerusakan yang sudah terjadi.

Bahan kimia yang dimaksud, dalam skala kegiatan luar ruang atau kegiatan rumah tangga, bisa berupa apa saja. Misalnya, deterjen untuk mencuci, pestisida, cairan pembersih, hingga kuah makanan instan yang mungkin dibuat bisa jadi polutan untuk lingkungan sehingga berdampak buruk untuk lingkungan.

Memang, secara logis penggunaan bahan-bahan kimia untuk menunjang kehidupan dan aktivitas tidak dapat dihindari sepenuhnya. Namun yang harus ditekankan, adalah Eigerian harus bisa melakukan pengelolaan secara benar pada limbah harian ini, agar tidak berdampak buruk langsung ke lingkungan.

Menghidupi Komunitas, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan dari Sisi Biotik

menjaga kelestarian lingkungan

Upaya nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan selanjutnya adalah dengan menjaga komunitas setempat tetap hidup. Membeli produk dan perbekalan dari warga sekitar bisa jadi cara jitu untuk turut menjaga lingkungan. Secara langsung komunitas ini berperan besar pada kondisi alam sekitar.

Ketika kehidupan masyarakat bisa meningkat kesejahteraannya, maka idealnya masyarakat juga terus akan merawat alam sekitar tempat daya tarik pengunjung. Simbiosis mutualisme akan terjalin antara masyarakat dan Eigerian sekalian, sehingga menjadi hubungan yang sehat secara sosial dan sehat untuk alam.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

Sebenarnya menjaga kelestarian lingkungan bisa dilakukan dengan hal-hal kecil. Ketika hal kecil ini dilakukan secara kolektif, maka dampaknya akan benar-benar terasa untuk lingkungan dan jangka panjang.

Nah, untuk melakukan kegiatan luar ruang, dan menjaga kelestarian lingkungan secara bersamaan, kamu bisa menggunakan botol minum yang dimiliki Eiger Adventure. Dengan kualitas yang teruji dan standar produk yang tinggi, kamu akan mendapatkan apa yang kamu butuhkan untuk menunjang perjalanan sekaligus mengurangi sampah plastik. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan apa yang kamu butuhkan sekarang juga!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru