HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Aroma Terapi, untuk Tidur Lebih Berkualitas

7 Aroma Terapi, untuk Tidur Lebih Berkualitas

Tidur berkualitas itu penting banget loh Eigerian, banyak manfaat dari tidur berkualitas yang bisa langsung kita rasakan. Produktivitas meningkat, fungsi kekebalan tubuh juga meningkat, selain itu juga menghindari kita dari obesitas.

Tidur berkualitas bahkan sama pentingnya dengan berolahraga dan menjaga pola makan atau diet sehat. Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan memperbaiki sistem sel dalam tubuh. Karenanya usaha untuk selalu menjaga kualitas tidur sangat penting, salah satunya dengan menggunakan aroma terapi untuk tidur. 

Sudah sejak lama aroma terapi dikenal memiliki khasiat yang tidak main-main. Contohnya seperti jenis minyak aroma terapi sebagai salah satu cara untuk meredakan batuk, demam, flu dan lain-lain. Selain untuk kesehatan, aromaterapi juga dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati dan pikiran.

Nah ada lagi nih Eigerian yang mungkin belum kamu tahu, aroma terapi untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas juga ada lho. Yuk cari tahu, rekomendasi aroma terapi agar tidur lebih berkualitas!

Lavender

Aroma terapi untuk tidur
Source: Unsplash

Apakah Eigerian pernah melihat bunga lavender? Bunga cantik berwarna ungu ini  kerap kali jadi rujukan jika berbicara tentang tidur berkualitas. Banyak minyak aroma terapi yang menggunakan lavender sebagai bahan utamanya. Lavender terkenal mampu menenangkan sistem saraf loh, ini dikarenakan senyawa kimia linalool dan linalyl acetatenya yang terkandung dalam lavender.

Lavender sebagai aroma terapi untuk tidur memang tidak usah diragukan lagi. Banyak riset menunjukkan efek positif lavender seperti, tidur yang lebih baik pada mereka yang insomnia ringan, kualitas tidur lebih baik, mengurangi kecemasan dan perbaikan tidur pada pasien dengan penyakit arteri koroner. Menarik bukan? 

Kayu Cendana

Source Unsplash

Kayu cendana atau yang biasa disebut juga dengan sandalwood terbukti  melalui riset bisa efektif meredakan gejala kecemasan, memberikan efek sedatif, dan meningkatkan tidur non-REM. Buat kamu yang suka banget wangi intens dari kayu-kayuan atau wangi yang membumi (earthy) bisa pilih aromaterapi sandalwood ini. 

Bergamot

Source: Pixabay

Termasuk kedalam tumbuhan sitrus, dan satu keluarga dengan jeruk, lemon maupun jeruk nipis. Pasti Eigerian sudah terbayang bukan wangi segar dari bergamot ini. Minyak esensial bergamot rupanya juga digunakan sebagai aroma terapi sebab bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mental. Selain itu minyak bergamot juga telah lama digunakan untuk campuran minyak lain yang membantu tidur. 

Geranium Sebagai Aroma Terapi Untuk Tidur

Source: Pixabay

Geranium biasanya dikombinasikan dengan bunga mawar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mawar ataupun geranium setelah dikombinasikan memiliki manfaat yang lebih optimal. Jika Eigerian tidak menyukai aroma melati yang cenderung tajam, bisa menggunakan kedua bunga mawar dan geranium. Eigerian bisa mencampur minyak esensial pada air di bathtub untuk mandi, larutkan pada diffuser, atau dicampurkan dengan air kemudian dimasukan kedalam spray bottle. 

Cedar Wood 

Source: Pixabay

Bagi kamu penyuka wangi-wangian alam, bisa pertimbangkan juga wangi cedar wood. Cedar wood mampu berikan efek sedatif dari kandungan senyawa cedrol. Senyawa yang terbukti meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa sehat, lansia, dan orang dengan demensia, kemungkinan karena cedrol mengaktifkan sistem saraf parasimpatik.

Jasmine

Source: Unsplash

Aroma jasmine sudah sangat terkenal menjadi salah satu aroma terapi. Walaupun sering dikaitkan dengan sesuatu berbau horor melati jelas bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi frekuensi terbangun saat jam tidur. Selain meningkatkan kualitas tidur, aroma dari melati juga bisa menurunkan kecemasan loh. 

Vanilla

Aroma terapi untuk tidur
Source: Pixabay

Siapa dari Eigerian yang menyukai aroma manis dari vanilla? Aroma dari vanilla sering kali digunakan untuk aroma parfum tubuh, dan ruangan. Tahukah kamu menurut laporan dari The Sleep Doctor, vanilla memiliki efek sedatif artinya vanilla mampu mengurangi kecenderungan hiperaktif, menenangkan sistem saraf dan menurunkan tekanan darah. Maka dari itu aroma vanilla layak dicoba untuk bantu dirimu untuk tidur. 

Baca Juga: 6 Efek Kurang Tidur yang Buruk untuk Tubuh, Simak di Sini!

Tidur Sudah Berkualitas, Lebih Siap Beraktivitas Lagi! 

Traveling, riding atau, hiking lagi yuk! Setelah beristirahat penuh di rumah, mari kita kembali jelajahi alam dan nikmati indahnya pengalaman baru. Apapun hobimu, lengkapi dengan apparel dari EIGER Adventure. Belanja hanya di website resmi Eiger Adventure. Cek berbagai kebutuhan gaya hidupmu mulai dari aksesoris, aparell, sampai peralatan outdoor lainya.

Belanja EIGER resmi hanya di eigeradventure.com, dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim kemanapun, tanpa ongkos tambahan! Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran loh! Checkout sekarang yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru