HomeTips & TrickLifestyleBahan Jaket yang Bagus untuk Berkendara Saat Musim Hujan

Bahan Jaket yang Bagus untuk Berkendara Saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan, jangan sampai hujan menghambat kegiatan kita sehari-hari. Salah satu perlengkapan yang kita butuhkan saat musim hujan adalah jaket. Sebagai pelindung terluar saat air hujan mengguyur, kita memerlukan bahan jaket yang bagus dan berkualitas agar tetap nyaman dipakai. Untuk itu, kita perlu teliti saat memilih jaket terbaik musim hujan sebagai riding gear kita. Supaya lebih mudah memilih bahan jaket yang bagus untuk berkendara di musim hujan, ini dia beberapa tipsnya. 

Pilihan bahan jaket yang bagus untuk mengendarai motor tentunya berbeda dengan jaket yang biasa digunakan untuk acara santai. Sebagai pengendara motor, kita pastinya akan memilih jaket motor yang terbuat dari bahan tahan air.

Harus dipahami bahwa tahan air di sini bukan berarti jaminan air tidak akan masuk ke dalam bagian dalam, karena sebagus apapun sebuah produk jaket tetap ada celah untuk air menyelinap. Jadi, hal ini perlu diantisipasi, jika kita ingin membeli bahan jaket yang bagus untuk berkendara di musim hujan.

Bahan Jaket Yang Bagus

Mengenal Jenis Bahan Jaket yang Bagus

bahan jaket yang bagus

Pada umumnya, bahan jaket yang bagus untuk musim hujan menggunakan kain anti air. Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, kain anti air yang digunakan pada sebuah bahan jaket sendiri dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

1. Water Repellent

Water repellent merupakan sifat yang dimiliki sebuah bahan untuk menahan air sampai batas tertentu, namun tidak sepenuhnya. Biasanya hanya tahan air dalam keadaan air mengalir, bukan air menggenang. Kain ini memiliki efek seperti daun talas, di mana pada kondisi basah, butiran air bisa dengan mudah untuk disingkirkan.

2. Waterproof

Selain water repellant, terdapat jenis bahan anti air yang bersifat waterproof. Secara fungsional, bahan yang satu ini adalah sebagai pelindung sekaligus penahan air agar benda yang dilindunginya tidak basah.

Bahan jaket yang bagus dan bersifat waterproof biasanya memiliki kerapatan yang sangat tinggi, dan memiliki kemampuan yang sangat sempurna untuk menahan rembesan air, meskipun berada dibawah guyuran hujan deras. Selain membuat tubuh menjadi lebih hangat, bahan waterproof biasanya bisa menahan terpaan angin (windproof).

Terkait dengan teknologi yang diterapkan untuk membuatnya, kain anti air secara umum dapat dibuat dengan teknologi laminasi dan teknologi coating, di mana teknologi coating masih dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu coating balon, coating milky, coating bening, coating silver, dan coating metalik.

Bahan jaket yang memiliki lapisan coating balon di bagian dalam akan bersifat waterproof, sementara bahan jaket yang memiliki lapisan coating milky, coating bening, coating silver, dan coating metalik bisa saja bersifat water repellant atau water resistant

Tips Memilih Jaket untuk Berkendara di Musim Hujan

bahan jaket yang bagus

Selain desain, kita juga perlu mempertimbangkan kualitas bahan jaket yang bagus agar jaket mampu memberi kenyamanan dan kehangatan saat musim hujan. Apalagi kalau kita adalah tipe pengendara motor, tentu saja kita perlu memilih jaket anti air. Berikut ini beberapa tips memilih jaket yang cocok untuk berkendara di musim hujan.

  1. Memilih jaket dengan jahitan yang rapi dan rapat adalah keharusan. Jaket motor tahan air pastinya terbuat dari bahan parasut, yang pada umumnya memiliki tingkat kerapatan lebih baik sehingga mampu menahan air. Salah satu jenis bahan parasut yang cocok untuk jaket motor adalah parasut taslan. Parasut taslan ini merupakan bahan sintetis ekstra tinggi, yang mampu menahan angin dan sangat hangat.
  2. Pastikan fitur pada jaket dapat mendukung aktivitas berkendara meski di saat hujan. Salah satu teknologi umum adalah yang bisa menahan angin dan menolak air. Banyak produk jaket yang memiliki fitur-fitur seperti ventilasi udara yang memungkinkan angin masuk, sehingga mengurangi pengap dalam tubuh.
  3. Kenali bahan jaket dan harganya sebelum membeli. Jika orang bilang harga tidak akan bohong, maka hal itu bisa benar, bisa tidak. Selama kita dapat mengenali produk yang akan dibeli sesuai dengan yang kita butuhkan, maka kita tidak akan menyesal mengeluarkan uang dari kantong. Tapi kalau tidak, kita hanya akan mendapat penyesalan. Oleh karena itu pastikan mengetahui dulu kebutuhan jaket. Lalu, carilah referensi sebanyak mungkin tentang jaket yang memiliki fitur sesuai atau mendekati kebutuhan kita tersebut.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Ada banyak jaket yang memiliki fitur dan tingkat kenyamanan yang berbeda-beda, yang juga akan menentukan harganya. Sekarang, kita tinggal memposisikan diri sebagai konsumen yang pintar dalam memilih bahan jaket yang bagus dan paling sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi Jaket Terbaik Eiger

EIGER WISPY JACKET hadir untuk menjadi sahabat para pengendara motor di perkotaan dengan gaya hidup yang penuh petualangan. Jaket ini terbuat dari bahan polyester yang ringan, namun cukup awet. Jaket ini akan melindungi kita dari hembusan angin dan hujan ringan.

Dilengkapi dengan sistem ventilasinya yang berada di bagian ketiak, sehingga akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara. Di samping fungsi teknikalnya, jaket ini juga memiliki penutup kepala yang dapat dilepas-pasang menggunakan velcro di bagian belakang. 

Baca juga: Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Ada juga EIGER X-RAPIDITY JACKET, yaitu jaket bomber dayride yang dirancang dengan bahan polyester yang akan melindungi kita dari hembusan angin dan hujan ringan sementara. Menariknya lagi, jaket ini juga dilengkapi dengan fitur reflektif untuk keamanan pada saat berkendara di malam hari maupun di kondisi minim cahaya. Yuk, tentukan jaket terbaik pilihanmu dan perlengkapan riding lainnya sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments