HomeTips & TrickRidingKenapa Perlu Pakai Body Protector Saat Riding? Ini Bahayanya!

Kenapa Perlu Pakai Body Protector Saat Riding? Ini Bahayanya!

Kita mungkin sudah tahu, bahwa riding gear sangat diperlukan agar kita aman dan nyaman selama berkendara. Selain helm, penggunaan body protector juga merupakan keharusan. Apa sih fungsi dari body protector atau pelindung tubuh saat berkendara? Pelindung tubuh dirancang untuk menawarkan perlindungan ekstra kepada setiap pengendara jika jatuh, atau mengalami kecelakaan lainnya. Body protector berguna untuk melindungi perut dan organ internal, melindungi dada dan tulang rusuk, mencegah cedera jaringan lunak (termasuk memar,luka, lecet), dan mengurangi cedera. Ada banyak macam body protector yang bisa kita pilih, beberapa di antaranya adalah jaket dan pelindung dada.

Bahaya Tidak Pakai Body Protector saat Riding

body protector

Sebagai pengendara, kita perlu memakai jaket atau pelindung dada yang memang dibuat khusus untuk mengendarai motor. Suhu normal tubuh manusia adalah antara 35 hingga 36 derajat Celcius. Sedangkan udara di sekitar kita suhunya lebih rendah dari itu. Di Indonesia sendiri, suhu cuaca normal mencapai 26 hingga 28 derajat Celcius saat siang, dan 16 sampai 20 derajat Celcius saat malam atau pagi hari. Saat kita mengendarai motor, maka angin yang suhunya lebih rendah dari tubuh itu akan menerpa bagian dada. Dan, tubuh kita akan merespon secara otomatis kondisi ini. Respon yang diberikan tubuh adalah mengirimkan darah lebih banyak ke bagian dada.

Mengapa demikian? Saat suhu udara yang lebih rendah menerpa dada kita, maka secara otomatis suhu bagian dada juga akan menurun. Dan, untuk menaikkan atau menormalkan suhu di bagian dada, darah yang membawa energi dan panas dialirkan ke bagian tersebut. Terlihat bagus memang, tetapi jika terlalu banyak darah mengalir di bagian dada, maka kita bisa terkena Hipoperfusi, yaitu kondisi di mana organ tidak mendapatkan asupan energi dari darah, karena darah dialirkan untuk organ lain. Jika hal ini terjadi, maka organ yang kekurangan asupan energi itu akan mengalami malfungsi. Alhasil, kita harus bersiap menghadapi gangguan kesehatan yang cukup serius, yaitu kondisi seperti infeksi saluran pernafasan hingga paru-paru basah. Bahkan, hal lain yang tidak kalah menyeramkan adalah kanker.

Kita memang bisa juga beresiko terkena kanker karena tidak memakai body protector saat riding. Masalah ini dapat terjadi karena dada tidak terlindungi dari radikal bebas yang ada di udara. Dan, karena terpapar secara langsung dan intens saat riding, peluang terjadinya kanker juga dapat terjadi.

Pilih Body Protector yang Tepat!

Melihat banyaknya bahaya yang dapat kita dapat dari masalah yang terlihat sepele ini, maka sudah seharusnya kita selalu memakai body protector berupa pelindung dada saat riding. Pilihlah pelindung dada yang berfungsi sebagai isolator panas dan dapat menutup dada kita dengan rapat. Fungsi isolator panas tersebut akan dapat mempertahankan suhu dada dan melindungi dari radikal bebas jika tertutup rapat.

Tips Memilih Jaket sebagai Body Protector saat Riding

Pilihan jaket untuk riding sudah bermacam-macam jenisnya sekarang. Selain memiliki tampilan yang semakin modis, jaket untuk riding juga sudah banyak yang dilengkapi dengan pelindung. Jaket berpelindung yang ada di pasaran sekarang juga bukan hanya untuk riding atau touring saja. Tapi, mulai banyak juga yang desainnya casual atau nyaman dipakai untuk harian. Namun, untuk memilih jaket berpelindung juga tidak bisa asal. Sebab, dikhawatirkan justru pelindungnya malah tidak dapat bekerja secara maksimal saat digunakan.

Lantas, bagaimana tips memilih jaket sebagai body protector saat riding yang tepat? Sebaiknya kita memilih jaket berpelindung yang pas di bagian pelindungnya, bukan hanya pas di badan. Pastikan di bagian pelindungnya jangan sampai longgar. Jika pelindungnya pas tetapi di bagian perut kekecilan, mau tidak mau badan yang harus menyesuaikan. Jaket yang dilengkapi pelindung, gunanya adalah untuk proteksi diri saat terjatuh. Itu artinya, jika kita memakai jaket berpelindung, tapi posisi pelindungnya tidak pas, maka akan percuma. 

Baca juga: Naik Motor Saat Musim Hujan, Lakukan 5 Tips Ini!

Daftar Perlengkapan Tambahan untuk Safety Riding

body protector

Selain body protector yang berguna untuk melindungi tubuh saat riding, kita juga perlu menggunakan beberapa perlengkapan berikut ini:

  1. Celana panjang. Penggunaan celana panjang sangat dianjurkan yang terbuat dari bahan yang tebal, seperti jeans, soft canvas, kulit Gore-lex, dan cordura. Tiga bahan yang disebutkan terakhir memiliki daya tahan gesekan yang cukup baik. Hanya saja kekurangannya, tidak terlalu nyaman digunakan pada saat matahari sedang terik. Maka untuk menyiasati hal ini, biasanya dipasanglah lapisan dari bahan katun di sisi dalam, agar dapat menyerap keringat dengan baik. Untuk celana touring buatan pabrik, biasanya juga sudah dilengkapi dengan beberapa pelindung tubuh, antara lain di daerah belakang untuk melindungi tulang ekor, pinggul samping, lutut dan tulang kering.
  2. Sepatu. Pilihan sepatu yang cocok untuk riding tidak hanya nyaman dipakai, tapi yang paling penting adalah lunaknya bagian sendi engkel bagian depan. Sebaiknya menggunakan sepatu yang sudah memenuhi standar ISO. Hal ini dimaksudkan pada saat kita melakukan panic break, kaki kita akan langsung menyalurkan tenaga ke tuas rem secara baik dan tidak tertahan di sepatu yang keras.
  3. Sarung tangan. Selain sebagai pelindung tangan dan jari pada saat udara dingin dan hujan, sarung tangan juga berfungsi sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan. Disadari ataupun tidak, biasanya pada saat terjadi kecelakaan, telapak tanganlah yang akan menyentuh aspal dan menahan tubuh kita pertama kali.
  4. Knee protector (pelindung lutut), dan elbow protector (pelindung lengan/siku).

Pakai Pelindung Tambahan!

Sebagai tambahan, kita juga bisa memakai pelindung hidung saat riding. Dalam memilih jenis pelindung hidung, sebaiknya hindari yang terbuat dari bahan fiberglass karena sesuai dengan sifatnya bahwa fiberglass akan patah dengan ujung yang biasanya tajam dan kaku (seperti kaca), patahan ini akan bisa menyebabkan cedera tambahan pada pemakainya. Jadi, lebih baik pilihlah pelindung hidung yang terbuat dari bahan serat karbon atau Kevlar.

Baca juga: Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Yuk, dapatkan perlengkapan riding terbaik dan berkualitas dari Eiger. Ada banyak pilihan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan isi dompet, lho! Jangan lewatkan promo menariknya, cek website Eiger Adventure Store sekarang juga.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments